Fakta Menarik Dibalik Manfaat Buah Plum Untuk Diet

manfaat buah plum
Ilustrasi buah plum. Foto: Istimewa

Manfaat buah plum untuk diet ternyata cukup ampuh. Manfaat dari buah ini sebenarnya tidak hanya untuk diet, tetapi juga bagus untuk mengatasi masalah tulang, menangkal penyakit jantung dan membantu menyembuhkan penyakit lainnya.

Buah plum memang bukan buah asli Indonesia. Karena itu buah ini kurang populer di masyarakat Indonesia. Selain itu buah inipun harus impor sehingga harganya terbilang tidak murah.

Buah plum juga populer dengan sebutan prem. Istilah plum sendiri berasal dari kata plume dalam Bahasa Inggris. Buah ini termasuk dari genus prunus dan berkerabat dengan buah persik dan ceri.

Sebelum membahas manfaat buah plum untuk diet, baiknya kita cari tahu dulu buah ini berasal dari mana? Menurut Wikipedia, ada banyak jenis buah plum. Bahkan jumlahnya mencapai lebih dari 200 jenis. Meski begitu yang paling populer dan banyak dimanfaatkan adalah jenis plum dari Eropa dan plum China.

Buah plum yang berasal dari Eropa umumnya memiliki warna campuran merah dan ungu. Sedangkan buah plum dari Cina kebanyakan berwarna hitam. 

Fakta Tentang Buah Plum yang Wajib Anda Tahu

Dibalik bentuknya yang memang mirip buah ceri, buah plum ternyata menyimpan banyak fakta yang sangat menarik. Selain manfaat buah plum untuk diet, buah ini juga ampuh untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Plum

Buah plum diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga rendah kalori, namun kaya serat makanan dan tidak mengandung lemak jahat.

Ada 15 jenis vitamin dalam buah ini. Dari vitamin A , C (asam askorbat) , B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) , B6,E (alfa-tokoferol), folat dan vitamin K (phylloquinone).

Buah ini juga kaya mineral yang penting untuk tubuh, seperti kalsium, kalium , fluor, magnesium, fosfor, zat besi, dan seng. Selain manfaat buah plum untuk diet, juga ampuh melindungi tubuh dari radikal bebas. Karena buah ini bersifat antioksidan.

Merupakan Buah Keabadian

Seperti halnya buah apel, plum juga muncul dalam sejumlah mitos. Di Cina, plum menjadi bagian dari mitologi yang melambangkan keabadian dan kearifan. Karena itu buah ini juga dianggap sebagai buah dewa.

Bahan Minuman Beralkohol

Seperti buah anggur, buah plum juga dimanfaatkan sebagai bahan untk pembuatan minuman beralkohol. Masyarakat di Serbia, Inggris, dan Tiongkok mengolah buah plum untuk dijadikan brendi untuk menghangatkan badan.

Manfaat Buah Plum Untuk Diet

Keistimewaan buah ini karena manfaat buah plum untuk diet. Hal ini karena buah ini yang kaya serat namun rendah kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Apalagi dengan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Bahkan kandungan ini juga efektif untuk mengecilkan perut buncit.

Untuk Mengatasi Masalah Tulang

Kandungan antioksidan polifenol dalam plum dua kali lipat ketimbang buah persik. Antioksidan polifenol efektif untuk kesehatan tulang, mencegah kerusakan sel, mengatasi inflamasi, dan menekan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Menangkal Penyakit Jantung dan Kanker

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah ini juga ampuh dalam meredakan tekanan darah tinggi. Antosianin yang membuat buah ini berwarna merah juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Buah ini juga efektif untuk melancarkan peredaran darah, serta berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Meningkatkan Kesehatan Janin

Jenis buah plum hitam juga diketahui kaya dengan kalsium dan asam folat yang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan janin. Karena itu ibu hamil disarankan memasukkan buah ini dalam menu makanannya.

Mengatasi Sembelit

Jenis serat tidak larut dalam buah ini juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah BAB dan sembelit. Bahkan dalam buah plum yang dikeringkan terkandung sorbitol.

Itulah berbagai fakta menarik tentang beragam manfaat buah plum untuk diet maupun kesehatan yang sebaiknya anda tahu. Untuk mengkonsumsinya anda bisa memakan langsung buah ini atau dijadikan minuman jus. (R8/HR-Online)