Pemkab Gandeng Komunitas dan Warga Bersihkan Pantai Pangandaran

World Clean Up Day
Sejumlah orang membersihkan pantai Pangandaran dari sampah, Sabtu (21/9/2019). Foto: Entang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sedunia atau World Clean Up Day 2019, Pemkab Pangandaran melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mengelar aksi sosial dengan membersihkan Pantai Pangandaran dari sampah, Sabtu (21/9/2019).

Ayi, Kabid Pemberdayaan, mengatakan, dalam kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah tersebut pihaknya tidak sendirian, namun juga menggandeng Forum Anak Sisi Laut Pangandaran (Fasilipa) serta sejumlah ibu Gema Panbers, Clean the City, dunia usaha serta media massa dan  lembaga masyarakat lainnya.

“Berkat koordinasi serta komunikasi, alhasil ratusan orang secara bersama-sama bergotongroyong membersihkan Pantai Wisata Pangandaran dari sampah, terutama sampah plastic,” kata Ayi.  

Kata dia, tema yang diambil pada World Clean Up Day di Pangandaran tersebut, ‘Hayu Beberesih Lur’, dengan harapan jika pantainya bersih, maka wisatawan yang berkunjung pun akan merasa betah.

“Untuk itu, kami sambil bergotong royong membersihkan sampah di bibir pantai, kami juga mengkampanyeukan agar para wisatawan ataupun pedagang dan yang lainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan mengingat di kawasan obyek wisata mesti bersih,” tegasnya.

Menurutnya, Pemkab Pangandaran telah berupaya menyiapkan tempat sampah di beberapa titik. “Pihak Pemkab Pangandaran telat menyediakan tempat sampah, karena para wisatawan maupun pedagang tidak ada lagi yang nyampah sembarangan,” pungkasnya.

Sementara itu salah seorang anggota Gema Panbers, Irna, mengatakan, komunintasnya siap untuk membantu dan bekerjasama dengan dinas manapun terlebih jika terkait masalah kebersihan.

“Kami di Gema Panbers, merupakan salah satu komunitas di Pangandaran yang sangat peduli terhadap kebersihan di kawasan obyek wisata Pangandaran. Kita siap bergerak jika dibutuhkan,” tegasnya. (Entang/R7/HR-Online)