Manfaat Berkumur Air Garam Buat Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Berkumur Air Garam
Manfaat luar biasa berkumur air garam untuk kesehatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah setiap hari. Photo : Net/Ist.

Manfaat luar biasa berkumur air garam untuk kesehatan yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah setiap hari. Karena selain fungsi utamanya sebagai penyedap masakan, ternyata garam juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Rabu (18/09/2019), berkumur air garam merupakan salah satu cara umum untuk mendapatkan manfaat garam, terutama yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.

Berkumur Air Garam Sudah Tradisi Lama

Sudah sejak ribuan tahun silam, berkumur air hangat dicampur dengan garam dapur dipercaya dan dipraktekkan oleh bangsa Romawi dan Yunani Kuno sebagai cara ampuh mengatasi sejumlah masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan gigi dan mulut.

Beberapa abad kemudian, dokumentasi dari buku The Way of Ayurvedic Herbs mencatat larutan air garam juga digunakan oleh bangsa India Kuno dan Tiongkok untuk membersihkan gigi dan mulut.

Manfaat Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Hal ini tak lepas dari zat yang terkandung di dalam garam berupa natrium klorida. Saat kita berkumur dengan air garam, natrium klorida akan menyerap kelebihan cairan dalam mulut yang membuatnya kering.

Sekalipun gigi dan mulut Anda belum mengalami masalah, tidak ada tak ada salahnya untuk rutin berkumur air garam guna mencegah gigi dan mulut dari gangguan kesehatan.

Area dalam mulut yang kering jadi tak lagi ideal untuk bakteri bertahan hidup. Bakteri akan berhenti berkembang biak yang pada akhirnya mati. Berikut ini adalah sejumlah manfaat luar biasa berkumur air garam yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya setiap hari.

Meredakan Sakit Gigi

Berkumur dengan air asin bisa dijadikan cara cepat untuk mengobati sakit gigi. Karena, dokter baru bisa mengobatinya ketika gigi tak lagi terasa sakit. Jadi, berkumurlah dengan air garam secara teratur guna mengatasi sakit gigi secara cepat.

Meski begitu, tetap harus periksakan ke dokter gigi guna mendapat penanganan medis lebih lanjut, sehingga sakit gigi bisa cepat terobati.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Berkumur air garam juga dapat melegakan hidung yang tersumbat akibat flu. Selain mematikan bakteri penyebab infeksi, larutan air asin ini bisa mencairkan lendir yang menumpuk di dalam hidung.

Kondisi tersebut jika dibiarkan tentu saja akan membuat aktivitas bernapas sedikit terganggu, sehingga Anda pun merasa tak nyaman. Dengan berkumur air garam, masalah hidung tersumbat yang diakibatkan oleh infeksi sinus, gejala bronkitis, serta reaksi alergi juga akan berkurang.

Mengatasi Masalah Lidah

Jika kita tidak rajin membersihkan, terkadang lidah pun bisa dilapisi plak putih. Tapi jangan khawatir, lapisan putih yang ada pada permukaan lidah dapat dihilangkan dengan cara berkumur air garam.

Selain itu, berkumur dengan air asin juga dapat menyembuhkan luka bakar di lidah. Hal ini dikarenakan senyawa natrium klorida bisa membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Manfaat berkumur air garam ini juga dihasilkan oleh natrium klorida yang terkandung di dalamnya.

Meski begitu, takaran garam yang digunakan untuk mengatasi masalah luka bakar di lidah, tentunya harus lebih sedikit dibanding dengan normalnya.

Berkumur air asin dapat menetralkan bakteri, dan penyebab bau mulut itu akibat makanan. Garam juga bisa mengubah pH mulut sehingga menghambat produksi mikroorgansime bakteri yang bikin napas bau.

Namun, bau mulut yang jadi komplikasi penyakit tidak serta-merta dapat hilang seketika hanya dengan berkumur. Penyakit yang mendasarinya harus lebih dulu ditangani dokter sampai selesai.

Mengobati Radang Tenggorokan

Berkumur dengan air asin yang hangat bisa meredakan sakit serta gatal akibat radang tenggorokan. Cara kerjanya sama halnya seperti saat mengobati sakit gigi.

Seperti dijelaskan di atas, garam menyerap air yang terkandung dalam selaput mukosa. Pasalnya, tenggorokan kita juga dilapisi oleh selaput tersebut. Selaput yang mengering menjadi tidak lagi ideal untuk bakteri mampu bertahan hidup, sehingga akhirnya mati.

Penyerapan air juga bisa membantu meredakan efek peradangannya, sehingga tenggorokan jadi terasa lebih lega. Selain radang tenggorokan, beberapa masalah tenggorokan lainnya yang bisa diobati dengan berkumur air garam antara lain tonsillitis dan laringitis.

Membersihkan Hidung

Air garam juga bisa digunakan untuk kebutuhan di luar mulut dan gigi, salah satunya untuk membersihkan hidung, jika Anda tidak memiliki cairan saline yang dapat digunakan untuk membersihkan hidung.

Caranya, campurkan 1 sendok teh garam dapur dengan satu sendok teh baking soda. Kemudian, larutkan ke dalam satu gelas air bersih, lalu cuci hidung menggunakan larutan tersebut minimal satu hari sekali. (Eva/R3/HR-Online)