Pola Makan Clean Eating untuk Kaum Milenials, Begini Cara Menerapkannya

Pola Makan Clean Eating
Ilustrasi pola makan clean eating. Foto: Istimewa

Pola makan clean eating merupakan tren gaya hidup sehat kaum milenial dan urban. Pola makan sehat ini dinilai mampu mengimbangi beragam hal tidak sehat yang ada saat ini, seperti beragam makanan instan, udara kotor, radikal bebas, stress, dan lain sebagainya.  Lalu, apa dan seperti apa clean eating itu? Berikut informasinya untuk Anda. 

Apa Itu Pola Makan Clean Eating? 

Jika Anda melihat teman atau saudara mulai mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, bisa jadi mereka sedang menerapkan gaya hidup dengan pola makan clean eating. Gaya hidup ini lebih menekankan pada makanan sehat yang alami. Secara perlahan Anda harus mengurangi makanan dengan bahan pengawet, pemanis buatan, atau yang diproses oleh pabrik. 

Sebaliknya, Anda harus mulai membiasakan diri memakan makanan yang masih segar, alami, dan meminimalisir proses. Tidak mengherankan jika mereka yang menerapkan gaya hidup sehat ini lebih banyak memakan makanan segar atau mentah. 

Tak Perlu Khawatir dengan Konsep Clean Eating

Mungkin, Anda mengira jika konsep dengan pola makan clean eating akan tampak membosankan dan hambar. Sebaliknya, konsep ini justru akan membuat tubuh Anda menjadi bugar dan sehat. Konsep makan sehat ini sangat baik untuk Anda yang ingin menjaga berat badan atau mendapatkan berat badan yang ideal. 

Rasa dari makanan sehat ini pun tidak kalah dengan makanan biasanya. Untuk memperkuat rasa, Anda bisa mengganti bahan pengawet atau penguat rasa buatan dengan bahan yang lebih alami seperti merica, bawang putih, garam Himalayan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, bahan yang segar justru menguatkan rasa alaminya. Usahakan untuk memilih bahan organik agar nutrisi dan segala zat yang bermanfaat bagi kesehatan dapat terserap tubuh secara maksimal. 

Pola Makan Clean Eating

Menerapkan pola makan clean eating bukan berarti Anda makan sangat sedikit. Justru, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, segar, dan alami 2 kali lebih banyak dari makanan biasa. Itu artinya, Anda disarankan makan 6 kali dalam sehari. 

Tidak ada efek samping berbahaya. Asalkan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan alami selama menjalani pola makan clean eating. Porsinya pun tidak harus besar. Intinya, Anda harus makan dengan porsi kecil namun sesering mungkin. 

Selain mengkonsumsi banyak buah dan sayuran segar, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya serta olahraga setidaknya 5 hingga 7 kali dalam satu minggu. Hindari bahan tidak sehat seperti gula, tepung terigu, minuman soda, alkohol, mentega, dan lain-lain.   

Cara Memulai Clean Eating

Rasanya cukup sulit jika langsung mengubah pola makan, bukan? Jangan khawatir sebagai pemula Anda bisa menerapkan metode 80/20 saat mulai menjalankan pola makan clean eating.

Dalam metode ini, Anda bisa mulai menyiapkan 80 persen bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan clean eating. Sedangkan 20 persennya adalah makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. 

Setelah mulai terbiasa, Anda bisa mulai menambah porsi bahan makanan dan mengurangi bahan makanan tidak sehat. Puncaknya, Anda bisa menjalani clean eating sebagai gaya hidup sehat yang baru. 

Tips Memulai Clean Eating dengan Cara yang Menyenangkan 

Jika Anda masih merasa kesulitan atau ragu untuk menerapkan pola makan ini, Anda perlu mencoba beberapa tips berikut ini. Pertama, mulai mencari tahu segala hal mengenai clean eating. Semakin Anda penasaran maka Anda akan semakin ingin memulainya. 

Kedua, bergabunglah dengan komunitas yang fokus menerapkan gaya hidup sehat. Dengan begitu, Anda akan semakin termotivasi untuk mengubah gaya hidup tidak sehat ke gaya hidup sehat. 

Ketiga, cari informasi mengenai cara mengkombinasikan bahan agar makanan lebih lezat dan menarik. Saat ini sudah banyak pegiat yang mengkampanyekan pola makan clean eating yang bersedia membagikan ilmu mereka melalui sosial media.

Mereka akan membagikan resep makanan sehat yang praktis, cepat, dan nikmat. Anda bisa mulai meniru resep tersebut dan mengembangkannya. 

Keempat, memilih dan memasak bahan tersebut sendiri. Membeli dan memasak sendiri memiliki sensasi yang berbeda walaupun sama-sama sehat. Jika ada waktu luang, cobalah untuk meracik makanan sehat Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan semangat untuk mengkonsumsinya karena makanan tersebut adalah hasil karya Anda. 

Nah, ternyata menerapkan pola makan clean eating tidak semengerikan yang Anda bayangkan bukan? Mungkin, Anda bisa mulai mencoba menerapkan gaya hidup sehat ini dengan cara membawa makanan sehat ke kantor ataupun saat berkumpul bersama teman dan keluarga. (R10/HR-Online)