Memperingati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Pangandaran Tanam 2019 Kelapa Kitri

Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarcab Pangandaran Tanam 2019 Kelapa Kitri
Dalam rangka Jejak Raya 2019 atau memperingati Hari Pramuka ke-58, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menanam sebanyak 2019 kitri atau bibit pohon kelapa. Photo : Ilustrasi.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Dalam rangka Jejak Raya 2019 atau memperingati Hari Pramuka ke-58, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menanam sebanyak 2019 kitri atau bibit pohon kelapa.

Penanaman tersebut dilakukan di kawasan Pantai Bojongsalawe, Desa Kalangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu (04/09/2019).

Ketua Kwarcab Kabupaten Pangandaran, Apip Winayadi, mengatakan, sebanyak 2019 kitri itu merupakan pemberian dari pembibit pohon kelapa di Kabupaten Pangandaran, dan juga hasil kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran.

“Penanaman ini sudah dilakukan di beberapa tempat, seperti di Kecamatan Pangandaran, Langkaplancar, dan puncaknya kita tanam di Pantai Bojongsalawe,” katanya, kepada HR Online, saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut Apip menjelaskan, kitri merupakan lambang dari gerakan Pramuka dan menjadi keterwakilan Dasa Darma Pramuka butir ke-2, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Sebagai gerakan Pramuka, kita ikut serta melestarikan alam dengan cara menanam kitri atau bibit pohon kelapa,” jelas Apip.

Dia juga mengatakan, setiap tahunya Kwarcab rutin menanam berbagai jenis pohon, tidak hanya kitri saja. Jadi, penanaman pohon ini sudah menjadi agenda tahunan pihaknya.

Selain itu, memperingati Hari Pramuka tahun ini tidak hanya difokuskan di tingkat Kwarcab saja, tapi pihaknya juga memfokuskan di tingkat Ranting atau Kwaran. Sehingga, keterlibatan  pengurus di tingkat kecamatan bisa maksimal.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan bantuan anggaran untuk Gugus Depan atau sekolah-sekolah agar gerakan Pramuka di Kabupaten Pangandaran bisa lebih maju lagi.

“Tadi kan ada permintaan untuk bantuan operasional, jadi untuk ke depannya kita akan coba tingkatkan lagi,” katanya.

Jeje menyebutkan, untuk tahun ini, bantuan anggaran kegiatan Pramuka di Kabupaten Pangandaran sebesar Rp 1 miliar. Dirinya pun berharap mudah-mudahan ke depanya bisa lebih ditingkatkan lagi. (Cenk/R3/HR-Online)