Petani Mandiri di Kota Banjar Panen Raya Bawang Merah, Sayang Harganya Sedang Turun

Petani Mandiri di Kota Banjar Panen Raya Bawang Merah 2,5 Ton
Para petani di Desa Binangun, Kota Banjar, sedang melakukan panen bawang merah. Photo : Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Petani mandiri di Blok Mundu, Dusun Giribangun, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, melakukan panen raya bawang merah sebanyak 2,5 ton.

Ari Ariyana (40), petani bawang merah, mengatakan, hasil panen sebanyak itu didapat dari lahan seluas 100 bata yang ditanam sekitar dua bulan lalu. Butuh waktu sekitar dua hari untuk menyelesaikan panen bawangnya itu.

“Kemarin hari pertama kita mulai panen, kemungkinan hari ini bisa selesai. Kalau ditotal semua ada sekitar dua setengah ton,” katanya, kepada HR Online, Kamis (19/09/2019).

Ari juga menyebutkan, hasil panen sebanyak 2,5 ton itu dihasilkan dari modal awal sebanyak dua kuintal bibit bawang merah yang dibelinya dari Brebes dengan harga Rp 30.000 per kilogram.

“Dulu bibitnya beli dari Brebes, dan alhamdullah sekarang sudah panen. Tetapi sekarang harga bawang merah lagi murah, cuma 12 sampai 15 ribu rupiah, biasanya harga di pasaran bisa sampai 25 ribu rupiah per kilogram,” tuturnya.

Menurut Ari, anjloknya harga bawang merah dikarenakan banyak petani di daerah lain yang sama-sama melakukan panen raya, sehingga stok bawang merah melimpah.

Dirinya berharap harga bawang merah di pasaran kembali stabil agar keuntungan dari hasil panennya bisa berlipat. (Muhlisin/R3/HR-Online)