Ampuh Juga Manfaat Ikan Teri untuk Cegah Karies Gigi

Foto manfaat ikan teri
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Manfaat ikan teri untuk mencegah karies gigi belum banyak diketahui orang. Siapa yang menduga jika ikan dengan bentuk yang mungil ini justru sangat kaya dengan kandungan zinc yang berperan dalam melindungi gigi.

Masyarakat kita mungkin sudah snagat mengenal ikan laut ini. Meskipun bentuknya kecil, ikan ini sangat disukai karena dagingnya yang enak. Apalagi jika dibuat ikan asin, makan pun bisa nambah.

Penyebab Kerusakan Gigi

Dalam menjaga kesehatan gigi umumnya kita disarankan untuk sering-sering menggosok gigi. Membersihkan gigi sehabis makan juga merupakan bagian penting yang mesti dilakukan agar sisa makanan tidak malah menyebabkan kerusakan gigi.

Jenis kerusakan gigi yang paling sering terjadi adalah karies gigi. Kerusakan gigi ini terjadi karena gigi menjadi berlubang. Kondisi ini disebabkan banyak faktor, termasuk karena bakteri.

Penyakit karies gigi bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak ataupun orang tua. Tidak terjaganya kebersihan gigi merupakan pemicu paling umum yang menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

Karies gigi yang tidak segera ditangani dapat menjalar pada terjadinya kerusakan jaringan pada permukaan gigi dan menjangkau ke bagian pulpa. Sakit gigi yang dirasakan bisa sangat berat.

Cara mengatasi karies gigi diantaranya dengan melakukan imunisasi pada gigi dengan memberikan obat maupun krim gigi. Dengan melapiskan krim pada gigi dan gusi akan menetralkan tingkat keasaman (PH) pada mulut.

Gigi akan gampang keropos dan berlubang jika PH di sekitar mulut terlalu asam. Dengan kondisi mulut yang terlalu asam juga akan mengundang bakteri bahkan merangsang perkembangan bakteri.

Sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan dibusukkan oleh bakteri. Kondisi inilah yang akan bisa merusak email gigi menjadi lunak dan gigi mengalami karier.

Sebaliknya, jika kondisi di dalam mulut cukup basa maka berguna untuk mencegah serangan bakteri. Karena itulah penting mencegah keasaman mulut dan meningkatkannya menjadi lebih basa.

Dengan mekanisme yang serupa inilah dilakukan pelapisan gigi dan gusi dengan menggunakan krim. Saat krim bekerja akan berlangsung proses lubrikasi dimana mulut akan sering membuang ludah.

Pada pengobatan dengan pemberian krim ini biasanya mulut tidak diperbolehkan untuk bekerja, khususnya memasukkan makanan ke dalam mulut.

Namun pengobatan dengan krim gigi ini lumayan mahal. Selain itu tidak semua orang yang mengalami karier gigi bisa diatasi dengan cara ini karena adanya sejumlah efek yang mungkin timbul.

Beragam Manfaat Ikan Teri

Ikan teri merupakan jenis ikan laut dengan bentuk yang kecil. Ikan ini biasanya hidup di atas perairan dangkal.

Selain kandungan nutrisi yang sangat tinggi, daging ikan ini juga cukup enak sehingga ikan ini termasuk jenis ikan konsumsi yang sangat disukai. Meski begitu tak sedikit yang menganggapnya sebagai makanan murah.

Padahal, manfaat ikan terisangat besar loh untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan inicukup tinggi. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencerdaskan otak.

Ikan teri juga terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Bahkan dalam 100 gram ikan teri terdapat 16 gram protein yang penting untuk membangun otot dan jaringan tubuh.

Selain itu ikan teri juga diketahui rendah merkuri, bahkan yang terendah dibandingkan ikan dan makanan seafood lainnya. Karena itulah teri termasuk jenis ikan laut yang aman dikonsumsi.

Ikan teri juga diketahui rendah kalori sehingga baik untuk menu diet menurunkan berat badan.

Manfaat ikan terilainnya adalah karena merupakan sumber kalsium tinggi yang sangat berguna untuk tulang dan gigi. Asal tahu saja, kandungan kalsium dalam ikan teri mencapai 500 sampai 972 mg.

Selain kalsium, teri juga banyak mengandung vitamin K, fosfor, dan magnesium juga penting untuk menguatkan tulang dan gigi. Makan teri saat menyusui kabarnya mampu mencegah wanita dari risiko osteoporosis dini.

Manfaat ikan teriyang juga penting karena merupakan sumber zinc yang penting dalam pembentukan sel tulang pada gigi. Mineral ini kabarnya juga ampuh untuk mencegah terjadinya lubang atau karies gigi.

Dengan makan ikan teri secara teratur berguna untuk mengatasi dan mencegah karies gigi yang lebih parah. Besarnya manfaat ikan terimemang tak sebanding dengan bentuk tubuhnya. (R8/HR-Online)