Manfaat Jus Bawang Putih Bagi Kesehatan, Hasilnya Ajaib!

Manfaat Jus Bawang Putih
Bawang putih yang memiliki nama latin Allium sativum. Foto: Muhafid/HR

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Jus bawang putih memang terdengar aneh dan jarang sekali dilakukan oleh sebagian orang, namun bagi mereka yang tahu akan manfaatnya, tentu saja bumbu dapur yang baunya menyengat ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Khusus untuk masakan, bawang putih tidak diragukan lagi, apalagi menjadi andalan agar masakan menjadi lebih gurih serta bisa menambah rasa asin sebagai pengganti bawang.

Dari berbagai sumber, zaman dahulu tanaman yang bernama latin Allium Sativum ini selain menjadi bumbu masakan, juga menjadi bahan untuk pengobatan secara tradisional, termasuk dengan cara menghancurkan atau jus bawang putih untuk diambil airnya.

Bawang putih bila digunakan obat tradisional memang dikenal cukup banyak manfaat, namun sayangnya bau yang menyengat ini membuat banyak orang tak menyukainya, apalagi membuat mulut menjadi bau bawang.

Kendati demikian, ada berbagai cara yang dilakukan agar bau bawang putih tidak begitu menyengat, baik dengan membuat jus bawang putih atau dengan memasaknya secara utuh dalam terlebih dahulu.

Adapun manfaat jus bawang putih sebagaimana dilansir dari Style Craze,  di antaranya memiliki beragam manfaat, baik yang dikonsumsi langsung maupun yang dioleskan.

Pertama, mengendalikan asma. Agar asma anda bisa lebih baik, Anda bisa menyiapkan beberapa siung bawang untuk diparut atau dijus untuk diambil airnya. Kemudian, campurkan 10 tetas jus ini ke dalam segelas air putih. Agar menambah rasa manis, campurkanlah madu seperlunya atau dua sendok makan.

Kedua, meredakan batuk. Khusus untuk meredakan batuh, teteskanlah sekitar 20 tetes air jus bawang putih ke dalam jus delima. Dengan cara ini, berbagai jenis batuk diyakini bisa menjadi lebih baik, bahkan bisa sembuh.

Ketiga, menghilangkan sakit tenggorokan. Ketika Anda merasa sakit, usahakan jangan terburu-buru membeli obat-obatan kimia. Sebab, bawang putih juga bisa menjadi alternatif pertama ketika Anda sakit, seperti halnya sakit tenggorokan. Caranya sangat mudah, campurkan saja jus bawang putih dengan air panas. Ketika sudah hangat, gunakan cairan tersebut untuk berkumur.

Keempat, payudara semakin kencang. Bagi wanita, mengkonsumsi jus ini akan berdampak baik bagi tubuh Anda. Upayakan konsumsi jus ini secara rutin tiap hari.

Kelima, solusi kebotakan. Bagi yang merasa tidak percaya diri karena mengalami kebotakan, menggunakan jus bawang bisa menjadi salah satu alternatifnya. Caranya mudah, cukup jus saja bawang putih secukupnya, lalu tempelkan pada bagian kepala hingga kering alami. Usahakan lakukan langkah ini 2 kali sehari.

Keenam, mengobati jerawat. Khusus penanganan bagian luar tubuh, bawang ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam merawat kecantikan, terutama menghilangkan jerawat. Caranya, oleskan jus bawang selama 5 menit pada bagian yang terkena jerawat. Lakukan secara rutin hingga benar-benar jerawatnya hilang.

Ketujuh, obat mandul atau infertilitas. Untuk membantu mengontrol infertilitas, khususnya bagi perempuan, usahakan mengkonsumsi secara rutin jus bawang ini yang dicampur dengan susu. Kemudian minumlah setiap pagi hari.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih yang Ditaruh di Bawah Bantal

Kedelapan, mengobati kutu rambut. Memiliki rambut yang ada kutunya tentu saja membuat risih. Agar aman dari kutu, maka Anda bisa memanfaatkan jus bawang putih ini untuk dicampurkan dengan lemon. Gunakan pada malam hari dengan pijatan lembut dan bilaslah pada pagi harinya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...