Manfaat Kunyit Untuk Sakit Maag dan Pengolahannya

Manfaat Kunyit untuk Sakit Maag
Manfaat kunyit ternyata ampuh untuk menyembuhkan sakit maag atau lambung.

Manfaat kunyit untuk sakit maag sudah menjadi salahsatu resep tradisional masyarakat Indonesia sejak dulu. Manfaat kunyit selain sebagai salahsatu bahan makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas sebagai bumbu, ternyata dianggap ampuh untuk sembuhkan sakit maag.

Bagi anda yang saat ini memiliki gejala penyakit maag atau lambung, bisa mencoba resep tradisional pengobatan berbahan kunyit. Namun, sebelum kita jelaskan bagaimana cara membuat ramuan kunyit dan pengolahannya, ada beberapa fakta menarik yang perlu anda diketahui tentang kunyit.

Kandungan Didalam Kunyit

Untuk diketahui, ternyata didalam kunyit mengandung berbagai zat-zat yang baik untuk kesehatan. Salahsatu bagian kunyit yang paling banyak digunakan adalah rimpang. Banyak sekali manfaat dari rimpang kunyit yang bisa didapatkan tubuh.

Rimpang kunyit mengandungan kurkumin dan minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan. Kurkumin memiliki bentuk kristal prisma atau batang pendek, membentuk emulsi atau tidak larut dalam air, namun kurkumin dapat dengan mudah larut dalam aseton, etanol, metanol, bensen, dan khloroform. Nah, Kurkumin inilah yang memberikan kesan warna kuning jingga pada tanaman ini.

Sementara kandungan minyak atsiri pada kunyit terbagi lagi dalam komponen yakni artumeron, tumerol, alfa atlanton, beta klairofilen, linalol, dan borneol. Selain mengandung kurkumin dan minyak atsiri, pada kunyit juga terdapat beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi.

Dengan berbagai kandungan baik didalamnya, selama ini kunyit dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai seperti bahan bumbu masak, rempah, bahan pangan, pengawet, pewarna kosmetik, dan obat-obatan termasuk manfaat kunyit untuk sakit maag.

Lalu, benarkah obat tradisional kunyit bisa terbukti ampuh menyembuhkan sakit maag dengan cepat?

Apa itu Sakit Maag?

Maag merupakan salah satu penyakit perut yang umum terjadi pada banyak orang. Namun jika dibiarkan, penyakit maag bisa sangat mengganggu aktivitas Anda.

Penyakit maag memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah karena dinding lambung yang rapuh dan asam lambung yang tinggi. Selain itu, pola makan tidak teratur dan minum obat yang tidak tepat menjadi salahsatu penyebab umum terjadinya sakit maag.

Saat ini, banyak produk kesehatan menawarkan kepada anda untuk mengobati sakit maag yang anda derita. Namun ada baiknya, jika anda yang baru merasakan sakit maag ringan, bisa mencoba manfaat kunyit untuk sakit maag. Ramuan kunyit jika benar pengolahannya, bisa memberikan efek penyambuhan yang nyata terhadap sakit maag anda jika anda rajin mengkonsuminya secara teratur.

Tanda-tanda Kena Sakit Maag

Tanda-tanda anda mengalami penyakit maag diantaranya, perut terasa panas dan nyeri, sakit saat buang air besar, muntah darah serta asam dari dalam perut. Jika anda merasakan gejala seperti itu, segeralah untuk melakukan pemerikasaan ke dokter, agar penyakit maag anda cepat tertolong.

Karena untuk komplikasi asam lambung tinggi, dapat mengakibatkan tukak (borok) lambung, inilah yang harus dihindari oleh anda.

Maag yang diakibatkan karena asam lambung terlalu tinggi dapat mengikis lapisan pelindung dinding lambung. Hal ini mengakibatkan luka pada dinding lambung (tukak lambung). Disinilah anda bisa mencoba manfaat kunyit untuk sakit maag atau sebagai obat herbal tukak lambung. Luka luar maupun dalam dapat diatasi dengan kunyit.

Apalagi, jika sakit maag anda belum sampai ke tingkat maag kronis atau tukak lambung, mungkin pengobatannya tidak terlalu dioptimalkan. Anda hanya cukup mengkonsumsi ramuan herbal kunyit sebagai cara menjaga kesehatan lambung anda secara alami dan aman.

Cara Pengolahan Kunyit Untuk Pengobatan Sakit Maag

Untuk anda yang ingin membuat ramuan kunyit untuk penyakit maag anda, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ambil sekitar 2 hingga 3 rimpang kunyit.
  2. Bersihkan hingga benar-benar bersih, lalu anda kupas kulit arinya.
  3. Parut kunyit yang telah dikupas tersebut.
  4. Peras kunyit tersebut hingga mengeluarkan air.
  5. Kemudian anda tinggal minum air yang dihasilkan dari perasaan kunyit tersebut secara rutin pagi dan sore hari sampai sakit maag anda reda.

Perlu dicatat, ramuan herbal ini tidak akan langsung seketika menyembuhkan penyakit maag anda, anda akan merasakan manfaat kunyit untuk sakit maag jika pengobatan dilakukan secara rutin dan teratur agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. (Jujang/Juj/HR Online)