Mengemas Barang Bawaan Traveling dengan Rapi, Begini Caranya

Bingung Cara Mengemas Barang Bawaan
Ilustrasi barang bawaan traveling. Foto: Istimewa

Mengemas barang bawaan traveling bukanlah hal yang mudah. Bahkan, hal ini menjadi aktivitas yang sangat sulit, khususnya bagi Anda yang sering membawa banyak barang saat traveling. Anda harus bisa memilih dan memilah barang yang memang harus dibawa atau ditinggalkan. 

Selain itu, Anda juga harus bisa mengemas barang bawaan tersebut sehingga Anda tetap nyaman saat traveling. Anda pun bisa menghemat biaya bagasi jika Anda traveling menggunakan pesawat. Berikut ini beberapa trik mengembas barang bawaan traveling.

Mengemas dengan Metode Menggulung 

Salah satu teknik yang harus Anda gunakan saat mengemas barang bawaan traveling adalah teknik menggulung. Teknik ini sangat cocok untuk jenis barang yang sifatnya lentur dan mudah dilipat seperti pakaian, handuk, dan celana. 

Caranya, lipat terlebih dahulu pakaian Anda kemudian gulung dengan rapi. Teknik ini lebih baik jika dibandingkan dengan teknik melipat karena teknik gulung lebih hemat tempat.

Dengan teknik menggulung Anda bisa membawa lebih banyak pakaian. Semakin kecil gulungan semakin baik sehingga Anda bisa menempatkannya di ruang-ruang sempit dalam tas. 

Mengemas dengan Metode Tetris atau Susun

Metode ini masih berhubungan dengan cara mengemas barang bawaan traveling dengan metode menggulung. Dalam mengemas barang bawaan traveling metode tetris atau susun, Anda harus menggunakan metode gulung terlebih dahulu. 

Setelah semua pakaian tergulung dengan baik dan rapi, masukkan ke dalam tas traveling Anda dengan menggunakan metode tetris atau susun. Selayaknya bermain tetris, susun semua pakaian yang sudah digulung tersebut dengan menumpuknya di dalam tas. Usahakan semua ruang sempit atau kosong dalam tas tertutupi dengan gulungan pakaian. 

Cara ini juga memungkinkan Anda membawa lebih banyak pakaian di dalam tas traveling. Mengemas barang bawaan traveling dengan metode tetris ini sangat cocok untuk Anda yang harus membawa pakaian lebih banyak karena akan berlibur untuk waktu yang agak lama.

Teknik ini membantu Anda membawa lebih banyak pakaian tanpa harus menambah jumlah tas yang harus Anda bawa saat traveling. 

Mengemas Barang Bawaan Traveling dengan Metode Lipat 

Tentu saja, teknik lama ini tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja. Ada beberapa barang bawaan yang sulit untuk digulung. Jika Anda menggulung barang tersebut justru akan menyulitkan Anda untuk mengemas barang bawaan traveling. 

Teknik lipat ini cocok untuk Anda yang ingin membawa pakaian berat dan besar seperti jaket atau jumper. Anda cukup melipatnya seperti biasa dan pastikan rapi sebelum dimasukkan ke dalam tas traveling.

Anda bisa menyusunnya berselang-seling dengan pakaian yang sudah Anda gulung. 

Mengemas Barang Bawaan Traveling dengan Metode Prioritas 

Sesuai dengan nama tekniknya, maka Anda diharuskan mengemas berdasarkan prioritas barang bawaan tersebut.

Contohnya, masukkan terlebih dahulu barang yang akan dipakai terakhir atau tidak terlalu penting. Sebaliknya, tempatkan barang yang paling penting di bagian atas tas traveling Anda.

Teknik ini bisa Anda gabungkan dengan teknik mengemas barang bawaan traveling dengan metode gulung dan lipat. Mengemas barang bawaan traveling dengan teknik ini sangat bermanfaat.

Karena memudahkan Anda untuk mengambil barang dalam tas saat Anda membutuhkannya sewaktu-waktu. Anda tidak perlu mengeluarkan atau mengacak-acak semua barang dalam tas.

Mengemas dengan Metode Mengenakannya

Tidak semua barang bawaan traveling harus Anda masukkan ke dalam tas. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan saat mengemas barang bawaan traveling adalah metode mengenakannya.

Ya! Anda hanya perlu mengenakan barang tersebut sehingga Anda masih punya cukup ruang untuk membawa barang penting lainnya dalam tas. 

Metode ini bisa Anda terapkan untuk barang bawaan yang sifatnya tebal, berat, atau mudah rusak. Misalnya, ketimbang melipat atau menggulung mantel atau jaket dalam tas, akan lebih baik jika Anda mengenakannya saja.

Sama halnya dengan barang kecil lainnya jam tangan, topi, atau syal yang mana akan lebih baik jika Anda langsung mengenakannya saat traveling.    

Sekarang, Anda tidak perlu kebingungan lagi jika harus membawa beberapa barang bawaan untuk traveling.

Cobalah metode mengemas barang bawaan traveling di atas. Traveling Anda pun akan jauh lebih nyaman dan semua barang yang Anda butuhkan sudah ada dalam tas. (R10/HR-Online)