Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Saat Digas

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin
Ilustrasi Sepeda Motor. Foto: Istimewa

Bagi anda yang setiap harinya menggunakan sepeda motor untuk menunjang segala aktivitas, pastikan anda tahu penyebab motor mati seperti kehabisan bensin. Tak bisa dipungkiri, ada kalanya motor mati meski bensin terisi penuh.

Jika bahan bakar lupa diisi, wajar saja apabila motor mati. Untuk mengatasinya, anda tinggal isi bensin. Namun, anda pastinya heran jika hal tersebut anda alami tanpa ada masalah dalam hal bahan bakarnya.

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan motor mati seperti kehabisan bensin yang sebaiknya anda tahu.

Pilot Jet Motor Mampet

Salah satu hal yang membuat motor anda tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin yaitu pilot jetnya yang mampet. Pilot jet itu sendiri adalah bagian yang berfungsi untuk mengalirkan bensin ke intake manifold.

Dengan diameter sekitar 2-3 mm, bensin tentunya akan lebih sulit mengalir apabila salurannya mampet. Dikarenakan bensin terhenti, maka proses pembakaran untuk menghidupkan mesin motor tak bisa dilakukan.

Adapun salah satu hal yang menyebabkan sumbatan pada pilot jet motor yaitu kotoran yang dibawa bensin. Maka dari itu, pastikan anda lebih cermat dalam membeli bensin.

Dalam membeli bensin, anda harus memastikan bahwa bensin yang akan digunakan benar-benar bersih. Dengan demikian, anda tak akan mengalami permasalahan yang satu ini.

Busi Bermasalah

Selain mampetnya pilot jet motor, penyebab motor mati seperti kehabisan bensin lainnya yaitu busi bermasalah. Busi itu sendiri adalah komponen yang ada di dalam sepeda motor dengan fungsi untuk menghasilkan percikan api.

Dengan adanya busi, maka proses pembakaran bahan bakar bisa berjalan secara baik. Motor yang anda miliki pun bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Apabila busi bermasalah, misalnya kabel terputus atau sudah aus, maka motor bisa mati secara mendadak. Sebagai bentuk antisipasi, anda harus selalu mengecek kondisi busi motor anda.

Pastikan anda selalu membersihkan busi saat mulai kotor. Selain itu, anda juga perlu merawat busi dengan mengganti kabelnya yang terputus.

Cop Busi Tidak Rapat

Cop busi yang dipasang secara tak rapat juga menjadi salah satu penyebab motor mati seperti kehabisan bensin. Pasalnya, cop atau yang juga dikenal dengan cangklong busi ini bisa terkena rembesan air apabila tak tertutup rapat.

Untuk mengatasi cop busi terkena rembesan air, pastikan anda membeli cop busi yang dilengkapi dengan karet pelindung. Selain itu, cermati sambungan ke kabel koilnya dan pastikan rapat.

Selain menggunakan cop busi lain, anda sebenarnya juga bisa mengatasinya dengan memodifikasi cop standarnya. Dalam hal ini, anda hanya perlu menutup sambungan antara kabel dengan kelapa busi.

Agar kedap air, anda bisa menutup bagian tersebut menggunakan isolasi dan kabel tis. Dengan cara ini, motor anda tak akan mogok lagi, tak terkecuali saat melewati banjir sekalipun.

Mesin Motor Overheat

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin yang satu ini tentu bukan menjadi rahasia lagi. Motor yang sudah terlalu panas karena menempuh perjalanan panjang tanpa istirahat memang bisa tiba-tiba mogok.

Selain itu, mesin motor yang terlalu panas juga bisa disebabkan karena jumlah oli yang kurang dari standarnya dan bahkan tidak memiliki mutu bagus. Jika dipaksakan menggunakan oli tersebut, nantinya gesekan piston di dalam mesin jadi tak terlindungi.

Apabila tak segera ditangani, maka mesin akan memiliki suhu tinggi dan menyebabkan piston macet. Dengan demikian, motor anda bisa mati di tengah jalan karena tak ada tenaga yang dihasilkan.

Ventilasi Tangki Bensin Tersumbat

Tersumbatnya ventilasi tangki bensin juga menjadi salah satu penyebab motor mati. Untuk memastikannya, anda tinggal melihat penutup tangkinya.

Dalam penutup tangki tersebut, anda akan menemukan lubang ventilasinya yang berfungsi untuk menyamakan tekanan yang ada di luar dan di dalam tangki.

Apabila ventilasi tersebut tersumbat, maka tak akan ada lagi sirkulasi udara. Dengan demikian, bensin bisa tertahan di dalam tangki sehingga proses pembakaran menjadi terhambat.

Beberapa penyebab motor mati seperti kehabisan bensin di atas penting untuk anda pahami. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah dalam mengatasi nantinya. Anda juga tak perlu bingung ketika dihadapkan dengan masalah ini. (R9/HR-Online)