Manfaat Kayu Manis Untuk Kesuburan Wanita yang Ingin Cepat Hamil

manfaat kayu manis untuk kesuburan
Ilustrasi kayu manis. Foto: Istimewa

Manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita ternyata sudah menjadi ramuan tradisional sejak lama. Manfaat dari kayu manis memang lebih populer serta dikenal untuk bumbu dapur. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui kehebatan kayu manis untuk kesehatan atau pengobatan.

Kayu manis ternyata merupakan jenis bumbu dapur yang sudah sangat tua. Bahkan Wikipedia menyebutkan bumbu ini telah dimanfaatkan untuk menyedapkan masakan sejak 5000 tahun lalu di era Mesir Kuno.

Selain untuk menyedapkan masakan, kayu manis juga telah dimanfaatkan sebagai herbal untuk menjaga kesehatan maupun mengatasi berbagai penyakit. Bahkan herbal ini juga disebutkan dalam kitab suci.

Kandungan Herbal Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) memiliki aroma wangi yang khas dengan rasa manis dan pedas. Selain untuk bumbu, herbal ini juga banyak dijadikan sirup atau minuman kesehatan.

Ada banyak kandungan kimia dalam kayu manis, seperti kalsium oksalat, tannin, sinamaldehide, safrole, damar,minyak asiri eugenol, dan zat penyamak. Juga ada senyawaseperti kumarin, cinnzelanol, benzoat, benzil, dan felandren.

Kayu manis juga mempunyai efek farmakologis yang penting, seperti sebagai antirematik, peluruh keringat (diaphoretic), peluruh kentut (carminative), penghilang rasa sakit (analgesic), meningkatkan nafsu makan, maupun manfaat kayu manis untuk kesuburan.

Bahkan dalam minyak atsiri herbal ini terkandung sejumlah senyawa berkhasiat obat, seperti betakarofilen, etil sinamat, metil kavikol, dan linalool. Karena itulah kayu manis sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan kimia yang berkhasiat obat dalam kayu manis membuat herbal ini termasuk yang populer. Bahkan sejarah pengobatan tradisional China telah memanfaatkan herbal ini sejak lama.

Para tabib China membuat ramuan dari herbal ini untuk mengatasi berbagai penyakit. Seperti untuk mengobati penyakit diabetes, jantung, hernia, maupun untuk mengatasi asam urat (gout arthritis) dan keropos tulang.

Herbal ini juga mujarab sebagai obat anti mabuk dan mengatasi muntah-muntah, untuk menurunkan berat badan, maupun manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita dan pria.

Kandungan mineral dalam kayu manis juga diyakini berkhasiat dalam mengobati penyakit maag, mencegah pertumbuhan sel kanker, maupun mengoptimalkan fungsi otak.

Herbal ini juga diketahui dapat mencegah penyakit diabetes karena mampu mengontrol kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, maupun untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesuburan Wanita

Selain manfaat kayu manis untuk kesehatan, herbal ini ternyata juga ampuh untuk meningkatkan kesuburan. Khususnya untuk pria maupun wanita yang ingin segera memiliki anak.

Manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita ini karena kandungan kimianya. Karena itu wanita yang ingin cepat hamil disarankan untuk mengkonsumsi herbal ini secara rutin.

Sebuah penelitian melaporkan pemanfaatan kayu manis untuk membantu para wanita yang menderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).PCOS terjadi karena terganggunya fungsi ovarium wanita.

Selain membuat sulit hamil, wanita dengan PCOS juga meningkat risiko terkena diabetes. Hal ini karena terganggu produksi insulinnya dalam menditribusikan glukosa ke sel-sel jaringan tubuh.

Menariknya, kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase dalam kayu manis terbukti dapat menurunkan kekebalan insulin wanita yang mengalami PCOS. Itu sebabnya manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita dipercaya cukup mujarab.

Nutrisi dalam kayu manis juga berkhasiat dalam meregulasi siklus mestruasi. Hasil riset menemukan dengan mengkonsumsi kayu manis selama delapan minggu mampu mengatasi PCOS dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Selain untuk melancarkan menstruasi, nutrisi dalam kayu manis juga efektif untuk memperkuat rahim wanita. Hal ini penting agar pembuahan dalam rahim berlangsung aman dan tidak berisiko.

Karena itulah buat anda yang ingin bisa hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi herbal ini secara teratur. Buat saya seduhan kayu manis yang dicampur madu untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal.

Demikianlah informasi tentang manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita maupun untuk kesehatan yang semoga bermanfaat. (R8/HR-Online)