Manfaat Diet Keto, Program Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

manfaat diet keto
Ilustrasi makanan pendukung diet keto. Foto: Istimewa

Manfaat diet keto belakangan menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Diet keto ini merupakan pola makan yang memang berbeda dengan diet lainnya. Pasalnya, Anda akan diminta untuk meningkatkan makanan tinggi lemak dengan tetap menghindari karbohidrat.

Sejumlah studi menyebutkan bahwa diet keto bersahabat untuk pasien kanker hingga Alzheimer. Sementara manfaat dari program diet ini diantaranya bisa menekan risiko epilepsi, obesitas (kelebihan berat badan), hingga diabetes.

Diet keto sekilas tampak sukar dilakukan, apalagi konsumsi masyarakat Indonesia terhadap sumber karbohidrat seperti nasi dan roti cukup tinggi. Di sisi lain, jenis makanan dalam program ini mudah ditemukan. Dari sisi manfaat diet inipun sudah banyak orang yang berhasil dalam menurunkan berat badannya.

Manfaat Diet Keto dan Jenis Makanannya

Seafood

Manfaat diet keto paling banyak didapatkan dari seafood, khususnya ikan dan kerang. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan vitamin B, selenium, potasium, dan rendah karbohidrat. Selain itu, jenis ikan kaya asam omega-3 seperti salmon dan makarel sangat dianjurkan.

Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar insulin sekaligus meningkatkan sensitivitas hormon tersebut pada tubuh pasien obesitas dan diabetes. Rajin makan ikan juga berpotensi mengurangi risiko gangguan mental.

Sementara jenis kerang-kerangan yang dapat memberi manfaat pada program diet ini adalah kepiting, remis, hingga tiram.

Sayur Rendah Karbohidrat

Sayur memang punya khasiat untuk kesehatan tubuh. Namun untuk menjalani diet keto, sayur yang boleh disantap tak boleh mengandung zat tepung seperti kentang dan ubi.

Dalam hal ini, brokoli dan kembang kol dinilai sanggup menyuplai manfaat diet keto. Keduanya sama-sama dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga kanker.

Seseorang yang memilih diet keto sebaiknya mengonsumsi sayuran tinggi vitamin C, mineral, serta serat. Jenis sayuran seperti ini biasanya mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel.

Keju

Jenis makanan selanjutnya yang mengandung manfaat sehat diet keto adalah keju. Salah satu produk olahan susu ini tinggi akan lemak dan nutrisi, tetapi minim karbohidrat.

Di samping itu, keju memiliki asam linoleat konjugasi atau CLA yang dapat menambah massa otot sekaligus menekan kadar lemak. Fakta itu diperoleh dari penelitian terhadap lansia selama 12 minggu dengan konsumsi 210 gram keju ricotta per hari.

Alpukat

Alpukat sering kali dimusuhi orang-orang yang tengah menjalankan program penurunan berat badan. Padahal, buah ini mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh.

Apa manfaat alpukat untuk program diet keto? Berat badan yang lebih terkendali, sebab setengah buah alpukat 100 gram hanya mengandung 9 gram karbohidrat yang kebanyakan merupakan serat.

Bukan hanya itu, seseorang yang rutin mengonsumsi alpukat secara tak langsung akan memperbaiki kadar kolesterol maupun trigliserida tubuh. Studi menyebutkan alpukat dapat mengurangi kadar LDL dan trigliserida hingga 22% dan meningkatkan HDL sampai 11%.

Daging dan Unggas

Sebagai makanan utama, daging dan unggas menyumbang manfaat diet keto terbanyak. Pasalnya, jenis makanan ini termasuk sumber vitamin B hingga mineral seperti selenium, zinc, serta potesium yang diperlukan dalam diet keto.

Sebuah riset mengungkap bahwa perempuan lansia yang mengkonsumsi daging tinggi lemak punya kadar HDL 8% lebih tinggi daripada partisipan yang memilih diet tinggi dengan karbohidrat dan rendah lemak.

Namun, manfaat menu diet keto dari daging dan unggas baru diperoleh dari hewan ternak yang diberi pakan rumput. Pasalnya, rumput memiliki kandungan CLA, antioksidan, dan asam omega-3 lebih tinggi ketimbang jenis pakan lain.

Telur

Terakhir, manfaat diet ini dapat diperoleh seseorang dari telur. Sebutir telur ukuran besar punya kandungan karbohidrat kurang dari 1 gram. Sementara kadar protein yang dimilikinya hanya 6 gram.

Uniknya, mengonsumsi telur dapat meningkatkan produksi leptin, hormon yang bisa memperpanjang rasa kenyang. Dengan begitu, tubuh akan memperoleh manfaat makanan diet keto berupa stabilitas kadar gula darah atau glukosa.

Dalam hal ini, seseorang harus mengonsumsi keseluruhan telur, termasuk kuning telurnya. Bagian ini justru yang mengandung nutrisi penting seperti antioksidan zeaxanthin dan lutein untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan mata.

Demikian sejumlah makanan yang akan memberi manfaat diet keto. Konsultasi dengan dokter dahulu untuk saran yang tepat. (R10/HR-Online)