Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Wasir Gara-gara Sering Main HP di Toilet, Mitos atau Fakta?

Penyebab Wasir Gara-gara Sering Main HP di Toilet, Mitos atau Fakta?

Penyebab wasir salah satunya adalah duduk terlalu lama. Biasanya duduk terlalu lama yang menyebabkan wasir ini orang dengan pekerjaan kantoran atau driver. Namun, untuk orang yang sering membawa HP ke kamar mandi ketika buang air besar (BAB), juga bisa akan terkena.

Kebiasaan orang membawa HP ketika sedang BAB baik itu di kloset jongkok atau duduk, saat ini bukan perkara aneh. Pasalnya, buang air besar pasti memerlukan waktu yang tidak sebentar, jadi untuk mengisi rasa jenuh kebanyakan akan bermain ponsel.

Dengan canggihnya ponsel zaman sekarang ini, yang di dalamnya sudah disediakan berita, game, video, tentu bisa sebagai obat “penunggu”.

Padahal, dengan jongkok atau duduk dalam durasi yang tidak sebentar ini, tekanan pada pembuluh darah pada sekitar anus bakal mengalami peningkatan atau membengkak. Dan itu sebagai salah satu penyebab wasir.

Melansir dari Medical Daily, dengan “adat” yang sering dilakukan itu bisa memperparah bagi yang sudah terkena ambeien.

Bukan hanya jongkok atau duduk dengan waktu yang tidak sebentar saja, penyebab wasir ini juga bisa diakibatkan karena mengejan dengan terlalu keras dan durasi yang lama.

Kebiasaan main HP saat BAB, oleh konsultan bedah umum dan anus dari Pantai Medical Center, Malaysia, Dato’ Dr. Meheshinder Singh, menyebutnya sebagai Toilet Newspaper Syndrome.

Sementara Dr. Karen Zaghiyan, seorang ahli bedah anus (kolorektal) seperti dikutip Health Line mengungkapkan, penyebab wasir itu sebetulnya bukan dari bermain ponsel, namun yang menjadi penyebab utamanya adalah jongkok atau duduk dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Menurutnya, ketika mengoperasikan HP di toilet bisa membuat lebih betah, layaknya di kamar tidur. Itulah yang menjadikan duduk bisa dengan waktu yang lama. Apabila terlalu sering melakukan kebiasaan tersebut, maka penyebab wasir tidak akan dihindari.

Ambeien terjadi karena tidak lancarnya aliran darah, sehinga mengakibatkan darah bakal tertumpuk dan akhirnya terjadi bengkak, kemudian ada rasa gatal dan sakit serta feses yang keluar itu ada darahnya.

Penyebab Wasir Lainnya

1. Sembeli Parah

Sembelit yang parah atau kronis bisa menjadi penyebab wasir atau ambeien. Pantangan dari yang mempunyai sembelit kronis ini adalah, ketika buang air besar mengejannya terlalu keras.

Feses susah keluar karena lemahnya fungsi dari usus, jadi akibatnya bentuk fesesnya keras dan sangat padat. Sehingga saat menekan ketika “ngeden” inilah yang perlahan-lahan  menjadikan pembuluh darah pada rektum serta anus bengkak.

2. Angkat Beban Berat

Penyebab wasir lainnya adalah mengankat beban yang berat secara terus menerus. Sehingga dengan begitu dapat membuat otot serta pembuluh darah pada rektum menjadi tegang.

Saat mengangkat benda yang berat membuat tekanan menjadi kuat, dan tanpa disadari bakal menghalangi aliran darah pada seputra anis, maka timbullah benjolan yang menyebabkan ambeien.

3. Pola Makan dan Hidup

Tubuh snagat memerlukan makan yang berserat. Jika asupan serat itu kurang, maka proses pencernaan akan bermasalah.

Untuk makanan yang rendah akan serat ini sangat beresiko terhadap tubuh Anda, salah satunya adalah sembelit, yang tentunya bisa menjadi penyebab wasir.

Selain itu, kurang minum juga bisa menyebabkan ambeien. Hal itu disebabkan, kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh maka terjadi dehidrasi dan dapat menyebabkan sembelit.

Untuk pola hidup seperti rajin berolahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan apabila malas melakukan gerakan fisik atau olahraga, bisa membuat menghilangnya tonus otot, salahsatunya otot anorektal yang berada di bagian rektum.

Dengan masalah tersebut, maka dapat berpengaruh terhadap fungsi saluran pencernaan, yang dampaknya tidak berjalan dengan normal dan maksimal, sehingga menyebabkan konstipasi serta diare, dan itu merupakan penyebab wasir. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru