Peringatan Tahun Baru Hijriah, SMPN 2 Ciamis Santuni Siswa Yatim

SMPN 2 Ciamis
SMPN 2 Ciamis santuni siswa yatim yang bersekolah di SMPN 2 Ciamis, Rabu (11/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriah, civitas SMPN 2 Ciamis memberikan santunan terhadap 64 siswa yatim piatu yang bersekolah di SMPN 2 Ciamis.

Kepala SMPN 2 Ciamis, Amar S.Pd M.Pd, menyebut, kegiatan bakti sosial santunan terhadap anak yatim ini rutin dilaksanakan setiap memasuki tahun baru Hijriah.

“Tahun baru islam utamanya tanggal 10 Muharram dianjurkan untuk memberikan kebahagiaan bagi anak yatim, kita sebagai warga sekolah tentu ingin berbagi agar jadi pelajaran juga bagi para murid,” kata Amar seusai kegiatan santunan yatim di masjid sekolah, Rabu (11/9/2019).

Santunan yang dimaksud Amar berupa uang tunai yang berasal dari infak dan sodaqoh rutin para guru, kencleng siswa, juga dari komite sekolah. 

Menurutnya, sudah dari dulu di SMPN 2 diterapkan kencleng di kelasya masing-masing setiap hari Jumat. Uang yang terkumpul nantinya digunakan untuk kegiatan sosial keagamaan.

“Kegiatan bakti sosial ini tentunya menjadi pembelajaran bagi para murid, agar memiliki rasa empati terhadap sesama dan tumbuh jiwa sosial untuk selalu membantu mereka yang tidak mampu,” jelasnya.

Kegiatan bakti sosial seperti ini tambah Amar, akan terus dilaksanakan sebagai salahsatu program sekolah dalam menumbuhkan karakter anak didik. Menurutnya, proses penguatan pendidikan karakter siswa harus dimulai dari para guru sebagai pendidik.

“Dengan sendirinya para murid nanti bisa memiliki karakter religius, gotong royong, integritas, dan mandiri,” ucapnya. (Jujang/R7/HR-Online)