Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisPenuhi Standar dan Kompetensi, Guru PAUD/TK di Ciamis Ikuti Diklat Tingkat Dasar

Penuhi Standar dan Kompetensi, Guru PAUD/TK di Ciamis Ikuti Diklat Tingkat Dasar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka menyiapkan tenaga Guru PAUD dan TK yang berkompeten dan memenuhi kualifikasi, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Diklat berjenjang tingkat dasar 2019 bagi Pendidik TK dan PAUD se Kabupaten Ciamis di Aula Disdik, Rabu (25/9/2019).

Udin Nasrudin, Ketua Panitia, mengatakan, Diklat bagi Pendidik TK maupun PAUD ini merupakan bantuan dari Dirjen PAUD agar mereka menjadi lebih profesional dan memenuhi standar kualifikasi.

“Di Ciamis masih banyak guru PAUD dan TK yang belum memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi. Selain karena kebanyakan lulusan SLTA, mereka juga belum mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar,” ujarnya.

Melalui Diklat berjenjang tingkat dasar ini, kata Udin, kompetensi guru bisa lebih meningkat lagi. Apalagi mereka harus bisa memahami 10 materi dasar yang meliputi konsep dasar PAUD, perkembangan anak, cara belajar anak usia dini (AUD), kesehatan AUD, dapat membuat rencana pembelajaran, mampu melakukan penilaian perkembangan anak, memilii etika dan karakter pendidik AUD dan lainya. 

“Apabila guru TK ataupun PAUD-nya sudah berkompeten, tentu akan menciptakan sebuah pembelajaran yang baik dan melahirkan generasi emas yang berkarakter,” ungkap Udin seraya mengatakan, setelah diklat berjenjang tingkat dasar, ada pula Diklat lanjutan dan dan Diklat mahir.

Di tempat yang sama, Plh Kasi Kurikulum PAUD Dinas Pendidikan Ciamis H Dedi Kusmana berharap, para guru TK/PAUD di Ciamis lebih berorientasi pada pendidikan karakter. Anak perlu diberikan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter, yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong.

Pasalnya, kata dia, usia anak PAUD adalah masa yang tepat untuk menumbuhkan pendidikan karakter yang baik dalam rangka mencetak generasi penerus yang berkualitas.

Menurutnya, pendidikan dasar untuk anak usia dini harus benar diperhatikan. Sebab, hal ini akan berpengaruh bagi perkembangan dan pertumbuhan anak pada usia dewasanya kelak. Sehingga para tenaga pendidik harus berhati-hati dalam memberikan materi pembelajaran kepada anak PAUD.

“PAUD ini sangat memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, karena jika anak di ajarkan ke 5 hal tadi maka anak akan terarah dan terbiasa melakukan hal yang baik. Contoh jika tenaga pendidik mengajarkan anak untuk bisa mandiri dan selalu bergotong royong maka sifat dan kebiasaan yang baik itu akan terus tumbuh,” jelasnya. (Jujang/R6/HR-Online)

- Advertisment -