Oi dan Pemuda Pancasila Kota Banjar Bersihkan Sampah di Sungai Ciroas

Oi dan Pemuda Pancasila di Kota Banjar Bersihkan Sampah di Sungai Ciroas
Aksi bersihkan sampah di Sungai Ciroas dilakukan oleh BPK Oi (Orang Indonesia) Kota Banjar, bekerjasama dengan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (15/09/2019). Photo : Sugeng Pangestu/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Aksi bersihkan sampah di Sungai Ciroas dilakukan oleh BPK Oi (Orang Indonesia) Kota Banjar, bekerjasama dengan PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (15/09/2019).

Aksi bersihkan sampah di Sungai Ciroas, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Kota Banjar saat musim hujan tiba.

Dengan penuh semangat, mereka bergerak mengangkat sampah yang menumpuk dan membusuk di sungai dan di sisi kanan kiri bantaran.

Ketua BPK Oi Kota Banjar, Teguh Mochamad Ichsan, mengatakan, sejak tahun 2011, pihaknya sudah biasa menjalankan kegiatan bersih-bersih lingkungan, sesuai dengan agenda kegiatan Oi yang dinamakan SOPAN (Seni Olahraga Pendidikan Ahlak dan Niaga)

“Sampah yang tidak dibersihkan dapat mencemari lingkungan, misalnya bau busuk. Sedangkan, sampah plastik yang sulit terurai dapat menyebabkan banjir. Kami berharap adanya kegiatan ini bisa membuat warga sadar untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai,” kata Teguh.

Senada disampaikan Ketua PAC PP Kecamatan Pataruman, Asep Hendra, bahwa penumpukkan sampah di Sungai Ciroas itu disebabkan masih banyaknya warga yang kurang memahami bahaya membuang sampah ke sungai.

“Dengan kegiatan ini, kami mengajak warga untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena, membuang sampah sembarangan ke sungai dapat menyebabkan banjir dan juga menimbulkan pencemaran lingkungan,” tandas Asep.

Di tempat yang sama, Aep, salah seorang anggota ormas, menambahkan, bahwa pihaknya mencintai lingkungan, dan selalu membersihkan lingkungan minimal satu bulan sekali.

Pantauan HR Online, Sungai Ciroas yang kering tampak dipenuhi tumpukan sampah. Dalam aksi bersih-bersih itu, sekitar 100 orang anggota dari kedua ormas tersebut diterjunkan untuk membersihkan aliran Sungai Ciroas yang dipenuhi sampah. (Sugeng/R3/HR-Online)