Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisMengenal Layang Lakbok Festival di Ciamis

Mengenal Layang Lakbok Festival di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Layang Lakbok Festival yang berlangsung pada 27-28 September 2019 di Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis bakal dihadiri Gubernur Jawa barat Jabar Ridwan Kamil, serta ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam Layang Lakbok Festival yang berbarengan dengan Jambore Desa tingkat Jabar ini akan digelar pawai kebudayaan yang diikuti oleh puluhan daerah yang ada di Jawa Barat. Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil juga dikabarkan bakal membuka festival layang malam hari yang berlangsung di tengah sawah itu.

Pantauan HR Online di lapangan pada Kamis (26/9/2019), puluhan warga dan panitia melakukan doa bersama dengan melantunkan kalimat tahlil yang dipimpin langsung Kiai Hanifudin Al Fadil, salah satu Pengasuh Ponpes Roudlotul Huda Kalapasawit. Mereka berdoa agar kegiatan yang berbasis masyarakat dan mengenalkan potensi wilayah Lakbok ini diberikan kelancaran.

Di lokasi yang sama, sekitar 95 layangan tampak sudah mengudara mengikuti lomba yang sudah dibuka oleh panitia. Sedangkan stand kuliner yang didominasi terbuat dari bambu dan jerami itu sudah tampah dipenuhi para pedagang yang berasal dari warga sekitar.

Pipit haryadi, Panitia Layang Lakbok Festival, mengatakan, festival yang berbasis masyarakat tersebut dikelola oleh warga sekitar dari berbagai latar belakang. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, festival yang kedua ini disambut antusias banyak kalangan, termasuk dari Pemprov Jabar.

“Layang Lakbok ini memiliki pesan tersendiri bagi kami. Selain menjadi tradisi ketika masyarakat setelah panen sambil menunggu turunnya hujan, ini juga menjadi sarana warga asal Lakbok yang berada di luar daerah untuk berkunjung ke rumah sendiri. Artinya, sejauh apapun mereka pergi dari sini, pasti akan kembali. Nah alatnya supaya mereka kembali kegiatan ini,” tutur Pipit kepada HR Online.

Selain menjadi sebuah kegiatan untuk memupuk kebersamaan, lanjut Pipit, Layang Lakbok Festival ini juga diharapkan bisa memberikan dampak baik bagi masyarakat sekitar, baik di bidang ekonomi, pembangunan infrastruktur juga dalam hal budaya.

Sebagai kawasan yang dikenal lumbung padinya Ciamis, Pipit berharap potensi-potensi yang ada di Lakbok bisa dikembangkan lagi, terutama di bidang pertanian serta bidang lainnya.

“Kita juga memiliki relasi dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki kesamaan tujuan untuk mengenalkan potensi daerah. Dalam Layang Lakbok Festival ini juga selain melibatkan masyarakat, kita juga menghadirkan teman-teman dari luar daerah untuk ikut serta dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online) 

- Advertisment -