Rute Penerbangan Nusawiru-Husen Bakal Dibuka, Pangandaran-Bandung Cuma 30 Menit

Rute Penerbangan Bandun Pangandaran
Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Dok HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menjajaki kemungkinan membuka rute penerbangan Bandung-Pangandaran.

Nantinya, dari Bandara Husen Sastranegara Bandung sampai Bandara Nusawiru Pangandaran bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai bertemu dengan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jum’at (7/9/2019) kemarin.

“Kita sedang melakukan penjajakan dibukanya penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Nusawiru Pangandaran,” kata Emil seperti dari Antara, Sabtu (7/9/2019).

Emil juga sudah memperkirakan harga tiket penerbangan Bandung-Pangandaran, yakni sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu.

“Tiket dari Jakarta ke Bandung yang ditempuh selama dua puluh menit sekitar Rp 400 ribu, sedangkan dari Bandung ke Pangandaran menghabiskan waktu 25 menit sampai 30 menit, jadi kemungkinan lebih mahal sedikit,” terangnya.

Terkait maskapai rute penerbangan Bandung-Pangandaran, Emil menyebut akan menggunakan maskapai Trans Nusa yang memiliki kapasitas 70 kursi.

“Kalau semisal reaksi masyarakat positif, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa kita mulai,” katanya.

Sementara itu, Pangandaran juga sedang dikaji terkait progres Kawasan Ekonomi (KEK). Emil menyebut status KEK untuk Kabupaten Pangandaran masih dalam proses, lantaran masih ada beberapa hal yang kurang.

Baca Juga: Rencana Pangandaran Jadi KEK, Runaway Bandara Nusawiru Akan Diperpanjang

“KEK itu kan tidak bisa hanya untuk target pasar dalam negeri, makanya kita masih memperbaiki perhitungannya,” kata Emil.

Namun, Emil mengaku optimis, Pangandaran di era kepemimpinananya dan Jeje Wiradinata sebagai Bupati Pangandaran akan lebih maju.

“Saya cukup optimis, Pangandaran di era saya ini bersama Pak Bupati akan melesat, karena pada tahap berikutnya nanti akan ada juga penataan di Batu Karas, Batu Hidu, Karapyak,” terangnya.

Emil juga menyebut sudah banyak investor yang mengantri dan siap menanamkan modalnya di Pangandaran.

“Tidak hanya di Pantai Barat dan Pantai Selatan, terminalnya pun akan kita perbaiki, sudah banyak investor baru yang ngantri ingin masuk ke Pangandaran,” pungkasnya. (Ndu/R7/HR-Online)