Realme XT Resmi Meluncur di India, Dibekali 4 Kamera di Belakang

Realme XT
Smartphone Realme XT. Foto : net/ist

Kehadiran Realme XT di India pada 13 September 2019, bisa menjadi populer setara dengan smartphone Realme 5. Dan seri terbaru ini bisa menjadi “pioner” serta sejarah, karena ponsel pintar ini mengemas kamera utama 64 MP.

Selain itu, yang menarik dari seri XT ini adalah mengusung layar AMOLED terbaik dengan desain atau berbahan kaca yang menarik. Tetapi, juga mewarisi pengaturan quad-camera dari smartphone seri 5 tersebut.

Mengutip dari GSM Arena, Realme XT merupakan penerus seri X, namun juga campuran dari Realme 5 Pro. Seri XT tetap mengemas layar Super AMOLED dan desain kaca yang keren, dengan lekukan titisan air mata untuk kamera selfie.

Kemudian, seri XT memiliki chip yang sama dengan Realme 5 Pro yakni Snapdragon 712. Sedangkan pengaturan empat kamera yang sangat mirip, lensa primer beresolusi tinggi, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan potret 2MP. 

Layar Realme XT

Bagian layar smartphone Realme XT. Foto : GSM Arena

Seri XT ini memiliki layar 6,4 inci Super AMOLED dengan bezel yang cukup tipis. Ini adalah penigkatan dari seri X, yang menggunakan panel AMOLED 6,53 inci.

Namun XT ini lebih mengandalkan notch untuk mentimpan kamera depan, ketimbang modul pop-up yang sekarang ini sedang digemari dan tranding.

Layar AMOLED terlihat cerah dan punchy, dan meskipun kerataannya mungkin membutuhkan beberapa tampilan premium dibandingkan dengan smartphone flagships lainnya.

Untuk resolusi layarnya menawarkan 2340 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. Selain itu Realme XT memiliki panel kaca melengkung 3D dengan efek ‘Hyperbola Light Streak’. Pelindung dari kaca ini adalah Gorilla Glass 5.

Tetapi, Realme juga menempatkan pelindung layar selama pembuatan, sehingga seri XT ini memiliki pelindung ganda.

Untuk desainnya, seri ini bisa dibilang adalah smartphone dengan tampilan terbaik yang pernah dibuat. XT memiliki desain yang ramping tanpa komplikasi, bentuk yang kokoh, dan highlight kecil di mana paling penting.

Mungkin satu-satunya titik kelemahan adalah pada bingkai atau frame yang terbuat dari plastik. Realme membuat sisi-sisinya terlihat seperti logam, dengan warna abu-abu seperti aluminium dan menambahkan lapisan buram, tetapi masih terbuat dari plastik.

Sementara untuk ukuran dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm, hanya 1 mm lebih tinggi dari Realme 5 Pro, tetapi 2 mm lebih pendek dari seri X. Ponsel ini memiliki berat 183g, hampir sama dengan 5 Pro dan 8 gram lebih ringan dari model X.

Spek Kamera

Tampak bagian kamera belakang Realme XT yang memiliki konfigurasi 4 kamera. Foto : GSM Arena.

Realme XT memiliki susunan kamera belakang yang sama dengan seri 5 Pro dan 5 (reguler). Dari atas ke bawah menggunakan snapper ultrawide, lalu yang utama, dan yang terakhir adalah macro shooter.

Kamera utama menggunakan sensor 64 MP ISOCELL Bright GW1 dari Samsung. Kamera kedua 8 MP dengan aperture f / 2.2 (ultrawide), dan mampu mencapai sudut 119 derajat.

Kemudian lensa 2 MP sebagai “Kamera Potret”, bukan hanya sensor kedalaman. Ini tentu membantu dengan rendering bokeh, dan juga digunakan untuk meningkatkan kontras foto akhir.

Lalu lensa keempat ada kamera makro dengan resolusi 2 MP (piksel pada sensor cukup besar, 1,75μm). 

Sementara di bagian depan Realme XT memiliki kamera selfie 16MP f / 2.0 yang sama dengan OnePlus 7 dan fokusnya tetap. Di sisi perangkat lunak, ada semua area opsi perangkat tambahan, seperti perataan kulit dan pembesaran mata dan penipisan wajah, dan yang lainnya.

Performa

Otak dari Realme XT menggunakan chipset Snapdragon 712, dengan CPU octa core Cryo 360 berbasis Cortex-A75 berkecepatan 2.3GHz. Enam core lainnya adalah turunan Cortex-A55, clock 1.7GHz. Tidak ada upgrade ke GPU untuk transisi chip 710 ke 712, dan itu masih Adreno 616.

Namun, vendor smartphone dari China ini menjanjikan peningkatan chipset Snapdragon 712 sebesar 10%, dibandingkan Realme 3 Pro dan X yang didukung S710.

Sementara di bagian RAM menwarkan tiga konfigurasi memori, antara lain 4 GB/ 64 GB, 6 GB/ 64 GB dan 8 GB / 128 GB. 

Jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan, slot microSD khusus dapat menambahkan hingga 256 GB lebih.

Ini adalah ponsel ketiga yang menggunakan penyimpanan UFS 2.1. Itu jauh lebih cepat daripada eMMC dan mempercepat waktu muat untuk aplikasi dan game, plus itu membantu jika ingin memindahkan file besar. 

Sedangkan untuk sistem operasi, smartphone Realme XT menjalankan OS Color 6 terbaru dan Android 9.0 (Pie). Tidak lupa dilengkapi dengan HyperBoost 2.0 dengan frame rate yang lebih cepat selama bermain game. 

Spesifikasi Lain dan Harga

Realme XT memasang daya baterai sebesar 4000 mAh dan dibekali Fast battery charging atau pengisian super cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0). Selain itu, dibekali juga fitur USB OTG via port USB Type-C.

Untuk keamanan, smartphone ini menggunakan sistem face unlock dengan menggunakan kamera depan, dan sensor fingerprint (sidik jari) yang posisinya berada di bawah layar.

Sementara untuk harga smartphone XT di India yang perdana dipasarkan 16 Septermer 2019, dibanderol mulai dari INR 15.999 (rupee) atau € 200 (versi terendah 4GB/64GB), jika dirupiahkan sekitar kurang lebih Rp 3,1 jutaan.

Sedangkan smartphone Realme XT versi RAM 6 GB/64 GB dijual dengan harga kisaran Rp 3,4 jutaan, dan 8 GB / 128 GB dipatok Rp 3,7 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...