Minuman Sehat Detox Smoothies, Cara Cepat Bersihkan Racun dari Tubuh

minuman sehat detox smoothies
Ilustrasi minuman sehat detox smoothies. Foto: Istimewa

Minuman sehat detox smoothies menjadi salah satu cara mudah dan cepat untuk membersihkan tubuh Anda. Minuman sehat dari bahan buah dan sayuran ini dipercaya mampu membersihkan tubuh dari berbagai macam racun akibat radikal bebas serta racun yang berasal dari bahan makanan. 

Cara ini juga sangat mudah dilakukan khususnya bagi Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat. Yang paling penting, rasa smoothies sehat ini nikmat, sehingga Anda bisa mengkonsumsinya kapan saja dan dimana saja tanpa ragu-ragu. 

Terbuat dari Buah-Buahan dan Sayuran

Membuat minuman sehat detox smoothies sangatlah mudah dan praktis. Karena bahan dasarnya adalah buah-buahan. Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan beragam buah dan sayuran. Misalnya, Anda bisa mencampurkan sayur kale dan pisang, pisang dan mangga, strawberry dan oat, dan lain sebagainya.

Agar merasakan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda membuat smoothies dengan menggunakan bahan-bahan yang organik. Buah dan sayur organik terbebas dari bahan kimia berbahaya sehingga lebih sehat. Nutrisi yang ada dalam bahan tersebut pun tetap terjaga. 

Cara Membuat Minuman Sehat Detox Smoothies 

Anda tidak perlu menjadi seorang chef handal hanya untuk membuat minuman sehat detox smoothies. Minuman ini bisa dibuat oleh siapapun yang ingin memulai gaya hidup sehat.

Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan buah dan sayur yang akan digunakan sebagai smoothies. Misalnya, Anda bisa menyiapkan buah seperti pisang atau nanas serta sayur kale sebagai bahan utamanya. 

Kedua, potong kecil-kecil buah dan sayur tersebut. Tujuan dari memotong kecil-kecil adalah untuk memudahkan proses penghancuran menjadi smoothies nantinya. Ketiga, siapkan pula bahan pendukungnya seperti coconut milk, susu almond, susu kedelai, atau susu rendah lemak. 

Keempat, masukkan semua bahan ke dalam blender. Hancurkan semua bahan dan biarkan tercampur rata. Setelah halus dan tercampur rata, tuang dalam gelas dan minuman sehat detox smoothies siap untuk dinikmati. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Detox Smoothies  

Agar detox smoothies Anda bekerja secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

Cuci bersih buah dan sayur sebelum digunakan 

Jangan lupa mencuci sayur dan buah sebelum digunakan sebagai smoothies. Gunakan air mengalir agar semua bahan kimia yang terkandung dalam bahan hilang. Cuci beberapa kali khususnya jika Anda tidak menggunakan bahan organik 

Gunakan Bahan Organik

Agar hasil minuman sehat detox smoothies lebih maksimal, ada baiknya menggunakan bahan-bahan organik. Bahan-bahan organik dinilai lebih sehat, karena tidak menggunakan zat kimia berbahaya bagi tubuh.

Perlu diingat jika tujuan smoothies ini adalah untuk membersihkan atau mendetox tubuh bukan untuk menambah zat berbahaya dalam tubuh.

Jangan Menggunakan Pemanis Buatan 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat membuat minuman sehat detox smoothies adalah bahan tambahan yang dicampurkan. Jangan campurkan bahan yang akan merusak proses detoksifikasi, misalnya gula. Kandungan gula justru akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda. Detox smoothies Anda pun tidak ada artinya. 

Jika ingin menggunakan pemanis, gunakan pemanis alami seperti madu asli atau kurma. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat, seperti antioksidan yang tinggi yang mendukung proses detoksifikasi Anda. 

Jangan Menyimpan Smoothies Terlalu Lama

Untuk hasil yang maksimal, Anda harus menghabiskan minuman sehat detox smoothies setelah Anda membuatnya. Sebaiknya tidak menyimpan smoothies terlalu lama. Setidaknya, Anda harus menghabiskan smoothies kurang dari 6 jam setiap harinya. Jika sudah terlalu lama, buatlah detox smoothies yang baru. 

Waktu Terbaik Mengkonsumsi Smoothies 

Lalu, kapan waktu terbaik mengkonsumsi detox smoothies? Salah satu waktu yang tepat untuk mengkonsumsi smoothies adalah di pagi hari. Minum smoothies saat perut Anda kosong karena minuman sehat ini dapat menggantikan sarapan. Dengan mengkonsumsi smoothies, Anda tidak akan mudah lapar hingga siang hari. 

Sebenarnya, Anda bisa mengkonsumsi minuman sehat detox smoothies kapanpun Anda suka. Karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Smoothies bisa dikonsumsi saat akan olahraga atau setelah olahraga. 

Bahkan, Anda bisa mengkonsumsinya disela-sela aktivitas harian yang sangat padat. Cukup masukkan smoothies ke dalam botol minum kemudian Anda bisa membawa botol tersebut kemanapun Anda mau.

Intinya, membuat minuman sehat detox smoothies sangat mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi smoothies tersebut secara teratur. Kemudian, imbangi konsumsi smoothies dengan gaya hidup sehat seperti makan sehat, tidur cukup, olahraga, serta tidak mudah stress. (R10/HR-Online)