Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Jitu Mengatasinya

Penyebab Ban Mobil Pecah
Ilustrasi ban mobil pecah. Foto: Istimewa

Penyebab ban mobil pecah harus diketahui oleh setiap pemilik mobil. Penyebab ban pecah belakangan kerap kali menjadi sebab banyaknya kecelakaan di jalan raya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda bisa mencegah kemungkinan pecah ban di jalan.

Selain itu, cara mengatasi ban mobil pecah juga bisa semakin mudah dilakukan apabila anda tahu penyebabnya.

Penyebab Ban Mobil Pecah

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan ban mobil bisa pecah secara tiba-tiba.

Terlalu Sering Melewati Jalanan yang Berlubang

Salah satu penyebab ban mobil pecah yaitu terlalu sering melewati jalan berlubang. Hal ini dikarenakan benturan keras yang dialami ban akan menyebabkan rajutan kawat baja menjadi putus.

Tentunya akan sangat berbahaya jika anda mengemudikan mobil dengan laju yang cepat. Perlu diketahui juga bahwa melewati jalanan yang berlubang tidak hanya membuat ban mobil menjadi pecah, tetapi juga merusak suspensi mobil.

Angin Ban Kurang

Banyak pemilik mobil yang mengira jika ban pecah karena tekanan anginnya yang berlebihan. Padahal pecah ban dikarenakan tekanan anginnya kurang. Perlu untuk anda pahami bahwa pergerakan dinding ban yang terlalu sering bisa menyebabkan kawat baja putus. Terlebih saat anginnya kurang.

Salah Pilih Jenis Ban

Salah dalam memilih jenis ban juga menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah. Maka dari itu, pastikan anda memilih jenis ban yang sesuai dengan medan jalannya. Untuk mobil dengan ban kecil misalnya, tentu tidak cocok jika digunakan untuk melaju di jalanan yang banyak lubang dan bergelombang.

Apabila anda ingin mendapatkan jenis ban mobil yang sesuai, ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Teknik Tambal Ban yang Kurang Baik

Ban mobil juga bisa pecah dikarenakan teknik tambal ban yang kurang baik. Perlu anda ketahui bahwa teknik tambal ban dengan model tusuk atau yang dikenal dengan istilah string tubeless sebenarnya bisa menyebabkan lubang bocor semakin besar, sehingga serat baja pada ban bisa terputus.

Usia Ban Sudah Kadaluarsa

Penyebab ban mobil pecah lainnya yaitu usia ban yang sudah kadaluarsa. Seperti yang kita ketahui, ban memiliki tanggal kadaluarsa. Oleh karena itu, pastikan anda cek dulu tanggal kadaluarsanya sebelum membeli. Anda bisa ketahui dari kode produksi ban yang ada di bagian sampingnya.

Untuk membedakan mana ban yang masih bagus dan ban yang sudah kadaluarsa, anda bisa cek di dindingnya. Ban yang sudah kadaluarsa memiliki dinding karet dan kawat yang kering dan getas. Maka jangan heran jika ban mobil tersebut mudah pecah.

Ada Kerikil di Tapak Ban

Kerikil yang ada di tapak atau kembang ban juga bisa menjadi penyebab ban mobil pecah dengan mudah. Oleh karena itu, kerikil yang ada di tapak ban harus dibersihkan. Jika tidak, kerikil akan membuat serat baja menjadi korosi dan melukai ban. Tentunya akan sangat berbahaya jika ban tersebut tetap digunakan.

Ukuran Pelek yang Tidak Sesuai Dengan Ban

Bagi anda yang suka memodifikasi mobil, pastikan anda memperhatikan ukuran pelek dan ban yang anda gunakan. Hal ini dikarenakan pelek dan ban berkaitan dengan keselamatan anda selama berkendara dengan mobil tersebut.

Jangan sampai anda memilih ukuran pelek yang tidak sesuai dengan ban mobil anda, misalnya terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan ban. Jika salah ukuran, dinding ban akan terlalu terbebani. Dengan demikian, ban mobil akan lebih mudah retak dan pecah.

Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab ban mobil pecah, kini saatnya anda tahu cara mengatasinya. Adapun salah satu cara yang bisa anda lakukan apabila mengalami pecah ban di jalanan, yaitu melakukan counter steering.

Anda bisa menepikan mobil di tempat yang aman. Setelah itu, anda bisa menggantinya dengan ban cadangan. Bagi yang merasa kesulitan dalam mengendalikan laju kendaraan, anda bisa menyeimbangkan bobot mobil supaya tetap rata dengan mengurangi gasnya secara perlahan.

Perlu diketahui, pecah ban bagian depan lebih berbahaya daripada ban belakang. Pasalnya, ban belakang yang pecah lebih mudah dikendalikan. Bahkan sering tidak terasa. Meski begitu, sebagai pengemudi yang baik, anda tetap harus memahami penyebab ban mobil pecah dan cara mengatasinya. (R9/HR-Online)