Pabrik Albasia di Ciamis Terbakar

Pabrik Albasia di Ciamis
Petugas Damkar Ciamis sedang memadamkan api di Pabrik Albasia Karanglayung, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019). Foto: Pusdalops PB BPBD CIamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pabrik Albasia di Dusun Cibaregbeg RT 19 RW 09, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbaka, Selasa (10/9/2019) siang, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani, menyebut kebakaran disebabkan percikan api dari mesin pemotong kayu.

Ani mengatakan, kronologis kebakaran Pabrik Albasia di Ciamis bermula pada pukul 10.00 WIB. Seperti biasa para pekerja PT Albasi sedang beraktifitas mengoperasikan mesin multirip/gergaji pemotong kayu.

Namun di tengah-tengah aktifitas, tiba-tiba ada kayu yang selip atau tersangkut di mesin, sehingga menimbulkan percikan api hingga tersedot oleh blower.

“Awalnya tidak terlihat api akan membesar bahkan kondisi sudah dinyatakan aman oleh pihak perusahaan, namun setelah dicek kembali sekitar pukul 11.30 WIB, ternyata percikan api tersebut masuk pada saluran silo (tempat pembuangan serbuk gergaji) hingga api membesar dan membakar ruangan tersebut,” ujar Ani.

Kemudian, lanjut Ani, pihak perusahaan melaporkan kejadian tersebut kepada UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis dan BPBD Kabupaten Ciamis.

Saat ini, UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Banjar dan Tasikmalaya serta BPBD Kabupaten Ciamis terus berupaya memadamkan api.

“Api masih menyala dan masih dalam tahap penanganan, ditambah lagi lokasi jauh dari sumber air sehingga menyulitkan petugas memadamkan api,” ucapnya.

Dikatakan, jarak pabrik albasia yang terbakar ke pemukiman warga kurang lebih 700 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian ini.

Pihaknya mengimbau warga yang dekat lokasi untuk waspada, ditakutkan kebakaran meluas.

“Kami petugas BPBD dan Pusdalops terus melakukan pemantauan, hingga api dinyatakan benar-benar padam sampai ke sumber percikan api,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)