Rekruitmen PNS Dinilai Tidak Adil, 12 Honorer Dinkes Ciamis Berangkat ke Jakarta

Honorer Dinkes Ciamis
12 orang tenaga honorer Dinas Kesehatan Ciamis saat akan berangkat ke Jakarta mengikuti Rakornas, Rabu (5/9/2019) malam. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 12 orang tenaga honorer Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Rapat Koordinasi Nasional, Rabu (4/9/2019) malam.

Asep Wardiawan, Koordinator Daerah Kabupaten Ciamis, mengatakan, tujuan mengikuti Rakornas salah satunya untuk menyikapi kebijakan Pemerintah dalam rekruitmen Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Meski, sampai saat ini belum ada payung hukum untuk mengangkat honorer menjadi PNS, namun Pemerintah harusnya melihat masa pengabdian honorer,” katanya.

Lanjut Asep, pihaknya mengikuti Rakornas dalam rangka berjuang untuk menuntut hak sebagai tenaga honorer yang sudah mengabdi lama.

“Mengapa kami yang nyata-nyata sudah mengabdi tidak diberikan kebijakan khusus, inilah yang membuat kami harus berjuang untuk menuntut hak kami. Sebab kami ingin diakui sudah lama mengabdi. Namun, nasib kami tidak diperhatikan,” tegasnya.

Asep, menyebutkan 12 orang tenaga honorer Kesehatan Kabupaten Ciamis yang akan berangkat mengikuti Rakornas, menuntut agar Pemerintah segera mengangkat para honorer menjadi PNS.

“Pada Rakornas nanti di Jakarta, kami akan sampaikan agar para honorer Dinas Kesehatan segera diangkat menjadi PNS tanpa harus seleksi ala Kemenkes yang menerapkan batasan usia,” katanya.

Menurutnya, penerapan batas usia dalam perekrutan PNS oleh Kemenkes membuat pengabdian para pegawai honorer tidak berarti di hadapan Pemerintah.

“Kami ingin diakui, karena diantara kami ada yang sudah mengabdi cukup lama, namun, seolah-olah Pemerintah menutup mata dan nasib kami tidak diperhatikan,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)