Rekomendasi Tempat Wisata di Solo Ini Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Rekomendasi Tempat Wisata di Solo Ini Cocok untuk Liburan Akhir Pekan
Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib masuk daftar kunjunganmu saat berlibur di sana. Photo : Net/Ist.

Rekomendasi tempat wisata di Solo yang wajib masuk daftar kunjunganmu saat berlibur di sana. Kota di Jawa Tengah ini bernama resmi Surakarta yang terkenal di kalangan wisatawan.

Tak hanya punya latar sejarah yang kental, Solo juga mempunyai bentang alam yang cantik. Maka tak heran banyak terdapat tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata budaya, sejarah, religi, wisata alam, sampai modern.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (07/09/2019), berikut ini rekomendasi tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi ketika kamu berlibur ke sana.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu, Solo, Jawa Tengah. Photo : Net/Ist.

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang paling terkenal dan banyak dibicarakan wisatawan. Destinasi wisata berupa air terjun setinggi 80 meter ini berada di sisi Barat Gunung Lawu, sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo.

Destinasi wisata air terjun ini merupakan tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke lokasi tersebut, wisatawan harus mendaki 1.000 anak tangga. Pemandangan kanan-kiri yang indah membuat perjalanan akan terasa lebih menyenangkan.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk kurang lebih Rp 20.000 per orang. Namun mitosnya, kamu tidak boleh datang ke tempat ini dengan pasangan jika tidak ingin jalinan asmara dengan pasanganmu bubar di tengah jalan.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta, Solo. Photo : Net/Ist.

Kalau ingin belajar mengenai sejarah Kota Solo lebih detail, kamu bisa berkunjung ke Keraton Surakarta. Bangunan tersebut didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II tahun 1744, menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Hingga sekarang, bangunan Keraton Surakarta masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan, sekaligus tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo.

Kompleks di Keraton Surakarta meliputi Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Sasana Sumewa, Kemandungan Lor dan Kidul, Kedaton, Kamagangan, Sri Manganti Lor dan Kidul.

Masing-masing mempunyai fungsi berbeda, salah satunya digunakan sebagai museum. Selain itu, di tempat wisata ini tersimpan berbagai koleksi peninggalan kasunanan, seperti replika pusaka keraton, gamelan, serta benda lainnya yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran, Solo. Photo : Net/Ist.

Rekomendasi tempat wisata di Solo berikutnya adalah Pura Mangkunegaran. Istana yang dibangun dengan sangat indah dan megah ini adalah tempat kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Bangunan ini berada di Jalan Ronngowarsito dan telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo. Berbagai koleksi di dalam istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram serta Kerajaan Majapahit.

Ketika memasuki area pura/puro, kamu akan melihat halaman yang luas dan bangunan dengan arsitektur khas Eropa yang bertuliskan Kavalerie-Artillerie.

Begitu masuk ke bagian dalam pura, kamu bakal disambut oleh pendopo bergaya Eropa-Jawa, lengkap dengan seperangkat gamelan Kyai Kanyut Mesem.

Tiket masuknya sekitar Rp10.000 saja, untuk kamu yang berminat menjajal sensasi makan malam dengan menu dan suasana kejawen khas kejawen.

Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru. Photo : Net/Ist.

Pandawa Water World Solo Baru terbilang destinasi wisata modern yang lokasinya berada di tengah Kota Solo. Tempat wisata ini menawarkan sensasi wisata seru berupa wahana air yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak.

Selain kolam renang yang luas, seluncuran, ombak buatan, serta aneka permainan anak, objek wisata ini juga unik sehingga sangat disukai wisatawan, yakni tema dan konsep epos Mahabarata yang dipakainya.

Di tempat wisata ini juga terdapat sejumlah patung besar Pandawa lima. Harga tiket masuk ke wisata air ini adalah Rp 80.000 pada hari biasa, dan Rp 100.000 per orang saat akhir pekan.

Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market, Solo. Photo : Net/Ist.

Solo memang menawarkan sensasi wisata yang tak ada habisnya. Saat ini ada Ngarsopuro Night Market.

Sesuai namanya, tempat wisata di Solo ini merupakan obyek wisata belanja murah yang berlokasi di Jalan Diponegoro, tepatnya di wilayah Selatan Pura Mangkunegaran.

Pasar malam yang buka setiap hari Sabtu dan Minggu ini bisa memuaskan hasrat belanja maupun kuliner para pengunjung, mulai dari baju, aksesori, dan barang-barang kerajinan.

Selain itu, di tempat wisata ini kamu juga bisa menemukan aneka makanan lezat dengan harga murah, dari mulai makanan tradisional hingga makanan modern.

Galabo Solo

Galabo Solo, Jawa Tengah. Photo : Net/Ist.

Kota Solo juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal kelezatan dan keberagaman kulinernya. Di kota ini wisatawan tidak akan sulit menemukan aneka makanan sedap yang dijajakan dari pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Solo adalah Galabo Solo. Lokasinya di Jalan Mayor Sunaryo, tepatnya di depan Pusat Grosir Solo.

Di sini banyak menyediakan aneka kuliner khas Solo yang nikmat dengan harga murah meriah, seperti nasi liwet, gudeg ceker, sate kere, tengkleng, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, tahu kupat, serta nasi tumpang.

Selain murah, makanan yang dijual di sini juga lezat, sehingga tak heran kalau Galabo selalu ramai pengunjung dari berbagai kalangan, terutama mahasiswa.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman, Solo. Photo : Net/Ist.

Tak lengkap jika berkunjung ke Solo tidak membeli batik khasnya. Kalau kamu ingin melihat proses pembatikan kain secara langsung, dating saja ke Kampung Batik Kauman, Solo.

Di tempat wisata belanja yang letaknya tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta ini, kamu bisa mendapat aneka batik dengan beragam motif dan corak.

Pada umumnya batik yang diproduksi pengrajin di tempat ini berupa batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi bermotif modern dengan warna gelap. Kualitas produk batiknya sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Mengenai harga juga bervariasi, mulai dari yang harganya murah hanya dalam kisaran ratusan ribu sampai yang mahal hingga kisaran jutaan rupiah.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari, Solo. Photo : Net/Ist.

Taman Sriwedari merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang patut dikunjungi ketika kamu berada di kota tersebut. Objek wisata sejarah ini merupakan kompleks pertamanan yang berlokasi di daerah Laweyan, Solo.

Taman Sriwedari sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Selain dipakai lokasi digelarnya hiburan rutin Malam Selikuran, taman ini juga pernah dipakai sebagai lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948.

Di area tersebut terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari sebagai tempat pertunjukan wayang orang. Di bagian dinding atas kiri dan kanan bangunan ada lukisan besar yang menceritakan epos Mahabharata bertajuk ‘Kresno Duto’.

Taman Sriwedari sudah menjadi pusat hiburan, budaya dan seni masyarakat Solo dan sekitarnya.

Tempat hiburan ini buka mulai pukul 10.00 pagi sampai 22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni hanya Rp 3.000 saja per orang.

Pasar Klewer

Pasar Klewer, Solo. Photo : Net/Ist.

Untuk wisata belanja, di Kota Solo terdapat salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang senang membeli kain atau batik, yakni Pasar Klewer yang merupakan pasar tekstil terbesar di Solo.

Pasar tersebut menjual berbagai jenis kain batik, baik buatan pengrajin lokal maupun mancanegara. Ternyata orang luar negeri juga bisa membatik ya. (Eva/R3/HR-Online)