Menambah Berat Badan Tanpa Obat Buat Kamu Pemilik Tubuh Kurus

Menambah Berat Badan
Menambah berat badan bisa menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka yang memiliki tubuh kurus. Photo : Ilustrasi.

Menambah berat badan bisa menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka yang memiliki tubuh kurus. Kamu bisa saja menambah beberapa kilo dengan melahap berpiring-piring nasi padang atau makan sepuasnya sampai perut kenyang.

Namun, hal itu bukanlah cara tepat untuk menambah berat badan yang sehat dan tidak disarankan. Bagi orang yang punya berat badan terlalu kurus sangat disarankan untuk menambah bobot tubuhnya.

Tidak hanya menunjang penampilan, berat badan yang idel juga bisa menunjang kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (04/09/2019), berikut ini yang perlu kamu lakukan jika ingin menaikan berat badan dengan sehat tanpa obat dan juga cepat.

Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Kalau bobot badan kamu sangat kurang maka kamu akan merasa cepat kenyang, sehingga kamu menjadi jarang makan. Padahal, layaknya mesin yang sering diributkan, tubuh pun butuh persediaan energi yang kontinu agar bisa beroperasi dengan baik.

Makan secara teratur merupakan cara terbaik untuk mencegah tubuh kehilangan massa otot, dan jaringan penting lainnya. Makan 5 hingga 6 porsi kecil yang berjarak 3 sampai 5 jam sepanjang hari setara dengan langsung dua atau tiga kali makan besar.

Mengonsumsi Makanan Cair

Untuk menambah berat badan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan cara menghaluskan makanan atau mengonsumsi makanan halus, seperti oats, susu, sayuran dan buah-buahan yang dihaluskan.

Variasikan Isi Piring Makan

Setiap kali makan, upayakan setidaknya ada tiga jenis makanan berbeda dalam piring makan. Daripada hanya ngemil pisang dan susu, lebih baik bikin beberapa buah roti lapis yang diisi dengan olesan selai kacang dan irisan pisang.

Temani dengan segelas susu, dan jika kamu seorang vegetarian, bisa menggantinya dengan whole milk atau susu nabati.

Semakin bervariasi isi piring makan kami, maka semakin bervariasi pula asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan tubuhmu.

Konsumsi Banyak Air Putih

Dengan memperbanyak mengonsumsi air putih juga akan membantu tubuh untuk menambah angka pada timbangan. Sebab, air putih sangat baik bagi tubuh guna melancarkan pencernaan.

Konsumsi minimal 2 liter air putih dalam sehari yang dibagi mulai dari pagi, siang, sore dan malam hari.

Minum Jus atau Smoothie

Tinggalkan minum kopi, teh, dan minuman yang mengandung soda, karena minuman tersebut hampir nol nilai gizi dan kalorinya. Jika kamu sedang malas makan, sebaiknya minum smoothie atau jus buah tinggi kalori.

Racik smoothie dengan susu full cream, atau pengganti susu seperti susu kedelai, susu kacang, dan lainnya, serta variasikan buah segar favorit kamu.

Sedangkan, untuk tambahan kalorinya, kamu bisa mencampur chia seed, protein powder, almond butter atau selai kacang ke dalam smoothie.

Makan Sebelum Tidur

Saat tidur, tubuh bekerja untuk menyembuhkan serta meregenerasi sel dan jaringan yang rusak. Untuk mendukung fungsi tubuh, tidak ada salahnya makan sebelum tidur demi menjamin pasokan energi tetap tersedia buat tubuh yang sedang sibuk bekerja.

Jadi, daripada mengudap nasi gorek tek-tek, sebaiknya pilih camilan yang sehat. Pilih semangkuk salad dicampur dengan pasta gandum, irisan dada ayam dan parutan keju, serta minyak zaitun

Pilih Makanan Tinggi Kalori

Konsumsi makanan yang berkalori dan berlemak tinggi, tapi jangan sembarangan. Produk lemak hewani memberikan asupan nutrisi dan lemak tinggi, tetapi mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.

