Review HP Vivo Y91, Smartphone Murah Harga Rp 1 Jutaan

Review HP Vivo Y91, Smartphone Murah Harga Rp 1 Jutaan
Review spesifikasi dan harga terbaru HP Vivo Y91. Photo : Net/Ist.

Review HP Vivo Y91, smartphone berkapasitas 4030mAh dan layar 6.2″, dilengkapi kamera belakang 13MP dengan tingkat densitas piksel sebesar 270ppi serta tampilan resolusi sebesar 720 x 1520pixels. Beratnya 163gram, memiliki prosesor Octa Core, dan tanggal rilisnya Desember 2018.

Seperti diketahui bahwa HP Vivo seri Y dikenal punya harga yang cukup terjangkau, tetapi kaya akan fitur. Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/09/2019), berikut ini review HP Vivo Y91 untuk spesifikasi dan harga terbaru 2019.

Review Spesifikasi dan Harga Terbaru

Spesifikasi Utama

Sistem operasi; Funtouch OS 4.5 (Android 8.1), prosesor; Qualcomm Snapdragon 439, CPU; Octa Core Cortex A53 (8 x 2.0GHz), GPU; Qualcomm Adreno 505, RAM; 2GB, ROM; 16GB, memori eksternal; micro SD up to 265GB, dan baterai; 4030 mAh.

Untuk kameranya meliputi kamera depan; 8MP, F2.0, kamera belakang; 13MP F2.2 + 2MP F2.4, fitur kamera; profesional, face beauty, time lapse, palm capture, voice control, dan format video; 1080p 30fps.

Kemudian, untuk desain body meliputi, dimensi; 155.11 x 75.09 x 8.28 mm, berat; 163.5 g, dengan dua pilihan warna, yakni Red dan Black Blue.

Untuk konektivitas, SIM; dual SIM, jaringan; GSM/WCDMA/LTE, wireless LAN; WLAN 802.11a/b/g/n 2.4 GHz, NFC; tidak ada, GPS; GPS, BeiDou, GLONASS, audio jack; tersedia, 3.5mm Audio Jack Standard, serta USB; Micro USB 2.0.

Desain dan Layar

Desain layar HP Vivo Y91. Photo : Net/Ist.

Jika dilihat dari depan, tampilan Vivo Y91 sangat mirip dengan HP Oppo F9, karena memiliki desain poni layar unik yang cuma menyisakan sedikit bagian untuk menyimpan kamera depan. Poninya berukuran jauh lebih kecil dari HP poni kebanyakan, sehingga menghasilkan dimensi layar lebih luas.

Selanjutnya di sektor layarnya, HP Vivo Y91 memiliki type layar full incell dengan luas 6.22 inci, resolusi layar HD+1520 x 720 piksel, dan fitur layarnya multitouch dengan aspek rasio 19:9 yang membuat ponsel pintar ini memiliki bentang layar yang luas, tapi tetap nyaman dioperasikan.

HP Vivo seri Y91 ini dijuluki layar Ultra All Screen karena memiliki luas bentang 6.22 inci dan rasio layar ke bodi 88.6 persen. Ukuran bodi ponsel juga lebih ramah di kantong dan digenggam. Namun sayang, meski layarnya luas tapi resolusinya masih tergolong rendah, yakni HD+, jadi terasa kurang optimal buat layar berukuran besar.

Di bagian belakangnya, Vivo Y91 hadir dalam 2 pilihan warna, yakni merah dan gradasi hitam biru. Dengam opsi warna gradasi membuat tampilan smartphone ini tampak cukup elegan.

Jadi, kalau kamu ingin tampil sedikit berbeda, maka opsi warna gradasi cocok menjadi pilihan utama. Selain itu, di bagian belakang juga terdapat 2 kamera serta sensor sidik jari untuk membuka kunci layar secara instan.

Kamera

Kamera HP Vivo Y91. Photo : Net/Ist.

Kamera depan beresolusi 8MP disematkan pada HP Vivo Y91 dan sudah dilengkapi dukungan AI Face Beauty yang terintegrasi mampu mendeteksi usia, jenis kelamin, warna, serta tekstur kulit, lalu mengaplikasikan efek beautify paling sesuai.

Sehingga, hasil foto selfie tak hanya cantik tapi juga natural. Untuk mendapatkan efek beautify maksimal, gunakan mode Face Beauty ketika kamu berfoto selfie.

Di bagian belakang, Vivo Y91 juga memiliki 2 kamera beresolusi 13MP dan 2MP. Kamera kedua yang memiliki resolusi lebih kecil itu berfungsi untuk menangkap informasi kedalaman ruang guna memisahkan objek serta latar belakangnya.

Kemudian, ditambah pula dengan algoritma AI (kecerdasan buatan) yang canggih, sehingga memungkinkan kamu memotret dengan efek bokeh seperti halnya kamera profesional.

Sektor Lainnya

Baterai jumbo HP Vivo Y91. Photo : Net/Ist.

HP Vivo Y91 memiliki baterai yang super jumbo dan performa OK. Salah satu kelebihan pada perangkat ini adalah kapasitas baterainya yang bisa dikatakan jumbo yakni 4030 mAh jenis Li Po. Daya baterai yang besar dapat diandalkan untuk digunakan bermain seharian.

Selain itu, kapasitas baterai yang besar ini juga sudah dilengkapi sistem manajemen daya yang cukup cerdas, sehingga Vivo Y91 ini mampu bertahan lebih lama pada saat kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Menurut salah satu channel Youtube yang mereview Vivo Y91 menyebutkan bahwa perangkat ini mampu bertahan seharian atau bahkan lebih dari sehari. Bahkan, nilai benchmark PC World baterai ini mencapai 15 jam lebih.

Kemudian, di sektor jeroan, ponsel pintar ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan proses manufaktur 12 nanometer dan CPU yang terdiri dari delapan inti. Untuk memorinya dilengkapi RAM 2GB dan ROM 16GB dengan slot tambahan untuk Micro SD mencapai 256GB.

Selain itu, smartphone ini juga mampu menghasilkan skor AnTuTu hingga mencapai 79.212, tentunya ini tergolong bagus buat ponsel semurah Vivo Y91. Untuk performa yang dihasilkan pun bisa dibilang memuaskan dan hemat energi.

Dengan mengunakan smartphone Vivo Y91, kamu bisa membuka sebuah aplikasi secara cepat dan berpindah ke aplikasi lain pun lancar. Untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini bisa kamu andalkan.

Terlebih disupport dengan daya yang besar, membuat penggunaannya bisa lebih lama saat bermultimedia. Meski digunakan bermain game berat dengan grafis rendah, smartphone ini bisa dibilang cukup menyenangkan.

Harga Terbaru

Harga terbaru untuk smartphone murah Vivo Y91 saat ini dijual sebesar Rp 1,8 jutaan, sedangkan untuk harga bekasnya Rp 1,5 jutaan. Harga sebesar itu untuk varian RAM 2GB dan ROM 16GB.

Berdasarkan review HP Vivo Y91 ini, dengan harga yang sama perangkat tersebut memiliki pesaing ketat, yakni Redmi S2 dan Realme 2. Untuk Redmi S2 memiliki spesifikasi lebih tinggi dari HP Vivo Y91, seperti processor Snapdragon sudah pakai seri 600, RAM 3GB/ROM 32GB, serta resolusi kameranya juga lebih tinggi. (Eva/R3/HR-Online)