Mana Lebih Baik, Manfaat Daun Pepaya atau Daun Singkong?

Manfaat daun pepaya
Daun pepaya. Foto: Net/Ist

Manfaat daun pepaya maupun daun singkong untuk kesehatan sudah banyak diketahui. Apalagi sebagai lalapan, kedua jenis daun ini sama-sama enaknya. Apalagi dengan colekan sambal terasi.

Kedua jenis daun lalapan ini berasal dari tanaman yang besar manfaatnya. Umbi singkong dikenal sebagai bahan pangan pokok. Begitu juga buah pepaya yang manis dan kaya nutrisi dan vitamin.

Perbedaan Nutrisi Daun Pepaya dan Daun Singkong

Ada perbedaan kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun pepaya maupun daun singkong. Berikut ini perbedaan nutrisi kedua janis daun ini.

Kandungan kalori pada daun pepaya ternyata lebih tinggi dibandingkan daun singkong. Dalam 100 gram daun pepaya terdapat 87 kkal sedangkan daun singkong kandungan kalorinya hanya 50 kkal.

Untuk kandungan zat besi daun singkong lebih tinggi dibandingkan daun pepaya. Namun perbedaan ini tidak terlalu tinggi dimana nilai zat besi daun singkong 0,5 mg lebih banyak ketimbang daun pepaya.

Daun pepaya juga diketahui sangat kaya dengan kalsium. Dalam 100 gram daun ini terkandung 353 mg kalsium atau dua kali lebih banyak ketimbang kalsium pada daun singkong.

Daun singkong juga kaya dengan vitamin C. Dalam berat 100 gram daun singkong terdapat 50 mg vitamin C, sedangkan daun pepaya kurang dari 10 mg.

Untuk nutrisi lainnya, kedua tanaman ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun singkong diantaranya mengandung fitofarmaka dan tannin yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh maupun meredakan penyakit.

Sedangkan pada daun pepaya terkandung carposide yang berfungsi mengobati cacingan. Juga zat papain yang tinggi dalam daun ini membuat rasanya pahit karena bersifat stomakik yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Untuk manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga sangat banyak. Berikut ini yang sebaiknya anda tahu.

Salah satu khasiat daun pepaya adalah kemampuannya dalam merangsang dan meningkatkan nafsu makan. Perasan air daun pepaya yang pahit sering digunakan untuk mencekoki anak yang sulit makan.

Daun pepaya yang kaya nutrisi sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas dan melindungi tubuh terhadap serangan kuman, infeksi, dan beragam penyakit.

Kandungan mineral alami dalam daun pepaya juga bermanfaat memperkuat tulang dan gigi. Makan sayur atau lalapan daun pepaya sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi anda.

Getah putih  pada batang daun pepaya (white milky latex) merupakan liquid yang bersifat antikanker. Saat mengolah daun ini sebagai masakan getah ini biasanya juga akan ikut termakan.

Manfaat daun pepaya yang tak kalah penting adalah untuk mengurangi kadar gula dalam darah, meningkatkan sensitivitas glukosa, maupun mengurangi biomarker yang berguna untuk penderita diabetes tipe II.

Manfaat daun pepaya lainnya adalah untuk meredakan tekanan darah tinggi, melancarkan produksi ASI, meredakan nyeri haid, menghilangkan jerawat, dan membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Sedangkan manfaat daun singkong untuk kesehatan juga tak kalah besarnya. Yuk simak saja di bawah ini.

Sama seperti daun pepaya, daun singkong juga mampu meningkatkan nafsu makan. Karena untuk mencekoki anak yang sulit makan, gunakan saja daun singkong ketimbang daun pepaya yang pahit.

Kandungan vitamin C dan asam folat dalam daun singkong berguna pula untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Asam amino dalam daun singkong berguna untuk proses regenerasi sel tubuh yang rusak sekaligus meningkatkan fungsi organ tubuh. Ini sangat baik untuk perawatan kecantikan kulit dan kesehatan.

Dengan proses regenerasi sel yang baik, maka kulit dan tubuh akan terlihat sehat, lebih cerah, lebih kencang, dan terlihat awet muda. Apalagi dengan banyaknya antioksidan dalam daun ini.

Orang tua yang berisiko stroke juga snagat disarankan mengkonsumsi daun singkong karena manfaatnya yang tinggi. Kandungan isoflavon dalam daun ini berguna menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga bisa menangkal stroke.

Selain itu daun singkong juga berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh, mengobati demam, mengobati diare, mengobati cacingan, mengobati masalah rematik, mengatasi penglihatan kabur, serta menjaga kehamilan.

Dengan mengetahui beragam manfaat daun pepaya maupun manfaat daun singkong untuk kesehatan akan lebih baik jika keduanya divariasi dalam menu makan agar lebih berklhasiat. (R8/HR-Online)

Loading...