Untuk mendapatkan lemak sehat, pilih sumber lemak nabati dari kacang dan biji-bijian, jagung, keju, alpukat, kentang, oatmeal, sup krim, dan minyak alami seperti minyak zaitun.

Masukan juga telur dan ikan berlemak seperti tuna, sarden, atau salmon sebagai pengganti daging merah. Ikan yang mengandung lemak kalorinya lebih tinggi dan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan.

Melebihkan Konsumsi Protein

Untuk menambah berat badan tak cukup dengan konsumsi kalori saja, tapi protein juga sangat penting guna membangun otot.

Sehingga, makanan yang dicerna tidak menjadi lemak jahat yang dapat menyebabkan obesitas. Jadi, perbanyak konsumsi dada ayam, tuna, dan telur.

Hindari Cemilan Tak Sehat

Dengan menambah porsi makan bukan berarti bisa makan camilan sembarangan. Untuk menambah berat badan dengan cepat tapi sehat, kamu harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari.

Wajib Sarapan

Menambah jumlah makan per hari memang menjadi cara untuk menambah berat badan. Jadi, menu yang tak boleh kamu lupakan adalah sarapan.

Untuk menambah jumlah makan dalam sehari, lebih baik kamu hitungnya di luar makan pagi atau sarapan.

Menghindari Minum Sebelum Makan

Minum air sebelum makan akan membuat kamu merasa lebih kenyang. Jadi, cara untuk menambah berat badan yang ideal adalah menambah jumlah porsi makan.

Artinya, kamu harus menghabiskan makanan yang ada di piring makan kamu tanpa meninggalkan sisa makanan di piring.

Jadi, kalau kamu sedang ingin menambah berat badan, cobalah dulu untuk hindari minum sebelum makan.

Kunyah Makanan Sampai Halus

Mengunyah makanan sampai benar-benar halus sering dianggap remeh. Padahal, makanan yang sudah halus membuat kinerja organ pencernaan akan semakin lebih ringan.

Selain itu, mengunyah makanan sampai halus juga yang memiliki nutrisi penting buat tubuh dan juga menjadi lebih mudah dicerna.

Konsisten Olahraga dan Latihan

Olahraga dan latihan yang dilakukan tentunya tidak akan efektif jika dalam pelaksanaannya tidak diikuti secara konsistensi.

Komitmen untuk rutin melakukan olahraga dan latihan sangat penting dalam proses menggemukan badan yang cepat dan juga sehat.

Istirahat yang Cukup

Sibuk dengan melakukan olahraga dan latihan saja tidak akan efektif untuk menambah berat badan. Karena, otot dan tubuh juga memerlukan istirahat.

Jadi, sisakan beberapa jam dalam sehari untuk benar-benar istirahat. Jangan lupa, selama kamu

Hindari Begadang

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering begadang akan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Banyak orang yang suka begadang memiliki tubuh yang kurus.

Namun, ada juga orang yang gemar begadang sambil mengonsumsi makanan tidak sehat di malam hari, justru malah mengalami obesitas. Jadi sebaiknya hindari terlalu sering begadang.

Berhenti Merokok

Bukan hanya begadang, rokok juga harus dihindari untuk menaikan berat badan tapi tubuh kamu tetap sehat dan bugar.

Karena, kandungan bahan kimia yang ada dalam rokok hanya akan menambah masalah bagi kesehatan tubuh.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Jika kamu ingin menaikan berat badan, konsumsi alkohol juga sangat tidak dianjurkan. Bahkan, hampir semua jenis diet sehat, mengonsumsi minuman beralkohol tidak dianjurkan.

Mau sedikit atau banyak mengonsumsi alkohol, tetap saja tidak akan mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut.

Rutin Periksakan Kesehatan

Melakukan berbagai cara untuk menggemukkan badan akan percuma jika kamu tidak melakukan kontrol terhadap perkembangannya.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin menjadi cara mudah untuk mengetahui hasil dari upaya menambah berat badan yang sudah kamu lakukan selama ini. (Eva/R3/HR-Online)