Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Mencegah Anemia Hingga Kanker

manfaat buah jambu monyet
Buah jambu monyet. Foto: Istimewa

Manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Buah jambu monyet memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Malah lebih besar kandungannya dibanding dengan jeruk maupun apel.

Hanya saja, keberadaan jambu monyet semakin sulit dicari. Padahal banyak manfaat buah jambu monyet untuk mencegah berbagai penyakit.

Sebagian besar jambu monyet atau apple cashew dijumpai dalam warna merah. Tetapi ada juga yang kuning hingga jingga. Bijinya yang dikenal sebagai kacang mete lebih populer dikenal masyarakat dan diolah menjadi macam-macam makanan.

Manfaat Buah Jambu Monyet yang Mengandung Vitamin C Tertinggi

Manfaat buah jambu monyet matang tak terlepas dari kandungan gizi dan nutrisinya yang melimpah. Seperti yang sudah diulas di atas, jambu monyet dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C tertinggi dibandingkan jeruk atau apel.

Beberapa kandungan menyehatkan dalam jambu monyet mencakup vitamin A, vitamin B1, karbohidrat, protein, lemak fosfor hingga zat besi.

Lantas, apa saja manfaat buah jambu monyet saat dikonsumsi secara berkala?

Melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu pemicu berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker. Syukurnya, ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari ancaman tersebut.

Ternyata, salah satu manfaat sehat jambu monyet adalah mencegah radikal bebas. Hal ini disebabkan kandungan antioksi dan yang bakal menahan serangan berbahaya dari dalam tubuh.

Oleh karena itu konsumsi jambu monyet direkomendasikan bagi orang-orang yang rentan terpapar radikal bebas.

Mengatasi kekurangan darah

Manfaat buah jambu monyet selanjutnya adalah mengatasi anemia. Kekurangan darah berbahaya bila tidak segera ditangani. Karena darah punya banyak peran penting, termasuk distribusi oksigen.

Jambu monyet mengandung mineral dan zat besi yang cukup banyak untuk mendorong produksi sel darah merah. Orang-orang dengan anemia disarankan untuk mengonsumsi 100 gram jambu monyet per hari untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat buah jambu monyet berkualitas berkaitan juga dengan kolesterol. Seperti yang kita ketahui, tingginya kolesterol jahat atau LDL berpotensi memicu berbagai gangguan kesehatan seperti strok dan hipertensi.

Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat berlebih, seseorang biasanya diminta makan buah sehat. Dalam hal ini, jambu monyet masuk ke dalam daftar buah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh.

Dalam manfaat buah jambu monyet, asam lemak tak jenuh mampu menurunkan kolesterol jahat secara signifikan. Selain itu, buah ini juga bersahabat untuk orang-orang yang menjalankan diet.

Mencegah risiko diabetes

Diabetes adalah salah satu pemicu kematian terbesar di dunia. Salah satu penyebabnya adalah asupan makan yang kurang dijaga atau tak menyehatkan.

Syukurnya, kelebihan dan manfaat buah jambu monyet bisa mengatasi hal tersebut. Pasalnya, buah ini minim kandungan gula, tetapi kaya akan air, sehingga membuatnya aman dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, minimnya gula dalam jambu monyet dinilai dapat menghindari kerusakan insulin. Dengan begitu, gula darah atau glukosa bisa diproses secara maksimal.

Menekan Perkembangan Kanker

Manfaat buah jambu monyet tak terlepas dari kemampuannya dalam menekan perkembangan kanker. Seperti yang telah disinggung, buah satu ini kaya akan kandungan antioksidan.

Tak hanya antioksidan, jambu monyet mempunyai kandungan asam anakardat dan cardanol yang dinilai ampuh mematikan sel-sel kanker secara perlahan.

Faktor ini pula yang membuat jambu monyet kerap dikonsumsi pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah satu dari sekian manfaat mengonsumsi jambu monyet. Betapa tidak? Kadar vitamin C di dalamnya bisa memenuhi kebutuhan asupan harian tubuh atau malah lebih.

Kemudian, seng pada jambu monyet membantu proses sintesis protein hingga penyembuhan luka. Jadi, luka akan cepat mengering. Seng dalam manfaat buah jambu monyet juga berpengaruh pada pertumbuhan anak.

Memberi Proteksi Pada Mata

Bosan atau kurang suka makan wortel? Maka manfaat buah jambu monyet dapat diandalkan untuk memberi proteksi terhadap mata.

Hal ini disebabkan vitamin A yang bisa menyalurkan manfaat vitamin jambu monyet. Bahkan vitamin A dalam asupan yang memadai bisa menyembuhkan katarak.

Konsumsi jambu monyet secara rutin pun dapat meningkatkan degenerasi terhadap makula. Demikian berbagai manfaat buah jambu monyet terhadap kesehatan Anda. Semoga informasi ini akan menambah wawasan seputar jambu monyet beserta efeknya terhadap kondisi tubuh. (R10/HR-Online)