Manfaat Jus Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan, Khususnya untuk Anak-anak

Manfaat Jus Jambu Biji Merah
Ilustrasi jus jambu biji merah.Foto: Istimewa

Manfaat jus jambu biji merah ternyata tak bisa disepelekan begitu saja. Selain baik untuk menjaga kesehatan, jambu biji merah juga ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit yang sering menyerang anak-anak.

Buah jambu biji diketahui kaya dengan nutrisi dan vitamin yang sangat penting. Diantaranya buah ini mengandung kalori, karbohidrat, protein, magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, mangan, kalium, dan seng.

Buah ini juga kaya dengan vitamin A, C, E, K, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin B9. Jambu jenis ini banyak mengandung gula dan serat namun rendah lemak.

Yang menarik, vitamin C dalam buah berbentuk bulat dan banyak bijinya ini 30 kali lebih banyak dibandingkan buah pisang dan 6 kali lebih besar ketimbang buah jeruk.

Buah jambu biji yang bebas asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak namun tinggi serat membuatnya berkhasiat untuk menangkal beragam penyakit degeneratif yang berbahaya.

Manfaat Jus Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

Selain manfaat jus jambu biji merah berkhasiat untuk menjaga kesehatan anak, juga berguna untuk menjaga kesehatan orang dewasa. Kandungan vitamin E, K, B3, B6, B9, dan asam pantotenat mampu meningkatkan sel darah merah.

Sejumlah penelitian menemukan efek jambu biji dalam menangkal penyakit kanker prostat dan payudara. Kandungan Lycopene dalam jambu biji berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan serat tinggi, bebas asam lemak jenuh dan sodium, dan rendah lemak dan energy dalam buah ini juga berkhasiat dalam mencegah penyakit degeneratif.

Gangguan jantung, kanker, hipertensi, radang usus besar, maupun penyakit batu ginjal bisa diatasi dengan jus buah jambu biji. Bahkan buah ini juga ampuh menyembugkan infeksi dan menghentikan perdarahan.

Tingginya kadar serat dalam jambu biji berguna menekan kadar glukosa darah dalam tubuh. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya diabetes tipe-2.

Rasa sepat yang terdapat pada buah ini karena kandungan tanninnya. Ternyata ini berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan anti virus. 

Kandungan potasium yang tinggi dalam jambu biji juga berfungsi untuk menjaga kadar natrium dalam tubuh. Hal ini ternyata berkhasiat dalam mengendalikan dan mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Anak

Sedangkan manfaat jus jambu biji merah untuk anak juga tak kalah banyaknya. Berikut ini khasiat buah ini yang sebaiknya anda tahu.

Nutrisi dalam buah jambu biji efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit dengan cepat. Karena itulah minum jus buah ini berkhasiat dalam mengatasi demam berdarah yang kerap menyerang anak-anak.

Buah jambu ini juga baik untuk mengatasi balita yang menderita diare. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam buah ini mampu membunuh kuman dan radikal bebas penyebab diare anak.

Agar pengobatan penyakit anak efektif sebaiknya pilih buah jambu biji yang masih muda karena kandungan nutrisinya yang lebih tinggi.

Untuk cara membuat jus jambu biji merah untuk mengobati diare anak juga mudah. Tinggal blender dan lembutkan sebuah jambu biji lalu ambil sarinya. Agar lebih lembut bisa ditambahkan sedir air hangat.

Setelah bijinya disaring, tambahkan sedikit garam dan madu. Setelah itu minumkan anak dua hingga tiga sendok makan sebanyak tiga kali sehari. Mudahkan!

Selain itu manfaat jus jambu biji merah lainnya adalah untuk mendukung perkembangan tulang dan tulang rawan bayi dan melindungi sel dari kerusakan.

Asam folat dalambuah ini juga berguna untuk melancarkan sistem peredaran darah anak dan perkembangan sistem saraf bayi. Vitamin A buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata bayi.

Jus buah ini juga baik untuk meningkatkan perkembangan otak bayi maupun mencegah gangguan saraf maupun kelainan neurologis lainnya. Buah ini juga baik sebagai sumber energi maupun menangkal infeksi.

Dengan beragam manfaat jus jambu biji merah untuk anak cukup ampuh, tentunya bunda perlu memberikannya secara rutin agar optimal khasiatnya. (R8/HR-Online)