Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisPawai Taaruf Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ciamis 'Masuk' Pendopo

Pawai Taaruf Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ciamis ‘Masuk’ Pendopo

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pawai taaruf dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berlangsung meriah, Minggu (1/9/2019).

Salah satu momen istimewa adalah saat para peserta pawai dipersilakan masuk Pendopo dan bertemu Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya beserta jajarannya.

Ribuan peserta terdiri dari anak-anak dan orang dewasa mengikuti pawai taaruf mulai dari kecamatan masing-masing. Tampak peserta dari Kecamatan Ciamis, Cihaurbeuti, Cikoneng, Panumbangan, Sindangkasih, Sadananya dan Cijeungjing melintasi Pendopo.

Berangkat dari kecamatan masing-masing yang dikoordinir PHBI Kecamatan, ribuan peserta tiba di Alun-alun Ciamis. Sejumlah motor, mobil sampai kendaraan odong-odong dipersilakan masuk ke halan Pendopo Bupati dan diarahkan petugas Dishub dan Satpol PP.

Peserta pawai juga melambaikan tangan kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, beserta pejabat Pemkab Ciamis saat melintas.

Keluar dari Pendopo, peserta melanjutkan pawai taaruf menuju Jalan Jendral Sudirman, selanjutnya mereka berkeliling di wilayah perkotaan Ciamis sampai akhirnya pulang ke kecamatan masing-masing.

“Alhamdulillah tiasa (bisa) masuk ke Pendopo Ciamis, ini baru pertama kali, walau hanya melintas dan bertemu Bupati. Biasanya hanya lihat dari luar pagar kalau lewat saja, ini berkat tahun baru Islam,” ujar Suci, salah satu warga Ciamis, peserta pawai taaruf.

Suci mengaku senang mendapat kesempatan langka untuk berkunjung ke rumah orang nomor satu di Pemkab Ciamis tersebut.

“Harapannya Pemkab Ciamis sering-sering membuka dan menerima masyarakat di gedung pemerintahan, seperti di Pendopo ini, agar masyarakat dapat lebih dekat dengan pemerintah,” katanya.

Sementara, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, Tahun Baru Islam ini harus dimaknai dengan intropeksi diri, yakni dengan memperbaiki diri untuk lebih baik di tahun selanjutnya.

“Pesan saya kepada warga Ciamis di tahun baru Islam ini harus saling menghormati, menghargai, jaga persatuan dan kesatuan. Kita tidak rasis, tolak rasis. Kita ingin tetap kokoh NKRI,” ucapnya.

Herdiat juga mengapresiasi antusiasme warga Ciamis saat mengikuti pawai taaruf 1 Muharram 1441 Hijriah.

“Alhamdulillah berjalan aman, meski tadi kendaraan yang masuk pendopo mencapai ribuan namun berjalan aman dan lancar,” katanya. (Fahmi2/R7/HR-Online)

- Advertisment -