Mengenal Aplikasi Kontool Asal Jerman yang Sempat Viral

Aplikasi Kontool
Aplikasi Kontool asal Jerman. Foto: Net/Ist

Aplikasi Kontool, salah satu aplikasi asal Jerman sempat viral pada awal September lalu. Sejumlah warganet membicarakan aplikasi yang satu ini di berbagai media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Hal ini wajar lantaran arti aplikasi Kontool ini memiliki makna berbeda antara orang Indonesia dan Jerman.

Bahkan beberapa akun sempat berkomentar pada akun Facebook perusahaan vendor Aplikasi Kontool ini. Beberapa komentar mendukung aplikasi ini agar tumbuh besar dan kokoh. Jika Anda orang Indonesia, bisa jadi komentar tersebut menimbulkan arti berbeda di benak Anda.

Dikutip dari laman Kontool, berikut beberapa fakta terkait aplikasi yang mencuri perhatian warganet Indonesia ini:

Aplikasi Bisnis Asal Jerman

Dari situs CrunchBase, tercatat startup ini didirikan pada 1 April 2012 dan berpusat di Berlin Jerman. Aplikasi buatan Jerman ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi para akuntan. Aplikasi ini membantu para akuntan dengan menganalisis dan menyajikan angka bisnis dalam media grafis yang fleksibel.

Aplikasi ini menggunakan teknologi dalam jasanya, diantaranya Google Analytic, WordPress dan Vimeo. Sementara dalam website, aplikasi ini menggunakan 35 teknologi, diantaranya iPhone/Mobile Compatible, Viewport Meta dan SSL by Default.

Aplikasi Kontool merupakan system pengendalian ponsel yang dikembangkan perusahaan Kantiko GmbH. Pembuatan aplikasi ini didasarkan pada pengendalian perusahaan.

Dalam laman Kontool disebut, barang siapa yang ingin mengendalikan perusahaan agar sukses, maka harus mengetahui data dan koneksi bisnis. Karena itu aplikasi ini dibuat untuk menyajikan informasi seputar bisnis dengan mudah, cepat dan aman.

Kontool bahkan disebut sebagai perangkat lunak yang menggabungkan target dan pengalaman konsultasi terkait bisnis.

Aplikasi ini diklaim bisa menunjukkan indicator akurat terkait kondisi bisnis penggunanya. Selain itu, aplikasi ini membantu mepresentasikannya denegan mudah dan memiliki fitur perencanaan yang berguna untuk masa depan perusahaan.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini bisa diandalkan untuk meninjau kondisi keuangan perusahaan kapan saja dan di mana saja. Serta diklaim bisa memberikan dasar yang akurat utuk pertanyaan terkait masalah perusahaan.

Fitur dalam Aplikasi Kontool

Terdapat beberapa fitur dalam aplikasi ini yang diklaim berguna untuk kepentingan bisnis. Pertama fitur yang berkaitan dengan Kejelasan. Pada fitur ini, Kontool dapat menganalisis metric bisnis utama dan simpulan yang fleksibel dan tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kedua adanya fitur yang disebut Kesederhanaan, lantaran antar muka yang intuitif dan juga jelas. Layaknya permainan anak-anak, sehingga segala evaluasi, baik laporan, perbandingan, maupun grafik bisa dihasilkan secara otomatis.

Ketiga ada fitur yang disebut Dapat Direncanakan. Dengan fitur dalam Aplikasi Kontool ini, para penggunanya bisa merencanakan masa depan perusahaan dengan beberapa klik saja.

Keempat, adanya Kemampuan Penyesuaian Kontool yang dapat disesuaikan untuk setiap perusahaan yang berbeda. Ada juga fitur Kualitas Data yang memungkinkan penggunanya untuk melacak perkembangan perusahaan.

Penamaan Aplikasi Kontool yang Kontroversial

Di Indonesia, arti aplikasi Koontol disamakan dengan alat kelamin pria. Namun, dalam situsnya disebutkan, Kontool dalam bahasa Jerman berasal dari dua kata, yakni Konto artinya rekening atau akun dan Tool yang berarti alat.

Lantaran diserbu warganet dari Indonesia, laman Facebook Kontool membuat klarifikasi. Pihak aplikasi asal Jerman ini mengaku senang mendapat sambutan dari warganet Indonesia. Mereka juga telah mengetahui asosiasiasi nama Aplikasi Kontool dalam bahasa Indonesia.

Mereka juga menyebut arti logo yang dipakai dalam aplikasi, yang berarti lebih besar dan lebih kuat. Maksudnya ditujukan pada pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini, maka perusahaannya akan lebih besar dan lebih kuat.

Dalam klarifikasi di laman Facebooknya itu, pihak perusahaan mengaku akan mengganti nama aplikasi Kontool ini jika mereka akan memasuki pasar Indonesia. Namun mereka terlebih dahulu akan

“Ketika kami datang pada pasar Indonesia. Kami pikir kami harus menemukan nama baru. Tapi pertama-pertama kami akan menaklukkan pasar Jerman. Salam untuk Indonesia dari Berlin,” tulis aplikasi Kontool setelah laman komentar mereka dibanjiri warganet dari Indonesia.

Layak untuk ditunggu ya, kira-kira nama apa yang diberikan perusahaan jika aplikasi Kontool masuk pasar Indonesia? (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...