Penemuan Teknologi Ilmuwan Islam Ini Diklaim Barat, Anda Wajib Tahu

penemuan teknologi ilmuwan Islam
Ilustrasi ilmuwan islam. Foto: Istimewa

Penemuan teknologi ilmuwan Islam yang sekian banyak terbukti berhasil mengubah dunia. Penemuan ilmuwan Islam ini mampu membantu kehidupan manusia sehari-hari. Hanya saja, tak sedikit hasil temuan teknologi tersebut yang akhirnya diklaim barat.

Seperti yang diketahui, ilmuwan Barat memang dikenal hebat dalam menciptakan teknologi-teknologi canggih. Adanya klaim teknologi yang sebenarnya ditemukan oleh ilmuwan Islam tersebut, tentu saja membuat banyak orang terkejut dan tidak tahu asal-usul sebenarnya.

Penemuan Teknologi Ilmuwan Islam yang Diklaim Barat

Di bawah ini adalah beberapa teknologi temuan ilmuwan Muslim yang diklaim ilmuwan Barat, selengkapnya untuk anda.

1. Kamera

Selama ini yang kita semua tahu, teknologi kamera ditemukan oleh Joseph Kepler. Pada tahun 1611 M, Joseph Kepler diklaim menemukan kamera Obscura. Namun kenyataannya, Ibnu Al Haitham adalah tokoh yang menemukan kamera Obscura tersebut.

Ibnu Al Haitham menemukan teknologi fotografi tersebut pada akhir abad ke-10 M. Penemuan teknologi ilmuwan Islam tersebut digunakannya untuk mempelajari fenomena gerhana matahari.

Mengenai prinsip kerjanya, cara kerja kamera Obscura terbilang sederhana. Ibnu Al Haitham membuat lubang kecil di dinding. Hal ini dilakukannya agar pergerakan matahari bisa diproyeksikan lewat permukaan datarnya.

Hasil dari penelitian yang dilakukannya, ditulis dalam Kitab Al Manazir (buku optik). Buku penemuan teknologi ilmuwan Islam itu disinyalir telah dibaca oleh Joseph Kepler. Mengetahui hal tersebut, Joseph Kepler pun mengembangkannya dengan memperbesar proyeksi gambar.

Dalam hal ini, Joseph Kepler memanfaatkan lensa negatif yang ditempatkan di belakang lensa positif. Anda tentunya terheran-heran setelah mengetahui fakta yang mengejutkan mengenai siapa penemu kamera yang sebenarnya.

2. Pesawat Terbang

Penemuan teknologi ilmuwan Islam yang diklaim ilmuwan Barat lainnya yaitu pesawat terbang. Diketahui bahwa pesawat terbang ditemukan oleh Wright Orville dan Wright Wilbur atau yang juga dikenal dengan Wright bersaudara.

Munculnya klaim tersebut bermula sejak tahun 1903, dimana Wright bersaudara berhasil melayang di udara menggunakan pesawat terbang buatannya. Namun sebelumnya, teknologi pesawat terbang sebenarnya telah ditemukan oleh Abbas bin Firnas. Tepatnya pada tahun 875 M di Cordoba, Spanyol.

Ilmuwan muslim yang menemukan pesawat terbang, Abbas bin Firnas diketahui terinspirasi setelah membaca surat Al-Mulk ayat 19. Adapun konsep pesawat terbang buatannya yaitu didesain menyerupai sayap burung. Pesawat terbang Abbas bin Firnas ini dinamakan Ornitopher.

Terkait temuan pesawat, mungkin Anda kaget bahwa pesawat merupakan penemuan teknologi ilmuwan Islam. Karena selama ini sejarah menyebutkan bahwa pesawat pertama kali diterbangkan oleh Wright bersaudara atau Orvilee Wright dan Wilbur Wright pada tahun 1903 di Amerika Serikat.

3. Metode Operasi Bedah

Ilmuwan Islam memberikan banyak warisan dalam bidang kedokteran, khususnya pada metode operasi bedah. Adapun salah satu ilmuwan Islam yang berjasa dalam bidang kedokteran yaitu Abu al-Qasim al-Zahrawi. Ia adalah pakar kedokteran Muslim dan ahli bedah terhebat di dunia Islam.

Selain bedah, sebenarnya banyak temuan lainnya terkait pengobatan yang merupakan penemuan teknologi ilmuwan Islam.

Tak hanya itu, Abu al-Qasim al-Zahrawi juga menjadi dokter istana pada masa Khalifah Abdul Rahman III. Dalam bidang pembedahan, Abu al-Qasim al-Zahrawi telah menulis banyak buku kedokteran. Selain menyusun literatur medis, ia juga menemukan alat-alat untuk pembedahan.

Di dalam bukunya tertulis secara jelas, tak kurang dari 200 alat bedah ditemukan oleh Abu al-Qasim al-Zahrawi. Adapun salah satu penemuan teknologi ilmuwan Islam tersebut yaitu alat yang mirip gunting untuk mengobati amandel dan mengatasi pasien tersedak ketika operasi.

Kemudian ada juga alat yang mirip dengan tang. Alat ini digunakan untuk membantu proses persalinan. Selain itu, ada juga pisau khusus untuk potong bisul, specula, jarum bedah, curette, retractor, kait dan pinset. Selain itu, ada juga catgut yang digunakan untuk menjahit bagian dalam tubuh manusia.

Seperti yang diketahui, alat bedah tersebut masih digunakan sampai saat ini. Sementara ilmuwan Barat mengklaim bahwa penemu metode operasi bedah yaitu dua dokter yang bernama James Sysme dan Joseph Lister.

4. Jam Mekanik

Penemuan teknologi ilmuwan Islam yang juga diklaim Barat lainnya yaitu jam mekanik. Pada tahun 1300-an M, jam mekanik ditemukan di Eropa. Hal tersebut ditandai dengan adanya bangunan lonceng raksasa di Kota Milan pada tahun 1335 M yang berdentang setiap jam.

Selain itu, hal tersebut juga ditemukan di Kota London pada tahun 1386. Dalam penemuan teknologi tersebut, Peter Henlein disebut sebagai penemunya pada tahun 1525. Padahal, jauh dari abad itu, jam mekanik sudah disebutkan sebagai salah satu penemuan teknologi ilmuwan Islam.

Diketahui, jam mekanik ditemukan oleh Ibnu Khalaf Al Muradi pada abad ke-11 M. Kala itu, ilmuwan Muslim ini membuat jam mekanik yang disebut dengan nama Taqi Al Din.

Dengan anda tahu beberapa dari sekian banyak penemuan teknologi ilmuwan Islam yang diklaim Barat di atas, anda bisa mengungkap fakta yang selama ini terpendam. (R9/HR-Online)

Loading...