Manfaat Bawang Putih Lanang Tak Cuma Ampuh untuk Pria

Manfaat Bawang Putih
Bawang Putih. Foto: Net/Ist

Kebanyakan kita umumnya mengetahui manfaat bawang putih untuk kesehatan. Namun banyak diantara kita yang tidak mengetahui keutamaan dari perbedaan antara jenis bawang yang jamak dan tunggal.

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang selalu dibutuhkan saat membuat masakan di rumah. Namun untuk memasak, jenis yang umum digunakan adalah jenis bawang putih jamak.

Umbi beraroma tajam ini diketahui kaya dengan kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Bahkan dibandingkan jenis bumbu dapur lainnya, bawang putih merupakan yang paling berkhasiat.

Dalam 100 gram bawang putih terkandung nutrisi seperti protein (6,39), karbohidrat (33,06), lemak (0,5), serat (2,1), gula (1,00), selenium (14, 2 mg), sodium 17 mg (1%), dan mangan (1,672 mg).

Juga ada kalsium 181 mg (18%), seng 1,16 mg (12%), kalium 401 mg (9%), fosfor 153 mg (22%), magnesium 25 mg (7%), dan zat besi1,7 mg (14 %).

Ada thiamnine (vit B1)0,2 mg (15%), riboflavin (vit B2) 0,11 mg (7%), niacin (vit B3)0,7 mg (5%), asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%), dan vitamin B6.

Juga terdapat folat (vit B9)3 mg (1%), vitamin C sebesar 31,2 mg (52%) dan beta-karoten5 mg.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengambil manfaat bawang putih ini. Baik dengan dimakan langsung dalam keadaan mentah, sebagai bumbu dalam masakan, ataupun dengan dioles atau diambil sarinya.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Ada banyak sekali khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Kandungan enzim allicin dalam umbi ini ternyata ampuh dalam mengatasi dan mengobati beragam jenis penyakit dan gangguan kulit serta perawatan kecantikan.

Khasiat bawang putih untuk wanita juga besar. Seperti untuk meningkatkan kesuburan dan kadar estrogen wanita, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan stamina ibu hamil, dan mencegah kelainan kromosom bayi yang dilahirkan.

Manfaat bawang putih untuk pria juga tak sedikit. Diantaranya untuk melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual sehingga meningkatkan vitalitas pria, mengatur hormon reproduksi pria, serta mencegah kerusakan sperma.

Manfaat Bawang Putih Tunggal atau Lanang

Dibandingkan jenis yang jamak, bawang putih tunggal juga tak kalah besar khasiatnya. Bahkan tak sedikit ahli pengobatan tradisional yang mengandalkan jenis tunggal ini untuk mengatasi dan mengobati beragam jenis penyakit.

Bawang putih tunggal ini populer dengan sebutan bawang putih lanang. Orang Barat menyebutnya dengan istilah solo garlic atau single clover garlic.

Keutamaan bawang putih tunggal juga tak kalah besar dibandingkan yang jenis jamak. Baik untuk orang lanang (pria) maupun wanita.

Berikut ini beragam manfaat bawang putih tunggalatau lanang yang sebaiknya anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan alliinase dan alliin dalam bawang putih tunggal sangat baik untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Konsumsi bawang ini juga dapat menangkal penyakit yang disebabkan oleh virus.

Menangkal Masuk Angin dan Batuk

Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi secara teratur bawang putih tunggal ternyata mampu menekan risiko terkena masuk angin dan batuk hingga 50 persen.

Untuk mencegah masuk angin dan mengatasi batuk haluskan saja dua siung bawang putih lanang lalu seduh dengan air hangat dan minum. Efeknya bahkan bisa segera dirasakan.

Mengatasi Sakit Influenza dan Asma

Aroma bawang putih yang sangat menyengat ternyata juga berkhasiat dalam menstimulasi membran mokus. Aroma ini berguna untuk membuat pernapasan penderita influenza menjadi lega.

Manfaat bawang putih tunggaljuga mampu meredakan sakit asma. Rebus saja segenggam bawang putih dengan cuka dan gula lalu minum airnya satu sendok setiap pagi maka asma akan mereda.

Menurunkan Kolesterol Darah

Buat anda yang ingin menurunkan kolesterol, konsumsi saja 3 hingga 4 siung bawang tunggal mentah. Lebih baik makan ini saat perut dalam keadaan  kosong atau sebelum makan.

Hasil penelitian menemukan khasiat bawang putih tunggal dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darahhingga 20 mg/dl. Bawang ini juga mampu menurunkan kadar trigliserida.

Baca Juga: Manfaat Bawang Hitam: Bisa Cegah Kegemukan

Selain itu, manfaat bawang putih tunggal lainnya antara untuk mencegah kanker, mengatasi diabetes, dan menyembuhkan wasir atau ambeien. (R8/HR-Online)