Mengatasi Wajah Berjerawat dengan Minuman Enak dan Sehat

Mengatasi Wajah Berjerawat dengan Minuman Enak dan Sehat
Mengatasi wajah berjerawat dengan minuman enak dan sehat bukanlah sesuatu hal yang mustahil. Photo : Ilustrasi.

Mengatasi wajah berjerawat dengan minuman enak dan sehat bukanlah sesuatu hal yang mustahil. Pasalnya, deretan minuman sehat ini sangat penting untuk mengatasi peradangan dan inflasi yang disebabkan oleh jerawat.

Karena, masalah jerawat tidak cukup hanya menggunakan skincare, tapi kamu pun butuh asupan gizi yang seimbang. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi menjadi salah satu cara untuk penuhi kebutuhan gizi kulit.

Minuman Enak untuk Mengatasi Jerawat

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/09/2019), berikut ini deretan minuman enak dan yang ampuh untuk mengatasi wajah berjerawat.

Air Kepala Muda

Seperti diketahui bahwa air kelapa merupakan minuman elektrolit alami yang bermanfaat mengatasi dehidrasi. Selain itu, minum air buah kelapa bisa membantu kulit menjadi lebih halus.

Minuman alami ini pun mengandung kloramfenikol, yakni antibiotik alami untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri di dalam tubuh, salah satunya bakteri yang menyebabkan jewarat.

Penelitian juga menyebutkan, kelapa muda mengandung serat yang baik untuk detoksifikasi. Dengan rajin mengonsumsi air kelapa, maka segala zat dan racun yang tidak tubuh bisa keluar.

Teh Hijau

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tahun 2011 menunjukkan bahwa, teh hijau kaya akan antioksidan katekin sehingga dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh ke bagian kulit.

Apabila peredaran darahnya lancar, maka sel kulit bakal mendapatkan oksigen serta asupan nutrisi yang lebih banyak lagi. Dengan begitu maka kulit pun menjadi lebih kebal dari bakteri serta kuman penyebab wajah berjerawat.

Yogurt

Saluran pencernaan yang sehat sangat erat kaitannya dengan kondisi kulit. Pencernaan yang tdak lancar bisa menyebabkan terakumulasinya racun di dalam tubuh yang pada akhirnya memengaruhi kondisi kesehata kulit, salah satunya jerawat

Konsumsilah minuman yang mengandung bakteri baik, seperti  yogurt, kefir, dan kombucha sehingga saluran pencernaan akan tetap terjaga dengan baik. Selain itu, kulit juga menjadi lebih bersih alami.

Tapi tidak boleh berlebihan konsumsi minuman maupun makanan yang sebelumnya difermentasi  supaya bakteri tidak sampai menumpuk di dalam usus. Karena hal ini dapat memicu munculnya jerawat.

Jus Tapai

Seperti kita ketahui bahwa kandungan alkohol rendah dalam tapai diperoleh dari proses fermentasi. Untuk mengatasi wajah berjerawat, konsumsi tapai bisa menjadi pilihan buat kamu yang dipusingkan oleh jerawat karena tak kunjung hilang.

Caranya bisa dikonsumsi langsung, atau bisa juga konsumsi tapai yang telah diolah menjadi minuman jus. Ini dapat membantu untuk menetralisir tumpukan lemak yang memicu munculnya jerawat.

Kandungan vitamin B1 dalam tapai menjadi berlipat ganda saat dalam proses fermentasi. Vitamin B1 sangat penting guna menjaga kesehatan tubuh, temasuk kesehatan kulit.

Limun Madu

Limun madu merupakan minuman yang terbuat dari sari buah lemon yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin ini sangat penting guna atasi masalah jerawat.

Pasalnya, lemon memiliki sifat basa yang juga dapat membantu detoksifikasi kulit dari dalam tubuh. Kombinasi manisnya madu diperkaya dengan khasiat antiseptik, anti bakteri, anti mikroba dan anti inflamasi.

Detox Smoothie

Jika kamu menginginkan kulit bersih dan sehat dari dalam, maka resep smoothie toksin yang menjadi andalan Kourtney Kardashian bisa kamu coba. Resep ini terbuat dari campuran jahe, alpukat, nanas, kiwi, mentimun, dan bayam.

Jus Mangga

Jenis buah yang satu ini kaya vitamin C dan A. Kedua vitamin tersebut adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan kulit sehat, awet muda dan bercahaya, kamu harus minum jus mangga secara teratur. Karena jus mangga juga bisa mengatasi wajah berjerawat.

Teh Rosella

Kandungan vitamin A, vitamin C, protein esensial, kasilum, serta 18 jenis asam amino dalam bunga rosella, termasuk arginina dan legnin, sangat berperan dalam proses peremajaan kulit tubuh.

Bila diminum secara teratur, diketahui teh bunga rosella yang berasa asam dapat menunda munculnya gejala penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada dalam bunga rosella juga dapat mengatasi masalah jerawat dari dalam.

Jeruk Nipis dan Jus Pepaya

Kombinasi jeruk nipis dan buah pepaya akan memberikan asupan vitamin A dan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi kesehatan kulit yang berjerawat.

Wedang Jeruk

Khasiat yang dimiliki jeruk nipis sama halnya dengan lemon. Agar vitamin C yang terkandung di dalamnya aktif, seduh irisan jeruk nipis ini dengan air hangat. Campurkan pula madu sebagai pemanis pengganti gula pasir, karena madu juga berkhasiat untuk mengatasi wajah berjerawat.

Kunyit Asam

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan dalam kunyit mampu lindungi kulit kita dari radikal bebas, bakteri, dan jamur penyebab jerawat.

Air Hangat

Seperti diketahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mendetoks tubuh sebagai salah satu cara dalam mengatasi wajah berjerawat.

Namun, air putih hangat memiliki kemampuan lebih untuk mendetoksifikasi kulit, sekaligus menyehatkan pencernaan. Sementara, air putih yang dingin justru akan membuat minyak jadi mengeras dan akan menimbulkan lemak dalam pencernaan. (Eva/R3/HR-Online)