Manfaat Kencur untuk Suara Merdu, Ternyata Ramuan Penyanyi Terkenal

manfaat kencur untuk suara
Ilustrasi kencur. Foto: Istimewa

Bukan hanya baik untuk kesehatan, manfaat kencur untuk suara merdu dan panjang ternyata juga sudah dibuktikan banyak penyanyi terkenal. Kencur juga menyimpan beragam khasiat lain yang wajib anda tahu.

Selama ini kencur lebih banyak menemani ibu-ibu sebagai bumbu dapur. Selain dapat menyedapkan masakan, herbal ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Karena itulah makan terasa nikmat dan ingin nambah terus.

Khasiat tanaman obat ini dalam meningkatkan nafsu makan juga dimanfaatkan sejumlah pabrikan untuk bahan pembuatan tonikum atau sirup penambah nafsu makan untuk anak-anak. Jadi, manfaat kencur untuk suara hanyalah salah satu khasiatnya.

Kandungan dan Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah tanaman yang masuk dalam golongan temu-temuan (Zingiberaceae) yang dikenal berkhasiat obat. Kencur juga mengandung minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berguna untuk kesehatan maupun mengatasi penyakit.

Dalam rimpang ini juga terdapat beragam senyawa kimia yang sangat penting untuk menyembuhkan penyakit. Kandungan dalam kencur antara lain zat tepung atau pati 4,14%, mineral sebesar 13,73%, dan minyak atsiri 0,02%.

Dalam minyak atsiri itu sendiri terkandung berbagai senyawa penting, seperti asam sinamat, asam metil kanil, sineol, asam anisat, paraeumarin, etil ester, kamphene, gom, borneol, dan alkaloid.

Selain manfaat kencur untuk suara, ekstrak kencur yang banyak dimanfaatkan dalam pengobatan herbal juga berkhasiat karena mengandung antioksidan, anti inflamasi, dan bersifat analgesik.

Rimpang ini juga kaya dengan etil p-metoksisinamat yang ampuh dalam menangkal proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler dan anti kanker. Aroma kencur dari senyawa ini juga berkhasiat menenangkan.

Sebagai herbal, banyak manfaat kencur untuk kesehatan tubuh. Diantaranya untuk meningkatkan imunitas tubuh, menyembuhkan diare, mengobati kencing batu, mengatasi masuk angin dan influenza, dan mengatasi penyakit akibat bakteri.

Manfaat Kencur untuk Suara Merdu

Selain khasiatnya yang besar untuk kesehatan, kencur juga bermanfaat dalam membuat suara menjadi terdengar merdu dan panjang. Bahkan manfaat kencur untuk suara merdu sudah dikenal di kalangan para penyanyi terkenal.

Bukan hanya penyanyi yang sering mengkonsumsi herbal ini, para seniman, pemain teater, dan politisi juga banyak yang senang minum beras kencur. Selain untuk kebugaran tubuh tentunya agar suaranya juga makin bagus.

Di bawah ini cara kerja dan khasiat kencur yang bisa membuat suara menjadi merdu yang sebaiknya anda tahu.

Meredakan dan Melegakan Tenggorokan

Ekstrak kencur sangat berguna untuk melegakan tenggorokan, mengencerkan dahak yang ada, dan juga mampu mengusir batuk. Gangguan pada tenggorokan tentunya dapat mengganggu suara dan suara terdengar tidak menarik.

Dengan minum ramuan herbal ini akan meredakan gangguan tenggorokan dan membuat tenggorokan lebih ringan. Minum rimpang ini juga bermanfaat membuat suara lebih jernih sehingga disukai para penyanyi.

Memberikan Sensasi Kesegaran

Minum ramuan kencur juga memberikan sensasi kesegaran di mulut dan saluran tenggorokan yang memberikan manfaat kencur untuk suara lebih merdu. Dengan kesegaran ini akan membuat suara yang dikeluarkan terdengar lebih indah.

Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Sebagai saluran makanan dan pernafasan, tenggorokan berisiko dengan lendir. Lendir yang tidak secepatnya dibersihkan dan ditangani bisa menumpuk dan mengganggu suara. Karena itulah penting menghalau lendir untuk menjaga kualitas suara.

Teknik membersihkan lendir di tenggerokan juga kerap dilakukan dalam praktek pengobatan gurah. Karena itulah minum kencur juga berguna untuk menghilangkan dan membersihkan lendir di tenggorokan agar suaranya menjadi jernih dan bagus.

Mengatasi Tengorokan yang Kering

Tenggorokan kering bisa menyebabkan suara terganggu. Bahkan tak jarang kondisi ini memicu batuk. Minum ramuan kencur bermanfaat dalam mengatasi kondisi tenggorokan kering dan membuatnya lega.

Setelah mengetahui manfaat kencur untuk membuat suara menjadi merdu dan jernih, maka anda bisa membuat ramuannya sendiri. Cara terbaik adalah dengan memakan langsung rempah kencur setelah dikupas kulitnya dan dicuci bersih.

Namun jika anda tidak kuat dengan bau dan rasanya, anda bisa menghaluskannya dan membuatnya menjadi minuman. Konsumsi kencur secara rutin untuk mendapatkan manfaat kencur untuk suara secara optimal. (R8/HR-Online)