Peringati World Clean Up Day, Ratusan Warga Ciamis Bersihkan Lingkungan Perkotaan

Peringati World Clean Up Day, Ratusan Warga Ciamis Bersihkan Lingkungan Perkotaan
Aksi bersih-bersih dilakukan warga KAbupaten Ciamis dalam memperingati World Clean Up Day, Sabtu (21/09/2019). Photo : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Memperingati World Clean Up Day, ratusan warga Ciamis, mulai dari pelajar, komunitas, hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sejumlah titik perkotaan wilayah Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/09/2019) pagi tadi.

Kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan dalam rangka memperingati World Clean Up Day itu dihadiri pula Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Sebelum melaksanakan aksi pungut sampah, para peserta terlebih dahulu berkumpul di Situs Jambansari Ciamis. Kemudian, mereka dibagi empat kelompok untuk 4 zona.

Ketua Panitia World Clean Up Day, Fina Afrianti, mengatakan, jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut kurang lebih 500 orang yang berasal dari 54 komunitas, ditambah 250 orang dari unsur PNS dan pelajar.

“Selepas dibuka oleh Bupati Ciamis, peserta langsung bergerak menyusuri jalan protokol di Ciamis dengan berbekal sapu lidi, kantong sampah dan pengki. Selain membersihkan sampah yang berserakan di jalan, beberapa lokasi strategis jadi sasaran bersih-bersih, mulai dari Alun-alun Ciamis, Stadion, Terminal, hingga Pasar Manis Ciamis,” jelas Fina.

Diharapkan dengan aksi World Clean Up Day ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah persampahan di Ciamis. Karena, pihaknya ingin membangkitkan semangat kepedulian warga untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis menjadi kota bersih.

Selain di wilayah perkotaan Ciamis, lanjut Fina, aksi bersih-bersih juga dilaksanakan di beberapa titik kecamatan di Kabupaten Ciamis, yakni di Kecamatan Cisadap, Panjalu, Kawali, Panumbangan, Nasol dan Kecamatan Banjarsari.

“Peringatan World Clean Up Day ini digelar setiap setahun sekali, namun kami akan terus melakukan aksi bersih-bersih dalam berbagai kegiatan,” kata Fina.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengakui jika permasalahan sampah bukan merupakan hal yang enteng. Karena, jika sampah dibiarkan dan tidak ada kepedulian dari masyarakat, maka bisa menjadi masalah besar. Seperti halnya di kota besar, sampah menjadi masalah krusial.

“Maka dari itu, kami mengajak dan mengimbau seluruh warga Ciamis untuk senantiasa menjaga kebersihan, ketertiban lingkungan. Tidak hari ini saja ada gerakan seperti ini, tapi harus secara terus-menerus. Paling tidak seminggu sekali. Bersih rumah, bersih lingkungan, bersih Ciamis. Kalau bersama-sama tentu semua jadi mudah,” tandasnya.

Herdiat juga mengapresiasi warga Ciamis yang telah berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih, dan berharap menjadi amal ibadah. (Jujang/R3/HR-Online)

Aegis Boost Pro