Perkebunan di Kota Banjar Terbakar, 1,5 Hektar Lahan Hangus

Wawalkot Banjar; Kekeringan di Kota Banjar Harus Ada Progres Penanganan
Kebakaran lahan menghanguskan perkebunan seluas 1,5 Hektar milik PT Pancanaka di Kota Banjar, Minggu (22/9/2019). Foto: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Kebakaran Lahan di Kota Banjar, menghanguskan perkebunan seluas 1,5 hektar, Minggu (22/9/2019).

Lahan tersebut kemudian diketahui milik perusahaan PT Pancanaka yang berada di lingkungan Pangadegan, RT 05 RW 18, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang diterima HR Online dari kepolisian Polres Banjar, kebakaran tersebut diketahui ketika salah seorang warga yang mencium aroma bakaran bahan plastik.

Ketika dia keluar rumah, terlihat api sudah membesar. Api kemudian diketahui berasal dari tanah perkebunan milik warga.

“Menurut penuturan salah satu warga, penyebab terjadinya kebakaran tersebut diketahui berasal dari warga yang membakar sampah, warga tahunya api sudah membesar,” ungkap Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana, S. I. K, melalui Kabag Ops Kompol Sindu, S. H.

Warga awalnya berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan saat memadamkan api, seorang warga sempat terkena percikan api pada bagian leher.

“Rupanya kobaran api terus menjalar dan membakar lahan, karena cuaca panas dan angin yang berhembus kencang di wilayah tersebut,” terang Kompol Sindu.

Kata dia, lantaran kebakaran lahan di Kota Banjar tersebut terus meluas, warga akhirnya meminta bantuan dari Kepolisian Polsek Pataruman dan petugas pemadam kebakaran.

“Setelah dihubungi petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi kebakaran untuk memadamkan api,” ujarnya.

Kepolisan Polres Banjar dan petugas pemadam kebakaran dibantu warga setempat akhirnya berhasil memadamkan kobaran api yang membakar perkebunan tersebut.

Kompol Sindu mengatakan, semua jenis bencana penyebabnya adalah ulah manusia. Dia menyebut contoh kerusakan lingkungan dan kebakaran yang menurutnya mengancam keselamatan warga.

“Oleh karena itu, diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kota Banjar agar kejadian serupa tidak terulang. Hati hati bahaya membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan sehingga dapat memicu kebakaran hutan atau lingkungan,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)