Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Kulit Pisang yang Menakjubkan

Manfaat Kulit Pisang yang Menakjubkan

Kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat kulit pisang. Padahal di balik itu, kulit pisang yang begitu terkenal di Indonesia ini sangat-sangat mempunyai banyak khasiat.

Pisang ini sangat digemari bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun sangat menyukai buah yang satu ini. Pasalnya, selain enak rasanya, namun memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

Kandungan yang ada di dalamnya antara lain vitamin B6, B12, protein, lemak tidak jahat yang sangat bagus bagi tubuh. Meski memang rasa dari kulit pisang ini tidak selezat buanya.

Selain itu, seluruh bagiannya mulai dari daun sampai buahnya, juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Namun masalahnya adalah mayoritas orang yang memakai buah yang lezat ini, pasti di bagian kulitnya akan dibuang. Hal tersebut dikarenakan belum diketahuinya informasi dari manfaatnya, sehingga dengan buru-buru membuangnya.

Padahal manfaat kulit pisang ini bisa untuk kesehatan tubuh, perawatan parabot rumah tangga sampai dijadikan pupuk untuk tanaman.

Bahkan, untuk kulitnya ini ternyata dapat diolah dan dijadikan makanan. Terutama oleh masyarakat India yang sering memanfaatkan kulit pisang sebagai bahan makanan.

Lantas apa saja manfaat kulit pisang tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini khasiatnya yang bisa mengejutkan.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Mengutip dari Style Craze belum lama ini, ternyata kulit pisang ini bisa mengobati jerawat yang mengganggu.

Jerawat yang ada di anggota badan muncul karena adanya hormon yang tak seimbang. Nah, untuk mengatasi jerawat ini bisa dengan cara alami yakni dengan menggunakan kulit pisang.

Caranya tidak lah sulit, cukup mengoleskan kulit pisang ini ke bagian wajah atau anggota badan lainnya yang ada jerawatnya. Diamkan kurang lebih 5 menit, dan lakukan cara tersebut setiap hari.

Manfaat kulit pisang lainnya untuk kesehatan adalah bisa melindungi gigi serta gusi. Sumber dari penyakit yang sering menyerang bagian gigi atau gusi seperti peridontitis  serta gingivitis, yaitu adanya bakteri A.actinomycetemcomitans serta P.gingivalis. 

Dari hasil penelitian, kulit pisang ini mampu mengatasi masalah pada gigi. Caranya, oleskan kulit dari buah tersebut ke bagian gigi atau gusi dan lakukan setiap hari.

Selain itu, kulit pisang ini juga dipercaya bisa merawat atau memutihkan gigi. Hanya dengan menggosok kulitnya saban hari selama 1 minggu, kemudian biarkan kurang lebih 1 menit, maka gigi Anda akan menjadi putih.

Bukan hanya itu, manfaat kulit pisang juga bisa untuk merawat kulit. Hal itu disebabkan karena dari kulitnya ini kaya anti-mikroba serta anti-oksidan, atau terkandung senyawa anti-radang.

Dengan adanya kandungan tersebut, maka diklaim bisa mengurangi gatal atau nyeri yang diakibatkan oleh pancaran sinar matahari atau tergigit binatang.

Caranya, kulitnya ditumbuk ampai halus, lalu dioleskan ke bagian kulit dan dibalurkan ke area yang terasa gatal atau sakit. Diamkan selama kurang lebih setengah jam.

Khasiat lainnya yaitu bisa menjadikan rambut lebih kembut serta berkilau. Itu dikarenakan adanya kandungan anti-oksidan yang dipercaya bisa menghalau radikal bebas.

Untuk itu, tidak sedikit yang memakainya sebagai masker rambut. Meskipun belum ada penelitian secara resmi dari para ahli yang mengujinya.

Manfaat Lainnya

Manfaat kulit pisang lainnya adalah bisa dijadikan pupuk alami. Dengan pupuk alami ini maka bisa menyuburkan tanaman dengan bagus.

Selain itu, kulit pisang ini juga bisa bermanfaat untuk mengusir hama yang sering menyerang tanaman.

Sedangkan untuk perawatan alat rumah tangga, kulit dari buah yang lezat ini bisa membuat kilap kembali parabot rumah, seperti alat makan yang bahannya dari perak, sepatu kulit, serta tanaman hias.

Nah, jika sudah tahu manfaat kulit pisang, maka mulai dari sekarang jangan buru-buru untuk membuangnya. Jadi jangan dibuang ya… (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img