Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Cantik yang Jarang Diketahui

manfaat lidah buaya untuk kulit
Ilustrasi Lidah Buaya. Foto: Istimewa

Selain untuk menyuburkan rambut, manfaat lidah buaya untuk kulit juga tak kalah ampuhnya. Bahkan manfaat lidah buaya juga sangat efektif untuk perawatan kecantikan wajah.

Selama ini tanaman ini lebih populer sebagai herbal untuk perawatan rambut. Baik untuk mengatasi ketombe dan gatal di kulit kepala ataupun untuk menyuburkan rambut.

Padahal, tanaman berbentuk lidah buaya yang berduri ini ternyata juga ampuh untuk kulit wajah dan tubuh maupun untuk meningkatkan kesehatan. Bahkan kabarnya, herbal ini juga efektif untuk mengatasi penyakit HIV/AIDS.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya (aloe barbadensis milleer) juga dikenal dengan sebutan Aloe Vera. Tanaman ini termasuk herbal terpopuler yang paling banyak dimanfaatkan di dunia sebagai herbal dan bahan untuk industri kesehatan.

Tumbuhan yang berasal dari Afrika ini sudah dikenal untuk pengobatan tradisional sejak jaman kuno.Besarnya manfaat lidah buaya untuk kulit maupun untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya.

Lidah buaya diketahui sangat kaya vitamin, mineral,polisakarida, zat enzim, dan asam amino. Bahkan 20 dari 22 jenis asam amino dan semua vitamin (kecuali vitamin D) terdapat dalam herbal ini.

Daya tarik utama lidah buaya adalah adanya kandungan zat aloe emodin. Senyawa organik dari golongan antrokuinon ini berfungsi mengaktivasi sinyal insulin. Ini sangat berguna untuk mencegah meningkatnya kadar gula darah.

Herbal ini juga mengandung banyak air dan saponin yang bersifat anti mikroba. Beragam dan banyaknya kandungan nutrisi dalam tanaman inilah yang membuatnya baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Wajah

Pemanfaatan lidah buaya adalah dengan mengambil isi dagingnya yang berbentuk seperti gel. Ada beragam manfaat lidah buaya untuk kulit maupun untuk perawatan kecantikan.

Cairan bening yang dan kenyal itu diketahui kaya nutrisi dan bersifat dingin sehingga baik untuk mendinginkan kulit yang terpapar matahari.

Begitu juga jika kulit kemerahan karena iritasi anda bisa mencoba mengoleskan gel lidah buaya. Senyawa dalam gel aloe vera berkhasiat untuk meredakan peradangan.

Gatal kulit yang kronis ataupun penyakit psoriasis juga bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Anda bisa langsung mengoleskan gel atau yang sudah berbentuk krim untuk meredakannya.

Kandungan asam salisilat dan sifat antiperadangan yang terdapat pada lidah buaya berkhasiat dalam medetoksifikasi kulit. Selain untuk meredakan peradangan, lidah buaya juga ampuh dalam mengobati jerawat.

Kandungan mineral dalam aloe vera juga efektif untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Lidah buaya baikuntuk melembabkan kulit, menghilangkan bekas luka, maupun meremajakan kulit dan wajah.

Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah untuk mengatasi dan menyembuhkan luka kulit karena terbakar. Hal ini karena lidah buaya diketahui sebagai herbal anti jamur, anti bakteri, dan anti virus.

Itulah beragam khasiat aloe vera baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan yang mungkin belum banyak diketahui.

Untuk mengaplikasikan dan menggunakan gel aloe vera juga mudah. Tinggal potong batang lidah buaya dan buang kulit luarnya yang kaku. Ambil gelnya dan masukkan dalam mangkuk.

Anda bisa membuat masker lidah buaya dengan gel aloe vera yang berkhasiat itu. Agar lebih efektif, anda bisa menambahkan putih telur dan madu lalu oleskan pada wajah dan kulit tubuh.

Untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit tubuh sebaiknya lakukan masker aloe vera ini setidaknya dua hari sekali sebelum tidur. Biarkan wajah tertutup masker sekitar 20 menit agar kulit menyerap nutrisinya.

Dengan perawatan secara rutin akan membuat wajah dan kulit tubuh anda terlihat lebih kencang, lebih cerah, lebih cantik, dan awet muda. Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah memang cukup efektif. (R8/HR-Online)