Ratusan Warga Desa Dewasari Ciamis Ikuti Salat Istisqo

Desa Dewasari
Ratusan Warga Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, melaksanakan salat istiqo di Lapang Desa Dewasari, Sabtu (21/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Ratusan warga Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakannya salat istisqo di lapang sepakbola Dewasari, Sabtu (21/9/2019) pagi.

Warga Dusun Cijantung, RT 02 RW 07, Desa Dewasari, Lina Nurhidayati, mengatakan, sudah beberapa bulan ini tidak turun hujan di daerah Dewasari. Akibatnya, banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Mudah-mudahan dengan melaksanakan salat istisqo ini, segera turun hujan di Ciamis,” ucapnya.

Kata dia, bagi warga yang kekurangan air, biasanya ikut ke tetangga yang masih memiliki cadangan air bersih di sumur pribadinya.

“Kemarau ini baru beberapa bulan terjadi, tapi sumur galian sudah kering, sehingga warga kesulitan mendapat air bersih,” jelasnya.

Warga lainnya, Cicih berharap bisa segera turun hujan setelah dilaksanakan salat istisqo dan doa bersama ini.

Kata dia, kemarau yang terjadi di wilayah Dewasari sangat dirasakan masyarakat.

“Untuk memenuhi kebutuhan air, terpaksa saya harus pergi ke mesjid yang masih ada airnya,” ucapnya.

Sebelumnya, ribuan warga Ciamis mengikuti kegiatan salat istisqo atau minta turun hujan yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Ciamis, Rabu (18/9/2019) pagi.

Warga yang mengikuti salat istisqo terdiri dari para pelajar di sekitar Ciamis kota, para pejabat dan PNS lingkup Pemda Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra serta unsur Forkopimda Ciamis antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan beralaskan sajadah dan koran bekas, semua warga Ciamis melaksanakan salat minta hujan dan berdoa dengan khusyuk.

“Pelaksanaan salat istisqo ini, karena warga di Ciamis sudah kekurangan air bersih selama 5 bulan,” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Pada kesempatan itu juga, Herdiat mengimbau agar salat Istisqo dilaksanakan sampai ke tingkat Desa.

“Inti dari salat Istisqo ini, kita sebagai umat Islam meminta hujan yang barokah, hujan yang penuh rahmat. Karena di Ciamis ini sudah cukup lama, cukup panjang. Maka saat ini kita bersama ulama dan masyarakat memohon hujan kepada Alloh SWT,” ungkapnya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...