Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisResmikan Masjid 1,8 M di Rancah, Bupati Ciamis Lantunkan Nadoman

Resmikan Masjid 1,8 M di Rancah, Bupati Ciamis Lantunkan Nadoman

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menarik perhatian warga saat membacakan nadoman pada peresmian Masjid Al Falah Cisema, Desa/Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Senin (23/9/2019).

Nadoman merupakan bacaan yang biasa dilantunkan di Masjid berisi pujian sekaligus sejarah Nabi Muhammad SAW. Lewat Nadoman, sejarah Nabi Muhammad SAW lebih mudah dihapal oleh anak-anak.

Herdiat mengatakan, Masjid Al Falah Cisema harus dijadikan pusat kegiatan pendidikan rohani dan keagamaan lainnya. “Terutama pendidikan agama untuk anak-anak harus dimulai sejak dini, karena anak-anak akan selalu ingat hal positif apabila diajarkan sejak dini,” katanya.

Salah satu hal positif tersebut, lanjut Herdiat, adalah nadoman sejarah Nabi Mumammad SAW yang akan mudah diingat anak-anak.

“Bangunan masjid sangat megah, karena itu warga di sini harus bisa memakmurkan masjid Al Falah,” lanjutnya.

Herdiat juga mengaku bangga dengan swadaya masyarakat sehingga mampu mengumpulkan dana sebesar 1,8 Miliar untuk pembangunan masjid Al Falah.

“Pembangunan Masjid Al Falah ini murni swadaya masyarakat, hal ini membuktikan adanya kebersamaan masyarakat, mudah-mudahan jadi amal untuk semuanya,” kata Herdiat.

Pada kesempatan itu, Herdiat juga memaparkan program Magrib Mengaji di Ciamis dalam rangka memakmurkan masjid.

“Program ini mudah-mudahan bisa dilaksanakan di setiap masjid di Ciamis, yang utama budaya kita dulu, mulai mengaji, mari kita galakkan, dulu kalau di mesjid belajar nadoman, tapi sekarang sudah langka,” kata Herdiat seraya melantunkan nadoman yang diikuti antusias oleh warga.

Program Magrib Mengaji ini merupakan imbauan Bupati Ciamis untuk melaksanakan salat berjamaah dan mengaji. “Matikan HP, TV dan stop bermain saat sudah Magrib,” tegasnya.

Masjid Al Falah Cisema Rancah Hasil Swadaya Masyarakat

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al Falah, Toto Suryanto, mengatakan pembangunan masjid Al Falah menghabiskan dana 1,8 Miliar yang didapat dari hasil swadaya masyarakat.

“Masyarakat Dusun Cisema bergotong royong membangun Masjid Al Falah dengan dana yang didapat dari dana masyarakat sebesar 1,8 Miliar dan dikerjakan selama 5 tahun,” kata Toto yang juga menjabat Sekdes Desa Rancah.

Toto mengaku sengaja mengundang Bupati Ciamis untuk menandatangani prasasti peresmian Masjid Al Falah. “Ini merupakan kebanggaan bagi warga Dusun Cisema yang memang menginginkan prasasti ditandangani langsung oleh Bupati Ciamis,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -