Ribuan Mahasiswa Baru Unigal Ikuti BAMBA

Bamba Unigal 2019
Kegiatan Bamba Unigal 2019 diikuti ribuan mahasiswa baru, dibuka mulai Kamis (5/9/2019). Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 2.430 mahasiswa baru Universitas Galuh Ciamis mengikuti kegiatan Bimbingan Akademik Mahasiswa Baru (BAMBA) tahun akademik 2019-2020. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 5, 6 dan 7 September 2019.

Kegiatan Bamba Unigal 2019 secara langsung dibuka oleh Rektor Universitas Galuh Ciamis DR. H. Yat Rospia Brata, M.Si., Kamis (5/9/2019).

Ketua Panitia Kegiatan BAMBA Unigal 2019, Danil, ketika ditemui HR Online, menuturkan, BAMBA merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru.

“Kegiatan BAMBA diisi dengan berbagai macam acara yang intinya memperkenalkan kampus Universitas Galuh, mulai dari pengelola, sistem dan penerapan kurikulum, fasilitas serta program yang akan didapatkan mahasiswa baru,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Galuh Ciamis, DR. H. Yat Rospia Brata, M.Si, berpesan agar seluruh mahasiswa baru mengikuti pembelajaran yang benar dan penuh semangat.

“Tujuan mahasiswa baru datang ke Unigal ini, logikanya untuk belajar yang benar. Jangan main-main, agar bisa mencapai apa yang diharapkan,” ujar DR Yat.

Menurutnya, sesuai dengan amanat Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, penyelenggaraan Bamba ini berfokus pada upaya pendewasaan dan pembelajaran mahasiswa melalui penyelenggaraan yang tertib dan menghindari kekerasan baik verbal, fisik maupun mental.

“Insya Allah di Unigal dari dulu tidak ada perpeloncoan, itu ditekankan tidak boleh ada kekerasan dan perpeloncoan,” ucapnya.

Lanjut Yat, tahun akademik 2019-2020 ini, Universitas Galuh Ciamis menerima pendaftaran mahasiswa baru mencapai 2.877 orang. Namun, kampus Unigal hanya menerima kuota 2.430 orang.

“Kebanyakan yang masuk itu ke fakultas ekonomi prodi manajemen, ada sekitar 500-an mahasiswa baru,” jelasnya.

Dikatakan, mahasiswa Unigal tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja, namun dari Sumatera dan NTT banyak yang berminat masuk ke Unigal.

“Ini sebuah bentuk kepercayaan, alhamdulillah Unigal semakin maju dan dipercaya sebagai perguruan tinggi yang mampu meluluskan lulusan yang berkualitas,” ungkapnya. (Jujang/R7/HR-Online)