Memohon Turun Hujan, Ribuan Warga Ciamis Ikuti Solat Istisqo

Ribuan Warga Ciamis Ikuti Solat Istisqo
Ribuan warga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti salat istisqo di halaman Mesjid Agung Ciamis, untuk memohon doa kepada Alloh SWT agar menurunkan hujan. Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Ribuan warga di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti salat istisqo di halaman Mesjid Agung Ciamis, untuk memohon doa kepada Alloh SWT agar menurunkan hujan.

Salat istisqo yang digelar pada Rabu (18/09/2019) pagi tadi, diikuti ribuan warga dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga para pejabat di lingkup Pemkab Ciamis.

Dengan beralaskan sajadah dan koran bekas, semua warga Ciamis melaksanakan salat minta hujan dan berdoa dengan khusyuk. Tampak hadir pula Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

“Pelaksanaan salat istisqo ini karena warga di Ciamis sudah kekurangan air bersih selama lima bulan. Inti dari solat istisqo ini, kita sebagai umat Islam meminta hujan yang barokah, hujan yang penuh rahmat. Kemarau di Ciamis ini sudah cukup lama. Maka saat ini kita bersama ulama dan masyarakat memohon hujan kepada Alloh SWT,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Dalam kesempatan itu, Herdiat juga mengimbau agar solat istisqo dilaksanakan sampai ke tingkat desa. Pemerintah daerah pun saat ini sudah membentuk tim untuk menangani kekurangan air bersih di sejumlah wilayah.

“Untuk penanganan kemarau, distribusi air bersih juga sampai saat ini terus dilakukan ke setiap daerah yang telah melaporkan kekeringan,” ungkap Herdiat.

Berdasarkan data dari BPBD Ciamis, ada 11 kecamatan, 23 desa dan 53 dusun di wilayah Kabupaten Ciamis yang mengalami kekurangan air bersih. Sedangkan, jumlah warga yang terdampak sebanyak 8.538 kepala keluarga atau 25.339 jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, menyebutkan, jumlah bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 597.000 liter. Setiap harinya, bantuan tersebut didistribusikan sebanyak 18.000 liter. (Jujang/R3/HR-Online)