Dishub dan Organda Ciamis Ciptakan Terobosan Baru dengan Luncurkan Angkot Ber-AC

Angkot ber-AC
Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Ciamis saat memperkenalkan Angkot ber-AC atau angkutan kota (angkot) dengan layanan AC (Air Conditioner), Selasa (17/09/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Ciamis Jawa Barat meluncurkan terobosan atau inovasi baru Angkot ber-AC atau angkutan kota (angkot) dengan layanan AC (Air Conditioner), Selasa (17/09/2019). 

Sekertaris Organda Kabupaten Ciamis, Ekky Brata Kusuma, membenarkan, inovasi ini muncul untuk meningkatkan gairah para pengusaha angkot di Kabupaten Ciamis. Apalagi, saat ini banyak kendaraan roda dua maupun roda empat yang menggunakan sistem online. 

“Untuk meningkat gairah masyarakat kembali menaiki angkot, kami lakukan terobosan baru dengan meluncurkan Angkot ber-AC untuk 5 Angkot di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Ekky menuturkan, angkot yang menerima bantuan fasilitas AC memang ada kriteria tertentu dan sudah melalui seleksi. Dari hasil seleksi, ada 5 angkot yang menerima bantuan tersebut. Diantaranya angkot 01, 07, 09 dan angkotan desa . 

“Bantuan AC kali ini baru ada 5. Semoga para pengusaha angkot bisa mengikuti inovasi ini. Di Priangan Timur, baru ada di Kabupaten Ciamis,” tambahnya. 

Mengenai tarif, Ekky mengungkapkan, masih menggunakan tarif lama. Meningkatnya tarif tergantung kondisi pasar asal tidak terlalu besar. Kalaupun naik Rp.1000 masih dianggap wajar karena dari segi kenyamanan akan sangat baik. 

Pada kesempatan itu, Ekky berharap, keberadaan fasilitas angkot ber-AC bisa meningkatkan pendapatan dan juga pelayanan. Terlebih, masyarakat bisa kembali menggunakan angkot. 

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Edy Yulianto, membenarkan keberadaan angkutan kota yang kini difasilitasi AC. Menurut dia, upaya tersebut untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum, khususnya angkot/ angdes.

“Organda menerima bantuan pengadaan AC untuk meningkatkan pelayanan kepada masyakat. Khususnya di angkutan umum (angkot/ angdes),” katanya. 

Menurut Eddy, penerima bantuan fasilitas AC dibagi beberapa kriteria khusus dan ditentukan oleh organda. Selain AC, angkot tersebut juga dilengkapi alat pemadam kebakaran, tempat sampah, seragam pengemudi dan tanda pengenal.

“Dengan Angkot ber-AC ini diharapkan penumpang dapat naik angkot kembali dengan nyaman dan aman,” katanya. (Fahmi/Koran-HR)