Manfaat Sabun Batang yang Jarang Diketahui, Dari Perawatan Rumah Sampai Motor

Manfaat Sabun Batang
Manfaat sabun batang bukan hanya untuk mandi, namun juga lainnya yang jarang diketahui banyak orang. Foto : net/ist

Kebanyakan orang berpendapat bahwa manfaat sabun batang hanya untuk mandi serta cuci tangan saja. Padahal dibalik itu sabun yang berbentuk padat berupa batang ini kaya akan manfaat.

Bahkan, perlahan-lahan kehadiran sabun batang ini mulai disisihkan. Hal itu menjadi alasan, karena adanya kehadiran sabun mandi cair yang lebih praktis dan lain sebagainya.

Umumnya manfaat sabun batang memang dipakai untuk membersihkan anggota badan di bagian luar, seperti tangan, tubuh, kaki dan lainnya setelah melakukan aktivitas seharian.

Namun tahu kah Anda jika sabun batang ini memiliki manfaat lebih bukan sekedar untuk mandi atau mencuci tangan?.

Penasaran apa saja manfaat sabung batang lainnya, ini penjelasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Sabun Batang untuk Perawatan Rumah

Pasti akan jengkel jika pintu rumah macet bahkan mengeluaran bunyi berderit yang membuat telinga sakit. Biasanya jika sulit membuka pintu dengan sistem geser atau laci, maka akan memakai oli.

Namun masalahnya, jika menggunakan oli maka resikonya apabila tidak hati-hati, adalah akan membuat kotor dengan adanya bercak hitam. Untuk itu, alternatif lainnya adalah menggunakan sabun batang.

Lantas bagaimana caranya? Tidak lah sulit, cukup menggosokkan sabun tersebut pada bagian jalan roda atau railing yang ada di pintu geser atau laci.

Manfaat sabun batang ini bisa melancarkan pintu ketika digeser. Apabila masih ada bunyi atau susah digeser, bisa ditambahkan lagi sambil mencoba menggeser sampai lancar dan suara decitnya tidak terdengar lagi.

Manfaat sabun batang lainnya untuk perawatan rumah adalah bisa memperlancar kunci yang susah masuk ke lubangnya atau macet.

Caranya tidak berbeda jauh dengan yang di atas, gosokan sabun batang di permukaan kunci. Masukkan kunci ke dalam lubang, sehingga sabun tersebut ikut masuk.

Manfaat lainnya adalah menutup lubang di tembok atau dinding bekas paku atau sejenisnya. Biasanya lubang paku tersebut terbentuk ketika memindahkan foto atau sejenisnya.

Tentunya, ketika foto itu pindah maka lubang yang merupakan bekas paku akan terlihat. Dan kerugiannya adalah memberikan nuasa yang jelek, sehingga estetika pada tembok jadi menurun.

Alternatif menggunakan sabun batang ini adalah pengganti semen. Caranya, gosokkan sabun itu ke lubang hingga tertutup. Jika warnanya tidak sesuai dengan cat, maka Anda bisa melapisinya dengan cat yang warnanya sama.

Selain itu, manfaat sabun batang lainnya adalah bisa mencegah cermin yang ada di kamar mandi berembun. Dengan adanya embun pada cermin ini maka akan susah untuk memakainya.

Caranya, bersihkan cermin itu dari kotoran dengan menggunakan lap kering. Kemudian gosok sabun batang di semua permukaan cermin.

Bukan hanya itu, sabun batang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Dengan banyak pilihan aromanya, tinggal tempatkan atau gantung sabun di lokasi yang strategis.

Menambal Tangki Motor yang Bocor

Tangki motor yang bocor tentu akan merugikan. Selain hilangnya bensin dengan cuma-cuma, juga bensin yang keluar ini bisa mengeluarkan bau yang tidak enak, bahkan bisa juga berbahaya jika terkena api.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan mengganti tangki. Masalahnya tentu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Kemudian bisa juga dengan menambalnya yaitu memantri bagian tangki yang bocor. Akan tetapi, Anda harus meminta bantuan orang yang memang ahlinya, dan tentu mengeluarkan biaya.

Nah, cara mudah dan bisa dipraktekan sendiri yakni dengan memakai sabun batang. Lho kok bisa? Yang manfaat sabun batang lainnya adalah menutup bocoran pada tangki motor.

Dan mempraktekannya juga tidak sulit. Cukup siapkan pisau, sabun batang, dan air. Caranya, ambil sabun batang kemudian dikerok sampai bentuknya kecil-kecil.

Lalu, dihaluskan dan tempatkan di tangan yang dalam keadaan basah, kemudian di tekan-tekan sampai padat. Jika sudah, tempelkan pada tangki yang bocor. Namun sebelumnya, bersihkan dulu tangki motor dari bensin dengan menggunakan lap atau kain kering.

Atau bisa juga mencampurkan dengan lem PC. Jika sabun batang sudah dioleskan di tangki yang bocor, lalu ambil lem PC secukupnya, dan tempatkan lem tersebut di lokasi sabun, biarkan hingga kering.

Manfaat Lainnya

Manfaat sabun batang selain yang ada di atas, ternyata bisa juga digunakan untuk memperbaiki ritsleting baik dari celana, jaket dan lainnya yang macet atau tidak bisa menutup/membuka.

Hampir sama caranya yaitu dengan gosok-gosok sabun batang ke risleting, tapi jangan sampai basah sabunnya.

Kemudian manfaat sabun batang lainnya adalah sebagai bantal jarum. Jadi sabun tersebut ditutup atau dibungkus dengan kain. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...