Manfaat Cuka Apel dan Efek Sampingnya yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Cuka Apel
Cuka Apel. Foto: Net/Ist

Manfaat cuka apel telah dikenal sejak zaman Yunani kuno sebagai salah satu herbal yang berkhasiat. Cuka yang dibuat dari buah apel ini termasuk banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Dalam pembuatannya, buah apel dihancurkan dan diperas cairannya. Kemudian ditambahkan bakteri, gula, dan ragi agar terjadi proses fermentasi alkohol.

Setelah itu dimasukkan juga bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter) yang akan mengubah alkohol menjadi cuka. Karena itulah untuk mendapatkan cuka apel dilakukan melalui dua kali proses fermentasi.

Selain nutrisi dari buah apelnya, proses fermentasi ini juga menghasilkan kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti asam gallic, asam asetat, katekin, dan lainnya yang berguna sebagai antibakteri dan antioksidan.

Selain itu sari cuka dari buah apel ini juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti A, B1, B2, B6, C, dan E. Cuka ini juga kaya kalsium, potasium, dan magnesium.

Cara Minum Cuka Apel Yang Benar

Mengingat kadar asamnya yang tinggi, cuka apel sangat disarankan untuk tidak diminum secara langsung. Minum cuka buah ini secara langsung justru akan merusak tenggorokan.

Sifat asam pada cuka ini juga berbahaya untuk gigi karena bisa mengikis lapisan enamel gigi dan membuat gigi keropos.

Karena itu cara minum cuka apel yang benar adalah dengan melarutkannya dalam air putih. Lantas berapa perbandingan idealnya.

Idealnya, perbandingan antara cuka apel dan air minum minimalnya adalah 1 : 10. Contohnya, 1 sendok makan cuka ini setidaknya dicampurkan dengan 10 sendok makan air putih.

Sedangkan untuk jumlah volumenya, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi minuman herbal ini melebihi 2 sendok makan perhari. Jumlah ini bisa dibagi antara pagi, siang atau malam.

Anda juga perlu mengukur kekuatan tubuh terhadap asupan ini. Sebaiknya dalam mengkonsumsi lakukan dari dosis kecil yang bisa dinaikkan secara bertahap. Namun maksimal 2 sendok makan (30ml) perhari.

Karena gigi sangat sensitif terhadap asam akan lebih baik anda menggunakan sedotan saat minum campuran cuka ini. Setelah minum bilas juga mulut dengan berkumur atau menggosok gigi agar bebas asam.

Namun untuk memastikan tidak ada efek samping cuka apelterhadap tubuh sebaiknya konsultasikan terlebh dahulu dengan dokter. Apalagi jika anda memiliki gastroparesis atau penyakit lain.

Beragam Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Cuka apel diektahui kaya dengan bahan aktif yang berkhasiat untuk mengobati penyakit maupun menjaga kesehatan. Berikut ini beragam manfaat cuka apel untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat cuka apel yang paling populer adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Ini banyak dimanfaatkan penderita diabetes.

Penelitian dimuat  jurnal Diabetes Care menemukan khasiat cuka apel dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berguna saat penderita diabetes mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

Penelitian lain juga menemukan bahwa minum dua sendok makan cuka apel sebelum tidur mampu menurunkan kadar gula hingga 6 persen pada penderita diabetes tipe 2.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat cuka apel juga mampu menurunkan kadar lemak dalam darah yang berguna dalam mencegah penyakit jantung. Cuka ini juga mampu mencegah obesitas dan melancarkan pembuluh darah.

Mengatasi Psoriasis

Sifat antiseptik pada sari cuka buah apel ini juga berkhasiat dalam mengatasi iritasi dan gatal karena psoriasis. Bahkan cuka buah apel telah dijadikan obat psoriasis alami yang makin banyak digunakan.

Membantu Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Khasiat cuka apel lainnya adalah kemampuannya dalam membantu program diet menurunkan berat badan. Namun efektivitas ini harus dibarengi dengan olahraga dan pengaturan menu makan yang sehat.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Selain khasiatnya untuk kesehatan, manfaat cuka apel untuk wajah juga cukup banyak. Cuka alami ini juga baik dalam penyerapan minyak berlebih penyebab jerawat dan membersihkan wajah dari bekas make up.

Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) alami dalam cuka ini berguna untuk pembentukan sel kulit baru, mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadi halus dan cerah, mencegah kerutan wajah, maupun mengurangi tanda penuaan dini.

Selain itu cuka buah apel ini juga efektif untuk menyeimbangkan pH kulit wajah, menghilangkan racun dari kulit wajah, dan mengatasi jerawat maupun kulit yang terbakar matahari.

Itulah berbagai manfaat cuka apel maupun efek sampingnya yang sebaiknya anda tahu agar khasiatnya lebih optimal. (R8/HR-Online)