Penyebab Ban Motor Pecah Tiba-Tiba yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Ban Motor Pecah
Ilustrasi ban motor pecah. Foto: Istimewa

Penyebab ban motor pecah tiba-tiba saat di jalan memang beragam. Saat anda mengalami kejadian ini, tentunya anda bingung. Apalagi kalau kejadiannya saat jauh dari lokasi tambal ban atau bengkel.

Terkadang kejadian ban pecah di tengah jalan memang bikin panik. Apalagi saat kita tahu bahwa tidak ada gejala mencurigakan yang mengindikasikan ban akan pecah. Terlebih lagi bila kita lihat ban tampak masih kokoh, permukaan nya juga tebal dan tidak ada tambalan.

Pertanyaan soal penyebab ban motor pecah tentu menjadi di salah satu yang terlintas di benak kita. Bukan hanya karena benda tajam. Ban pecah atau bocor juga bisa terjadi karena berbagai macam alasan lain.

Jika penyebab itu tidak segera ditemukan solusinya, maka kebocoran yang terjadi pada ban dapat menghilangkan kontrol. Sehingga hal ini dapat membahayakan keselamatan pengendara serta pengguna jalan yang lain.

Penyebab Ban Motor Pecah di Jalan

Padahal kita sudah pakai oli motor yang terbaik, tapi kadang masalah motor tetap timbul. Itulah mengapa alasannya anda bukan hanya harus merawat mesin motor. Tapi juga wajib merawat motor secara menyeluruh termasuk bagian ban motor itu sendiri.

Ban motor bermasalah dapat beresiko tinggi pada keselamatan berkendara. Seperti masalah ban motor pecah anda harus tahu penyebabnya dan segera cari solusi terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab ban motor pecah.

1. Ban Kadaluwarsa

Ban punya waktu kadaluwarsa? Ternyata benda mati yang tidak dikonsumsi seperti ban juga punya masa kadaluwarsa. Oleh sebab itu, sebelum anda membeli ban pastikan lebih dulu ban tidak kadaluarsa. Jangan sampai lengah karena tergiur harga yang murah yang ditawarkan. Sekalipun ban tersebut adalah jenis ban bermerek.

Cara untuk mengetahui apakah ban tersebut kadaluarsa atau tidak biasanya kode produksi ban tertera di bagian samping. Biasanya kode produksi ban jumlahnya 5 sampai 8 digit. Tapi ada juga yang memakai standar internasional 4 digit. 4 digit terbagi dengan 2 digital di awal yang menunjukkan minggu pembuatan dan 2 digit dibelakang yang menunjukkan tahun pembuatannya.

Cara menghilangkan biasanya masa penggunaan maksimal ban adalah 6 tahun. Jika kode yang tertera dalam ban sudah menunjukkan masa penggunaan maksimal yang berlebih itu tandanya ban sudah kedaluwarsa. 

Dinding karet dan juga kawat pada ban yang kadaluarsa cenderung kering dan getas. Jadi ban akan rentan pecah jika tetap dipakai. Ini bisa jadi penyebab ban motor pecah secara tiba-tiba.

2. Pengisian Angin Tidak Sesuai Standar

Setiap motor tentu punya standar pengisian angin yang berbeda satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan anda mengisi angin sesuai aturan yang sudah ditentukan.

Bila tekanan angin terlalu tinggi maka ban motor rentan timbul benjolan. Kalau sudah seperti itu resiko ban pecah akan semakin tinggi.

3. Sering Lewat Jalan Berlubang

Di samping komponen ban anda juga harus perhatikan gaya anda didalam menyetir. Usahakan jangan terlalu sering menghajar jalan berlubang. Sebab hentakan keras ketika motor menghajar lubang bukan hanya bisa merusak motor, tersebut tapi juga merusak ban.

Hal ini dikarenakan benturan keras ban dengan lubang jalanan bisa mengakibatkan rajutan kawat di dalam ban rusak. Jika hal itu terjadi dan motor dipacu dengan kecepatan tinggi bisa berpotensi pecah ban.

4. Terkena Benda Tajam

Benda tajam sering menjadi masalah utama dari bocornya ban pada motor. Pecahan beling, kaca, paku, sampai benda tajam lain seperti bebatuan atau kerikil bisa melukai bahkan melubangi dan motor anda.

Permasalahan ban bocor karena benda tajam sering dialami ban belakang. Sebab beban berat ditanggung lebih besar di ban belakang. Menambal ban bisa jadi solusi sementara agar memperbaiki kebocoran.

5. Penggunaan Ban tidak Berkualitas

Kadang kita akan tergiur dengan penjual ban yang memberikan harga murah namun mengaku barangnya berkualitas. Padahal ini memang patut dicurigai.

Biasanya ban dengan harga murah punya bagian yang berlubang atau ada keretakan padabagian tertentu. 

Salah satu yang menjadi penyebab ban motor pecah adalah penggunaan ban dengan kualitas buruk. Bila harga ban jauh dibawah harga standar anda patut curiga. Anda juga harus waspada dengan produk gagal. Jadi jangan tergiur dengan harga murah. (R9/HR-Online)