Optimisme Pemerintah Mengubah Pangandaran Menjadi Bali Kedua Indonesia

Bali Kedua Indonesia
Ilustrasi penataan kawasan pantai Pangandaran yang bakal menjadi Bali Kedua Indonesia. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Penataan Pantai Barat dan Timur Pangandaran dari bantuan sebesar Rp 80 miliar dari Provinsi Jawa Barat merupakan bagian upaya menjadikan kabupaten di ujung timur Jawa Barat ini sebagai Bali kedua Indonesia.

Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata, mengatakan, pembangunan proyek penataan ini sudah berlangsung sekitar 3 minggu.

“Kami harap, nanti di bulan Desember 2019 sudah bisa selesai agar nanti tahun baru penampilannya sudah berbeda. Tentunya kita optimis Pangandaran menjadi Bali kedua Indonesia,” tegas Jeje, Kamis (5/9/2019).

Jeje menambahkan, setelah kawasan pantai barat dan timur dipercantik, nantinya di tahun 2020 bakal dipasang break water atau penghambat ombak laut. Sementara itu, di Batu Hiu dan Pantai Karapyak juga direncanakan dipercantik lagi.

“Nanti kita juga akan tata jalan yang menghubungkan pantai Pangandaran ke Pantai Batu Hiu. Ketika sudah ditata, wisatawan bisa menikmati dan berjalan-jalan di sekitar pantai. Kita juga sedang merencanakan adanya jembatan yang menghubungkan Bojongsalawe dengan Pantai Batu Karas. Mudah-mudahan saja bisa terwujud,” imbuhnya.

Guna menunjang kawasan wisata di Pangandaran ini, kata Jeje, ia harap jalur penerbangan dari Bandung dan Yogyakarta bisa segera diadakan agar wisatawan lebih mudah menjangkau Pangandaran.

“Mudah-mudahan Pangandaran menjadi Bali kedua Indonesia bisa terwujud. Tentua semua ini harus adanya dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat Pangandaran,” pungkas Jeje. (Ntang/R6/HR-Online)