Manfaat Kolagen untuk Kulit Wajah yang Bakal Bikin Awet Muda

manfaat kolagen untuk kulit
Ilustrasi supleman mengandung kolagen. Foto: Istimewa

Manfaat kolagen untuk kulit cantik ternyata sedang menjadi buruan banyak wanita di tanah air. Apalagi tak sedikit produk kecantikan yang mengklaim mengandung kolagen alami.

Kolagen adalah serat protein tak larut yang sangat dibutuhkan tubuh. Zat ini berfungsi penting dalam memperkuat jaringan kulit, tulang, gigi, sendi, ligament, urat, dan pembuluh darah.

Istilah kolagen berasal dari kata ‘kolla’ dalam Bahasa Yunani yang berarti lem. Hal ini karena keunikan cara kerja kolagen seperti lem yang memiliki fungsi merekatkan dan menghubungkan berbagai bagian tubuh.

Kebutuhan tubuh terhadap kolagen cukup besar yang mencapai sekitar 30 persen dari total protein tubuh. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan menurunnya kekuatan jaringan tubuh dan terganggunya kesehatan.

Gangguan kesehatan jika kekurangan kolagen diantaranya nyeri sendi, tulang dan gigi yang mudah keropos, dan kulit kering dan kusam. Manfaat kolagen untuk kulit juga besar karena fungsinya meningkatkan kekencangan kulit.

Sumber Kolagen untuk Tubuh

Tubuh sebenarnya bisa memproduksi sendiri kolagen untuk memenuhi kebutuhannya. Produksi ini dilakukan oleh sel-sel tubuh yang menghasilkan molekul pro kolagen.

Nah, sel-sel inilah yang akan mengolah dan mengubah protein, vitamin C, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan menjadi kolagen.

Selanjutnya kolagen akan diubah menjadi fibril, serabut benang yang sangat tipis. Fibril ini nantinya akan menjadi serat yang menempel dalam berbagai jaringan tubuh, termasuk di tulang, persendian, atau lapisan kulit.

Namun sayangnya kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan menurun dan berkurang seiring usia. Umumnya kemampuan ini akan menurun saat usia memasuki 30 tahun.

Kemampuan tubuh menghasilkan kolagen alami juga bisa terganggu akibat penyakit atau karena paparan ultraviolet dan radikal bebas. Karena itulah orang tua sangat disarankan mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan kolagen tubuh.

Manfaat Kolagen untuk Kulit dan Tubuh

Khasiat dan manfaat kolagen untuk kulit dan wajah memang sangat besar. Hampir sebagian besar produk kecantikan selalu menyertakan kolagen dalam kandungannya.

Berikut ini berbagai khasiat kolagen untuk kecantikan maupun untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Mencegah Kulit Keriput

Akhir-akhir ini banyak sekali produk kecantikan dan perawatan wajah yang memanfaatkan kolagen sebagai kandungan utamanya. Hal ini karena fungsi dan peran zat protein ini dalam proses regenerasi sel kulit.

Dengan proses regenerasi sel kulit, maka kulit akan lebih cerah dan sehat. Hal ini juga akan menangkal keriput pada kulit dan memperlambat penuaan dini. Karena itulah orang tua membutuhkan kolagen. Manfaat kolagen untuk kulit memang luar biasa.

Mengencangkan Kulit Wajah

Ketercukupan kolagen dalam tubuh juga bermanfaat untuk membuat kulit dan wajah lebih kencang dan tidak kendor. Asupan suplemen kolagen buat lanjut usia berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegahnya terlihat menggelambir.

Membuat Kulit Lebih Cerah

Asam amino dalam kolagen juga berfungsi melindungi lapisan kulit bagian luar dan membuatnya lebih cerah dan halus. Manfaat kolagen untuk kulit karena mampu membuat wajah terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Menyuburkan Rambut

Kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kesuburan rambut kepala. Dengan mencukupi kebutuhan kolagen akan membuat rambut tumbuh subur dan sehat.

Meredakan Radang Sendi dan Rematik

Selain manfaat kolagen untuk kulit, juga berguna untuk menguatkan persendian. Mengkonsumsi asupan atau suplemen kolagen sangat efektif untuk yang telah berusia di atas 40 tahun dalam meredakan dan mengatasi rematik dan radang pada persendian.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa jadi disebabkan kurangnya asupan kolagen. Apalagi untuk orang yang telah berusia tua sehingga disarankan minum suplemen kolagen yang mencegah atau mengatasi osteoporosis.

Demikianlah beragam manfaat kolagen untuk kulit maupun untuk kesehatan. Mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kolagen dengan asupan suplemen merupakan alternatif terbaik untuk anda yang telah berumur. (R8/HR-Online)